LogoDIGINATION LOGO

Kenali Data Science untuk Bisnis, Yuk Intip Keunggulannya !

author Oleh DQLab Sabtu, 18 September 2021 | 14:42 WIB
Share
Share

Di era serba digital ini tentunya kalian sudah sering mendengar kata Data Science bukan? Ilmu ini merupakan salah satu bentuk analisis yang memberikan wawasan dan nilai bisnis yang lebih optimal dan akurat. Secara khusus, praktik, metodologi, alat, dan juga pelatihannya mampu memberikan informasi yang sangat berharga dari jumlah data yang besar.

Mengingat setiap harinya, adanya kenaikan jumlah data yang meningkat hal ini juga membutuhkannya praktisi data membantu dalam mengolah data-data tersebut. Bisnis secara nasional dan internasional kini sudah menggunakan data untuk pengembangan serta keputusan perusahaan mereka berdasarkan data yang dimiliki perusahaan.

Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas sekilas dari banyaknya manfaat Data Science yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu, ingin tahu keunggulannya apa saja? Langsung saja kita simak artikel berikut ini!

1. Membantu Manajemen dan Membuat Keputusan Lebih Baik

Adanya penambahan strategi dalam menjalankan bisnis, salah satu ilmu yang sudah mulai kamu terapkan adalah Data Science. Peningkatan volume data yang besar, para pebisnis membutuhkan praktisi data untuk membantu dalam mengolah dan menganalisis data agar mendapatkan wawasan atau informasi yang berarti dari data.

Salah satu keuntungan dari wawasan tersebut yaitu membantu mendapatkan strategi pengambilan keputusan yang diperlukan yang sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang ada dalam bisnis. Proses pengambilan keputusannya terbagi menjadi empat langkah yaitu:

  • Memahami konteks dan sifat masalah yang harus dipecahkan
  • Melakukan eksplorasi dan mengukur kualitas data
  • Mengimplementasikan algoritma dan tools yang tepat dalam menemukan solusi pada suatu masalah
  • Melakukan komunikasi atau menerjemahkan wawasan kepada tim baik secara verbal ataupun non verbal, agar wawasan dari data dapat dipahami oleh orang awam sekalipun

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Membantu Analisis Prediksi

Realitanya, penggunaan Data Science kini sudah menjadi salah satu strategi dalam berbisnis. Dengan memiliki jumlah data yang besar memungkinkan kamu memperoleh wawasan yang tepat.

Platform Data Science akan menggali pola tersembunyi pada data yang kamu miliki dan membantu membuat analisis serta prediksi peristiwa yang bermakna. Selain itu, Data Science dalam bisnis membuat pekerjaan lebih efisien dan meningkatkan produktivitas. Dengan demikian, bisnis yang kamu jalankan dapat mengambil langkah-langkah penting untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja yang tepat serta menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Misalnya seperti pengaplikasian Data Science digunakan untuk menentukan kapan mereka harus melakukan promosi, seperti apa pola pelanggan jaman sekarang saat melakukan pembelian, dsb.

3. Membantu Mengidentifikasi Peluang Baru untuk Bisnis

Tentunya tujuan utama dalam bisnis adalah mendapatkan pelanggan baru dan adanya peningkatan profit perusahaan. Dengan Data Science, kamu dapat dibantu untuk mengeksplorasi lebih dalam, membuat analisis berdasarkan kejadian yang ada di pasar, dan membuat sebuah rekomendasi kapan dan dimana produk jika dijual di pasar. Melakukan pengamatan dan mencermati produk ini, akan membantu dalam pengembangan model pada produk supaya produk tersebut sebagai menjadi solusi yang dibutuhkan pelanggan. 

4. Dapat Mengklasifikasi dan Personalisasi

Pelanggan kini sudah mengetahui apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan ketika membeli sebuah produk, mereka akan melakukan ‘pengamatan’ atau pencarian di search engine untuk mengetahui lebih lanjut informasi pada produk.

Data Science bisa menjadi tools kamu untuk memilah-milah volume data yang besar dan mengklasifikasiannya berdasarkan karakteristik yang sudah dipelajari menggunakan algoritma Machine Learning. Misalnya seperti ketika pelanggan ingin berlibur ke suatu tempat, mereka akan mencari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhannya, baik tiket pesawat maupun tempat yang akan mereka tinggal disana. Mereka akan mencari di search engine, dengan ini kamu bisa menempatkan produk atau layanan kamu sebagai salah satu strategi yang efisien dan akurat.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

5. Mengimplementasikan Ilmu Data Science di Masa Depan

Keunggulan yang dimiliki Data Science ini sudah diterapkan, dimana adanya kombinasi manajemen Big Data, Statistik, Machine Learning. Hal ini menjadikan penerapannya berhasil untuk menemukan wawasan serta menambah nilai dalam cara pengambilan keputusan, pelatihan, pemasaran, dan lainnya.

Yuk, kini saatnya luangkan waktumu untuk belajar Data Science serta mulai menerapkan ilmunya agar siap menghadapi revolusi industri 4.0! Jika kamu ingin belajar Data Science secara terstruktur kamu bisa bergabung bersama DQLab. Latar belakang pendidikan bukanlah suatu masalah bagi kamu untuk terus maju dan berkembang, kalau bukan sekarang kapan lagi? Jangan lewatkan kesempatannya dan selamat mencoba!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB