LogoDIGINATION LOGO

Organic Channel, Bikin Penjualan Kamu Makin Maksimal Meski Low Budget

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 23 Februari 2023 | 17:04 WIB
Share
Share

 

Saat ini banyak brand berinvestasi ke dalam online marketing dibandingkan ke dalam offline marketing, bukan hanya karena semakin banyak orang yang menggunakan internet, tetapi karena online marketing memungkinkan brand-brand tersebut untuk menjangkau lebih banyak target audience.

Disisi lain Digital marketing memiliki sifat highly measureable. Hal tersebut memungkinkan kamu seorang digital marketer mengetahui dengan baik bagaimana performa dari setiap online marketing channel dan apa Return on Investment (ROI) dari setiap rupiah yang dipakai untuk online marketing.

Nah untuk mendapat digital marketing yang tepat tanpa cost yang banyak, kamu harus pandai memetakan strategi marketing. Perlu diketahui, agar digital marketing semakin works, kamu perlu tahu dulu jika ada beberapa organic channel untuk penyebarannya.

Baca juga : 8 Tren dan Rekomendasi Marketing Channel 2023

Ada 3 organic channel yang sering digunakan para marketing saat ini yaitu organic search, social media organic dan email marketing. Apa aja sih kegunaannya dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ragam organic channel dan tolak ukur masing-masing channel :

Organic Search 

Organic search merupakan sebutan ketika seorang pengguna mencari informasi atau konten tertentu dengan mengetikkan keyword atau kata kunci di mesin pencari seperti Google dan Bing.

SEO atau singkatan dari “Search Engine Optimization”, adalah salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas sebuah website dalam hasil pencarian organik (gratis) sebuah mesin pencari.

Proses SEO sangat berguna untuk memaksimalkan informasi produk atau brand. Sehingga marketer bisa mengenalnya lebih jauh dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan Paid Result. Dalam menjalankan SEO target kamu adalah untuk mencapai peringkat tertinggi dalam organic results, dan bukan dalam paid results. 

Biasanya proses ini dilakukan dengan memasukan banyak kata/ keyword yang sesuai dengan produk dan sesuai dengan bahasa sehari-hari agar lebih optimal dalam bentuk artikel atau caption. 

Berikut tolak ukur dari organic search :

Skalabilitas : Tinggi

Target : Behavioral

Biaya/ CAC : Tinggi untuk jangka pendek dan rendah untuk jangka panjang

Social Media Organic 

Baca juga : Centang Biru Instagram dan Facebook Bakal Berbayar

Saat kamu melihat sebuah brand memposting di halaman Facebook, Instagram atau media sosial lainnya berarti kamu sedang melihat social media marketing mereka. Karena setiap konten yang dipublikasikan di media sosial dianggap sebagai bagian dari social media marketing suatu brand.

Laporan We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada Januari 2023. Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri. Oleh sebab itu social media organic sangat berpengaruh pada proses pemasaran saat ini.

Banyak konten yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan social media organic, seperti dalam bentuk single image, carousel, video, atau motion sekaligus.

Berikut tolak ukur dari social media organic:

Skalabilitas : Tinggi

Target : Demografik

Biaya/CAC : Rendah

Email Marketing 

Baca juga : 9 Tren Teknologi Pemasaran Tahun 2023

Email marketing adalah marketing channel yang biasanya merupakan bagian dari CRM (Customer Relationship Management) yang lebih luas dalam suatu brand. Seperti namanya, email marketing menggunakan email sebagai channel untuk berinteraksi dengan calon pelanggan dan juga dengan pelanggan saat ini.

Sampai saat ini, email marketing masih merupakan salah satu channel yang paling efektif meskipun sudah cukup tua. 

Kelebihan utama email marketing adalah untuk retention strategies, yaitu strategi untuk membuat seorang pelanggan tetap tertarik dan terikat dengan suatu produk atau layanan. Pada dasarnya, terdapat dua jenis email marketing yang sering digunakan yaitu Email Newsletter dan Email Drip Campaigns. 

Berikut tolak ukur dari email marketing :

Skalabilitas : Menengah 

Penargetan : Behavioral dan demografik

Biaya/CAC : Rendah

Nah itu dia ragam organic channel dan tolak ukur proses kerjanya, jadi makin mudah bikin brandmu semakin dikenal orang banyak bukan?

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB