LogoDIGINATION LOGO

Belajar Data Science, Bangun Kompetensi Millennials Melek Data

author Oleh DQLab Jumat, 18 Desember 2020 | 09:31 WIB
Share
Share

Di era revolusi industri 4.0 banyak orang yang mulai tertarik untuk mengenal dan mempelajari mengenai Data Science. Data Science itu sendiri merupakan ilmu yang memadukan antara ilmu statistika, programming, dan ilmu bisnis.

Data adalah segala sesuatu kumpulan fakta yang dapat diolah menjadi informasi, untuk kemudian bisa dijadikan medium untuk mengambil keputusan. Data sendiri terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang terstruktur, semi terstruktur, hingga tidak terstruktur.

Namun, tidak semua orang mengerti tentang data, terlebih jika tidak terstruktur dan dalam volume besar. Itu mengapa pentingnya Data Science yang berguna dalam proses pengolahan data dan mengubahnya menjadi tampilan yang mudah dipahami semua orang.

Belakangan ini, hampir di seluruh lini bisnis membutuhkan tenaga kerja praktisi data guna pengolahan data perusahaan. Tak main-main, di Indonesia kebutuhan akan praktisi data mencapai angka 9 juta orang.

Bahkan, Presiden Jokowi menyebut data sebagai kekayaan baru, yang lebih berharga dibanding harga minyak. Oleh sebab itu, banyak orang yang kini berlomba-lomba untuk menempati posisi tersebut.

Namun sayang, besarnya angka kebutuhan tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang ada. DQLab sebagai platform edukasi Data Science online hadir memberikan solusi sebagai jawaban. Untuk lebih lanjut, yuk kita bahas fakta seputar Data Science!

Data Science : Kompetensi Primadona Era Digital
Tingginya angka kebutuhan akan praktisi data membuat banyak orang tertarik untuk bisa mendapatkan posisi tersebut. Tapi, tidak semua orang memiliki bekal ilmu Data Science. Oleh karena itu, banyak di antara mereka yang mulai mencari tahu dan mempelajari tentang Data Science. Salah satunya dengan bergabung dengan berbagai macam kursus online untuk terus upskill.

Beragam kemudahan yang bisa didapatkan dengan khusus belajar online. Salah satunya dengan diberikan akses secara langsung untuk membahas materi yang dipelajari maupun bertukar pengalaman dengan para pakar data senior. Komunikasi yang terjalin dua arah membuat pembelajaran menjadi efektif.

Baca juga : Apa itu Data Scientist? Yuk Kenali dan Pahami Keunggulan Bersama DQLab

Data Science Dapat Dipelajari Siapa Saja
Kabar baiknya adalah Data Science merupakan bidang ilmu yang bisa dipelajari oleh siapa pun, tanpa membutuhkan background pendidikan tertentu. Memang, bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, & Math (STEM) akan memudahkan mereka dalam memahami ilmu Data Science.

Tapi tidak menutup kemungkinan, kamu yang tidak memiliki background pendidikan STEM juga bisa bersaing dengan mereka yang sudah lebih dulu memiliki bekal Data Science.

Prospek Karir Menjanjikan
Berbicara tentang Data Science, bukan hanya ilmunya saja yang tengah menjadi primadona di kalangan anak muda, melainkan juga dengan profesi-profesinya. Ada beragam profesi yang bisa kamu jumpai, diantaranya adalah Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. Meski berada dalam satu rumpun, ketiganya memiliki peran yang berbeda dalam pelaksanaannya.

Baca juga : Intip Prospek Pekerjaan Data Scientist di 2021, Yuk Kenali 3 Posisi ini Bersama DQLab

Tertarik dengan Data Science? Yuk, Belajar Bersama DQLab!
Buat kamu yang tidak memiliki background pendidikan STEM, jangan malu untuk buktikan kemampuanmu ya! Kamu tetap bisa bersaing dengan mereka dan kuasai Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  • Akses module Introduction to Data Science
  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab
  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!
  • Editor: DQLab
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE