LogoDIGINATION LOGO

Peluang Belajar Data Science Gratis, Kolaborasi DQLab dan Kominfo

author Oleh DQLab Jumat, 24 September 2021 | 20:57 WIB
Share
Share

Peran praktisi data sangat diperlukan khususnya di era transformasi digital seperti sekarang. Perusahaan di berbagai lini industri telah bergantung pada data untuk mendapatkan solusi dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut mendorong terjadinya peningkatan kebutuhan akan praktisi data.

Mendukung tumbuh kembang sumber daya manusia pada industri data, DQLab dan Kominfo kembali berkolaborasi menghadirkan program beasiswa Professional Academy Digital Talent Scholarship. Setelah sukses dengan batch sebelumnya, kini sedang dibuka pendaftaran untuk beasiswa DTS PROA Batch 4.

Program ini bertujuan untuk membantu calon talenta data mendapatkan bekal karir dan mempersiapkan diri di industri. 

Bersama Digination dan DQLab, Pada program DTS batch 4 ini, calon talenta data akan mengikuti pembelajaran intensif secara gratis melalui modul pembelajaran online. Peserta program juga diberikan kebebasan untuk menentukan secara mandiri jadwal pembelajaran yang diinginkan sehingga dapat mengexplore kemampuan lebih maksimal.

Program ini tentunya menawarkan berbagai keuntungan bagi calon talenta data yang mengikutinya, seperti sertifikat, pengetahuan dan skill sebagai bekal karir serta relasi. 

Ada tiga pelatihan yang ditawarkan pada Program Professional Academy (PROA) Digital Talent  Scholarship ini, yakni untuk profesi Data Scientist, Data Engineer dan Data Analyst, Bagi calon talenta data yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini, simak informasi dibawah ini ya!

1. Data Scientist

Profesi yang tengah bersinar seiring dengan perkembangan dunia digital ini menjadi salah satu pelatihan yang ditawarkan pada program DTS PROA. Memiliki tugas untuk mengolah, membersihkan serta memproses data, menyebabkan Data Scientist sering menggunakan metode statistik dan Machine Learning untuk menyiapkan data.

Profesi ini seringkali dianggap oleh orang awam memiliki arti yang sama dengan Data Engineer. Padahal, kedua profesi tersebut sangat berbeda, hanya saja dalam pelaksanaan tugasnya saling berhubungan. Biasanya, profesi Data Scientist dilatarbelakangi oleh pendidikan seperti matematika, ekonomi dan statistik.

Data Scientist juga bertanggung jawab untuk melakukan presentasi mengenai hasil analisa yang didapatkan kepada stakeholder internal maupun eksternal perusahaan. Oleh karena itu, perlu berbagai skill dan kompetensi yang baik bagi seorang Data Scientist untuk melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga : Mulai Belajar Data Science Gratis Bersama DQLab Selama 1 Bulan Sekarang!

2. Data Engineer

Data Engineer juga tidak kalah bersinar dengan profesi bidang Data Science lainnya. Profesi satu ini memiliki tugas untuk mengintegrasi, membangun alur yang berasal dari sumber-sumber yang ada, menyiapkan dan merapikan data serta membentuk data untuk keperluan dari Data Scientist.

Biasanya, mereka yang berprofesi sebagai Data Engineer berasal dari latar belakang pendidikan IT atau Programming. Data Engineer sering menggunakan bahasa pemrograman dan tools seperti Python, Java atau Scala pada praktik kerjanya.

Tanggung jawab utama Data Engineer adalah mengembangkan, memelihara serta membangun arsitektur database. Bukan hanya itu, seorang Data Engineer juga harus mencari dan memberikan rekomendasi mengenai proses yang tepat dalam meningkatkan efisiensi serta kualitas data.

3. Data Analyst

Data Analyst memiliki peran yang sangat penting bagi suatu perusahaan, salah satunya adalah menghasilkan informasi yang berasal dari database. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan insight dari setiap data yang ditemukan.

Peningkatan kebutuhan akan profesi Data Analyst terus terjadi setiap tahunnya. Semakin banyak pihak yang tertarik untuk mempelajari skill yang dibutuhkan pada profesi tersebut seperti bahasa database SQL. SQL menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat penting untuk mengolah data.

Baca Juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

4. Siapkan Diri Bersaing di Industri Data, dengan Ikuti Beasiswa Gratis Ini!

Pelatihan DTS PROA Batch 4 ini menawarkan pelatihan untuk profesi Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer secara daring. Selain mendapatkan sertifikat, kamu akan mendapatkan berbagai studi kasus, modul interaktif serta praktisi data di industri untuk membantu persiapan ataupun melanjutkan karirmu di dunia data. 

Peserta yang telah menyelesaikan program juga mendapatkan keuntungan melalui proyek data berupa certificate of competence dan certificate of completion. Program beasiswa kolaborasi DQLab dan KOMINFO ini dapat kamu ikuti secara gratis!

Pada masing-masing pelatihan, beasiswa DTS PROA Batch 4 ini hanya akan menyediakan slot untuk 2000 peserta talenta data.

Bagi kamu yang tertarik mengikuti program beasiswa gratis Professional Academy hasil kolaborasi DQLab dan Kominfo ini, dapat melakukan pendaftaran melalui  DQLab. Segera daftarkan dirimu, karena registrasi hanya akan dibuka sampai tanggal 25 September 2021.

Jangan sampai kelewatan ya!

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB