LogoDIGINATION LOGO

Keunggulan Machine Learning Data Science untuk Meningkatkan Performa Bisnis

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 10 Agustus 2021 | 17:08 WIB
Share
Share

Sudah banyak perusahaan maupun sektor industri lainnya terlibat dalam penggunaan Data Science dan mengimplementasikan Machine Learning untuk kebutuhan bisnis.

Machine Learning dapat meyakinkan serta membantu menjawab permasalahan dan mengambil keputusan pada strategi bisnis.

Ditambah Machine Learning dapat memberikan sebuah prediksi untuk masa depan dengan berbagai keunggulan yang tersedia, salah satunya dapat terfokus pada personalisasi user dan juga bisa memberikan rekomendasi user terkait produk atau layanan. Sehingga dari rekomendasi yang di telah dibaca oleh Machine Learning, nantinya akan bisa memberikan peningkatan revenue maupun insight bagi perusahaan.

Menarik bukan? Saat ini DQLab berkolaborasi dengan Digination untuk mengupas tuntas bagaimana manfaat Machine Learning dalam optimalisasi performa bisnis mu. Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini!

Akurat dalam Menganalisis

Seperti yang sudah diketahui, Machine Learning dapat memprediksi masa depan serta dapat menjawab pertanyaan dan nantinya bisa menjadi sebuah insight yang bermanfaat bagi perusahaan.

Dalam berbisnis tentunya kamu perlu memahami dan menentukan persona dan behavioral target yang dituju. Kemampuan Machine Learning ini mempelajari dan mengoleksi data secara sistematis yang cepat dan otomatis dari waktu ke waktu, sehingga hasil analisa data yang didapatkan menjadi sebuah laporan yang sangat lengkap. 

Misal seperti ketika user mencari “case hp” maka Machine Learning akan membaca dan ‘memahami’ keinginan mereka. Dengan demikian user terjawab kebutuhan mereka dengan menemukan toko atau produk yang ingin dibelinya. 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Hasil Analisis Relevan dengan Keinginan Pelanggan

Pasti kamu pernah mendapatkan ‘suggestion’ atau ‘produk serupa’ ketika sedang mencari produk atau layanan bukan?

Algoritma Machine Learning mampu mendeteksi dan akan merekomendasikan produk kepada user. Tidak sampai disitu saja, Machine Learning akan ‘mengingat’ riwayat pembelian user. Sehingga dapat memudahkan untuk memberikan saran terkait produk yang dicari melalui ‘suggestion’ atau ‘produk serupa’.

Adanya ‘suggestion’ atau ‘produk serupa’ ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian bagi user, karena membantu mempertimbangkan dalam memilih produk atau toko mana yang lebih menjawab kebutuhan user, ketersediaan produk yang dibutuhkan, rating dari pembeli sebelumnya, maupun harga. 

Kemampuan Image Recognition

Di era Industri 4.0 kini sudah banyak perusahaan menerapkan image recognition pada produk atau layanan mereka. Image recognition sendiri merupakan sebuah kemampuan Artificial Intelligence yang dapat mengklasifikasi benda ke dalam sebuah gambar (baik berupa foto, video, dan lainnya).

Kemampuan image recognition ini akan banyak sekali fungsinya dalam melakukan bisnis. Salah satunya seperti visual research terkait produk yang dicari user nantinya melalui image recognition akan membantu mencari produk dan mengarahkan user ke halaman pembelian produk. 

Penggunaan Fitur Chatbot 

Chatbot ini diatur dan dibuat menggunakan algoritma Machine Learning sedemikian rupa. Fitur chatbot digunakan sebagai perantara atau penghubung antara pelanggan dengan penyedia layanan atau produk, sehingga pelanggan merasa lebih nyaman dan dekat.

Dengan menggunakan machine learning ini dapat membantu bisnis kamu dalam mengumpulkan informasi pelanggan, berinteraksi lebih mudah baik untuk online shop dalam menawarkan produk maupun membalas secara cepat pesan dari customer menanyakan produk. Misal, seperti pengisian format order, pengingat produk yang belum di check out, promosi yang sedang berlangsung dan lainnya.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

Yuk, Mulai Implementasikan Machine Learnin untuk Siap Berbisnis di Era Digital

Tertarik untuk mengaplikasikannya dan siap bersaing di dunia bisnis revolusi Industri 4.0? Kamu bisa lho belajar Machine Learning dan algoritma Machine Learning dimanapun dan kapanpun. Kamu bisa mulai belajar online bersama DQLab dan mulai pelajari kompetensi data science untuk berbisnis di era digital ini. 

Banyaknya kompetitor bukan suatu halangan untuk mulai membangun suatu bisnis. Belajar dan tekun merupakan kunci suskses untuk bisa terus improve baik dari sisi kompetensi data science kamu maupun dari sisi bisnis yang sedang kamu bangun. Selamat mencoba!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB