LogoDIGINATION LOGO

Kenali Machine Learning untuk Tingkatkan Bisnis UMKM

author Oleh DQLab Jumat, 30 Juli 2021 | 14:29 WIB
Share
Share

 

Dalam perekonomian negara, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting di Indonesia.

Selain karena sektor UMKM merupakan Penyumbang Domestik Bruto (PDB) terbesar, UMKM juga menjadi sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja dan relatif tahan terhadap krisis keuangan.

UMKM itu sendiri adalah aktivitas usaha, baik yang dijalankan perorangan maupun suatu badan usaha milik perorangan. Dari segi jumlah karyawan dan pendapatan tentu berbeda jika dibandingkan dengan usaha besar.

Kini dengan adanya kemajuan teknologi, para pelaku UMKM dapat mengembangkan serta memajukan usahanya dengan sebuah teknologi bernama machine learning. Machine learning adalah bagian dari kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan Artificial Intelligence (AI).

Nantinya, komputer akan dimasukkan sejumlah data berukuran besar yang kemudian diolah menggunakan algoritma. Algoritma inilah yang nantinya menemukan pola dan memprediksi secara akurat berdasarkan data tersebut, tanpa adanya campur tangan manusia.

Dengan bantuan teknologi ini, pelaku UMKM bisa menganalisis feedback dari pelanggan, forecasting pasar, dan lain sebagainya. Penasaran kan dengan manfaat machine learning lainnya bagi UMKM? Berikut informasinya! 

Fitur Customer Service Online Otomatis

 

Salah satu fungsi machine learning yang mungkin sudah tidak asing bagi kalian adalah customer online. Dengan bantuan machine learning, UMKM dapat memberikan pelayan konsumen secara gratis dan otomatis.

Hal ini rupanya salah satu penerapan AI umum dalam suatu bisnis. Salah satu contoh yang bisa kamu temui adalah chatbot yang umumnya kamu jumpai saat melakukan chatting dengan berbagai akun online shop.

Umumnya chatbot ini dapat diintegrasikan ke email maupun nomor telepon konsumen.  Dengan chatbot, para konsumen tidak perlu menunggu lama respon dari sang pemilik toko online. Hal ini tentu membuat biaya layanan konsumen menjadi lebih hemat biaya dan dapat dialokasikan untuk kegiatan lain. Praktis, bukan?

 Baca juga : Module Baru : Peran Pengolahan Data dalam Bidang UMKM

Menciptakan Produk Rekomendasi

 

Hal lain yang mampu dilakukan oleh machine learning dalam mengembangkan bisnis adalah dengan memanfaatkan sistem rekomendasi machine learning.

Dengan cara ini konsumen akan mudah menemukan barang-barang yang kemungkinan akan dibeli, berdasarkan hasil pencarian produk sebelumnya. Tentu konsumen akan terbantu untuk menemukan barang yang diinginkan. 

Kabar baiknya adalah sistem rekomendasi ini tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan layanan digital dan pemasaran online.

Metode ini sebelumnya sudah ada lebih dulu pada perusahaan besar ternama, Amazon. Sistem website Amazon telah mengadopsi sistem rekomendasi machine learning untuk membantu konsumen. Dari sekian juta data konsumen, Amazon bisa memahami produk spesifik yang kemungkinan besar akan dibeli.

Tidak hanya pada perusahaan e-commerce, Netflix sebagai layanan streaming film juga menggunakan sistem machine learning ini untuk merekomendasikan film yang mungkin disukai oleh konsumen.

Filtering Data & Meminimalisir Aksi Penipuan

 

Pada machine learning terdapat sebuah algoritma yang dikenal dengan kemampuannya dalam mengelompokkan data, ia adalah algoritma klasifikasi.

Pengelompokkan data tersebut bisa berupa email masuk ke dalam kelompok email spam atau tidak, mengelompokkan konten, komentar yang diposting oleh user sesuai dengan usia, bertentangan dengan aturan platform, dan lain sebagainya. 

Selain mengelompokkan data, algoritma klasifikasi ini juga ampuh untuk meminimalisir aksi penipuan.

Cara kerjanya yakni dengan mendeteksi suatu transaksi keuangan, apakah termasuk ke dalam transaksi palsu atau tidak. Algoritma ini akan menganalisis pola transaksi yang terjadi, jika ada indikasi transaksi yang tidak normal, maka sistem akan memblokir transaksi tersebut secara otomatis.

 Baca juga : Belajar Data Science Otodidak, Ridho Berhasil Dapatkan Beasiswa DQLab Pandora Box & Intership Xeratic

Ayo Belajar Machine Learning lewat Data Science!

 

Buat kamu yang saat ini tengah menjalani peran sebagai pelaku UMKM dan ingin mengembangkannya dengan machine learning, kamu bisa memulainya dengan mempelajari data science. DQLab sebagai platform edukasi yang menyediakan kursus online, siap menjadi tempat terbaik kamu untuk belajar data science.

Kenapa harus belajar data science? Sebab, machine learning adalah bagian dari data science. Sehingga, kamu perlu mencari tahu dan memahaminya mulai dari yang dasar. 

Lalu bagaimana cara belajarnya? Kamu tidak perlu repot ke sana sini, cukup di tempatmu kamu bisa belajar dimana dan kapan pun kamu mau. Nantinya, materi pembelajaran akan dikemas dalam bentuk modul yang harus kamu kerjakan. Modul-modul tersebut bisa kamu akses secara gratis di sini. Yuk, mulai sekarang juga belajar data science di DQLab!

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB