LogoDIGINATION LOGO

Memanfaatkan Deep Learning dalam Digital Marketing, Yuk Intip Pembahasannya!

author Oleh DQLab Rabu, 22 September 2021 | 19:16 WIB
Share
Share

 

Teknologi baru dan juga peningkatan dalam penggunaan Artificial Intelligence (AI) yang dimana telah memudahkan manusia untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Deep Learning ternyata menjadi salah satu keuntungan bagi marketer dalam pemasaran, karena pada pengimplikasiannya sangat membawa keuntungan, mempercepat proses pengumpulan data besar, dan juga menghasilkan solusi target yang tinggi.

Kini, semua bisnis dalam industri manapun sudah menggunakan Deep Learning  untuk hasil yang lebih baik, mempelajari Deep Learning tidaklah sulit jika kamu mengetahui dasar-dasar pembelajaran Machine Learning. 

Deep Learning menghadirkan peluang baru dan juga inovasi dalam cara menangani pemasaran secara digital, penjualan, serta cara mendapatkan pelanggan.

Namun, sebenarnya apa sih ‘Deep Learning’ itu? Dan apa manfaat yang didapatkan jika kamu menerapkan Deep Learning dalam bisnis terutama menggunakan teknik Digital Marketing.

Nah, pas banget nih artikel DQLab kali ini akan membahas kegelisahan atau pertanyaan tadi. Penasaran apa saya pembahasannya? Yuk, langsung saja simak artikel berikut

1. Kenali Apa itu Deep Learning

Deep Learning merupakan sebuah sub-bidang Machine Learning yang berkaitan dengan algoritma. Terinspirasi oleh struktur dan fungsi otak untuk memproses sejumlah jumlah data yang tersebar disebut dengan jaringan Artificial Neural.

Dalam kegiatan marketing atau pemasaran, Machine Learning menganalisis bagaimana pelanggan tertentu merespons pada ajakan yang diberikan kepada mereka dan memberi mereka sebuah solusi yang sangat ditargetkan (personalisasi).

Deep Learning dapat membantu kamu dalam menghasilkan atau memproduksi sebuah konten yang terbaik berdasarkan analisis data dan perilaku pada pelanggan. Dalam Deep Learning salah satunya pengembangan chatbot yang membantu dalam menjawab pertanyaan kepada pelanggan.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Membangun Awareness dalam Bisnis 

Pergeserannya digitalisasi yang terjadi ini, membuat teknik dan strategi aktivitas pemasaran berubah. Kini dalam kasus penggunaan Deep Learning, mesin rekomendasi akan jauh memudahkanmu dan lebih akurat karena secara otomatis Machine Learning akan mempelajari dan juga melakukan filter yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Hal ini sangat bermanfaat dan dapat mendapatkan pelanggan baru sekalipun. Adapun juga teknik Ads atau iklan yang dilakukan dengan memicu mereka terutama pelanggan yang memiliki sifat yang sama. Hal ini, akan bisa meningkatkan peluang baru dalam bertindak atau reaksi mereka terhadap bisnismu.

3. Mendorong Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan menjadi salah satu tuntutan yang sangat ditekankan dalam bisnis, tidak hanya berasal dari memenuhi harapan konsumen terhadap bisnis kamu melainkan juga secara konsisten mereka akan tetap menggunakan produk atau layanan pada bisnis kamu. Deep Learning memberikan soslusi agar terdorongnya loyalitas pada konsumen, yaitu

  • Memprediksi Pilihan Pelanggan, misalnya seperti industri pakaian atau fashion. Dengan menggunakan Deep Learning akan memperlihatkan gambar pakaian (konten) yang di unggah baik di media sosial atau situ web untuk memprediksi jenis pakaian seperti apa yang menarik bagian mereka, atau kamu bisa memprediksi tawaran diskon apa saja yang sesuai dengan pilihan mereka.

 

  • Memprediksi Estimasi, biasa dalam eCommerce menerapkan Deep Learning untuk memprediksi estimasi baik pada kemungkinan pembelian dan mengirimkan produk. Dengan pengiriman tepat waktu dan juga konsisten sesuai estimasi yang ada maka peluang loyalitas konsumen akan semakin besar.

 

4. Mengetahui Perjalanan Pelanggan

Dengan Deep Learning, akan memungkinkan marketing dapat mengakses wawasan dari kumpulan jumlah data tidak terstruktur (unstructured data) seperti menganalisis video, gambar, pengenalan wajah, dan lainnya.

Sehingga dengan pemanfaatan Deep Learning untuk bisnismu juga bisa dilakukan pengelompokkan pelanggan mikro, frekuensi kunjungan, dasar pembelian mereka di masa lalu, ulasan yang mereka lakukan, keluhan yang mereka berikan, dan lainnya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut kamu bisa mengembangkannya menjadi sebuah peluang dan taktik baru untuk bisa diterapkan seperti penawaran khusus, konten unik, dan lainnya.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

5. Yuk, Mulai Implementasikan Ilmu Data Science Dalam Bisnismu!

Inovasi dalam strategi marketing di era digital kini sudah mulai menerapkan Data Science, dengan Data Science tersebut akan mendapatkan wawasan dan insight baru dalam kegiatan bisnis.

Jangan khawatir, kini sudah banyak medium dan tempat kursus online yang bisa kamu gunakan dalam pembelajaran Data Science agar kamu tidak kesulitan dan pembelajarannya lebih terstruktur. Salah satunya adalah DQLab, pembelajarannya sendiri lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan industri kerja nyata. Yuk, mulai belajar Data Science dalam berkompetisi di era digital mendatang. Selamat mencoba!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE