LogoDIGINATION LOGO

Machine Learning: Solusi Strategis Tingkatkan Bisnis di Era Digital

author Oleh DQLab Selasa, 2 November 2021 | 07:23 WIB
Share
Share

 

Memasuki era digital, adanya peningkatan minat untuk mempelajari Data Science sehingga sudah banyak pebisnis atau perusahaan sepenuhnya hampir memanfaatkan data dalam kegiatan bisnis mereka. Salah satu penawaran yang berpotensi membantu bisnis yaitu adalah penerapan Machine Learning. Machine Learning menjadi buzzword di dunia industri berkat keuntungannya yang bisa membantu inovasi dan siap berkompetisi di era digital.

Pada artikel DQLab kali ini, akan membantu kamu mengenal lebih lanjut Machine Learning dan mengapa kini perusahaan atau pebisnis menerapkan Machine Learning serta membuka perspektif baru untuk bisa membantu meningkatkan bisnis kamu sekalipun. Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

  1. Apa itu Machine Learning?

Machine Learning merupakan teknik analisis data berdasarkan kemampuan komputer untuk belajar, mengidentifikasi pola, dan membantu membuat keputusan secara mandiri.

Machine Learning sendiri berasal dari sub bidang Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI dengan premis dapat meminimalkan intervensi manusia dan mengotomatiskan tugas yang dilakukan.

Sederhananya Machine Learning digunakan untuk menganalisis secara otomatis berdasarkan komputer dan tidak ada campur tangan (pengawasan) manusia dalam proses pengerjaannya, sehingga hasil informasi yang didapatkan menjadi lebih baik.

Hampir banyak perusahaan baik UMKM hingga besar sekalipun telah mengaplikasikan Machine Learning dalam bisnisnya, karena keunggulan lainnya adalah adanya peningkatakn kinerja secara internal dalam perusahaan dan dapat memberikan pengalaman pengguna yang terbaik sebagai customer.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Machine Learning Diperlukan dalam Bisnis?

Setelah kamu mengetahui Machine Learning secara singkat dan sederhana, adapun yang perlu kamu ketahui mengapa Machine Learning dibutuhkan dalam bisnis.

Machine Learning benar-benar dapat meningkatkan daya saing, dibutuhkannya akses dan alat canggih, infrastruktur yang memadai, bahkan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Dengan demikian perlunya mempertimbangkan harga dan waktu yang dibutuhkan. Selain itu, sumber daya seperti membutuhkan seorang praktisi data seperti Data Scientist yang ahli dan terampil untuk mengembangkan model Machine Learning ini. 

  1. Real Case yang Diatasi oleh Machine Learning

Penerapan Machine Learning untuk bisnis dapat melakukan identifikasi masalah bisnis yang perlu dipecahkan, sehingga nantinya bisnis dapat melakukan evaluasi. Machine Learning akan membantu mengekstrak data mentah dari sekumpulan data besar agar dapat digunakan dan berfungsi sebagai solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Adapun beberapa real case dalam industri yang diatasi oleh Machine Learning.

  • Memprediksi Nilai ‘Lifetime’ Pelanggan, perusahaan akan mengakses data yang dimana setiap harinya data tersebut akan bertambah dan dikumpulkan untuk dianalisis. Dengan menganalisis, maka akan mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan mulai dari perilaku berbelanja di situs web mereka, keluhan pelanggan, dan lainnya. Sehingga, kamu dapat membuat strategi yang efektif untuk personalisasikan kebutuhan pelanggan agar mereka tetap menggunakan produk atau layanan bisnismu.
  • Membantu Operasional Lebih Efisien, dengan Machine Learning perusahaan akan meningkatkan prosesnya secara signifikan mulai dari perusahaan menjadi lebih produktif, membantu efektif dalam biaya dan penghematan waktu operasional secara keseluruhan.
  • Mencegah Penipuan dan Spam, mengoptimalkan kegiatan marketing dengan menerapkan Machine Learning memungkinkan untuk menganalisis target customer dan otomatisasi dengan baik sehingga akan terhindarnya dari penipuan dan juga spam secara mendalam dan real-time.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

  1. Machine Learning, Data Science, dan Masa Depan

Mengadopsi Machine Learning dan ilmu Data Science bukanlah suatu hal yang mudah karena membutuhkan beberapa pertimbangan. Namun, pertimbangan tersebut jangan jadikan kamu menjadi patah semangat karena menghadapi era digital ini dapat memungkinkan inovasi-inovasi terbaru yang bisa meningkatkan bisnis kamu.

Untuk mempersiapkan masa depan dan memulai ekspansi bisnis kamu, kamu bisa memulai belajar Data Science di DQLab. Latar belakang bukan menjadi sebuah hambatan untuk kamu terus berkembang, dengan passion, pantang menyerah dan belajar dengan giat tentunya kamu bisa mewujudkan bisnis kamu menjadi sukses!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB