LogoDIGINATION LOGO

Kenali Dasar-dasar Ilmu Data Science yang Perlu Kamu Kuasai

author Oleh DQLab Selasa, 3 Agustus 2021 | 16:39 WIB
Share
Share

 

Menjadi seorang praktisi data di era transformasi digital saat ini memang tak mengherankan. 

Pasalnya, kini hampir di seluruh perusahaan membutuhkan tenaga ahli untuk bisa mengolah dan memanfaatkan data perusahaan untuk kemajuan bisnis perusahaan. Nantinya, data-data akan diolah untuk menjadi sebuah informasi penting yang akan digunakan dalam pedoman dalam pengambilan keputusan. 

Dalam praktiknya, tenaga ahli juga perlu didukung oleh infrastruktur yang menunjang, salah satunya tools berupa software. Tentu dalam implementasinya ada beberapa ilmu yang perlu dikuasai seorang praktisi data untuk bisa menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya, salah satu yang pasti adalah mempelajari data science.

Secara garis besar data science merupakan gabungan sejumlah ilmu yang terdiri dari statistika, matematika, dan pengetahuan bisnis. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan membahas lebih lanjut tentang dasar-dasar ilmu data science yang bisa kamu pelajari mulai sekarang!

Statistika dan Matematika

 

Seperti yang kita ketahui, matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan operasi-operasi pada bilangan. Dalam ilmu pengetahuan matematika dapat berkolaborasi dengan sejumlah bidang ilmu lainnya seperti fisika, kimia, dan data science. 

Dari sekian banyak cabang ilmu matematika, aljabar linear dan kalkulus adalah cabang ilmu matematika yang sangat berperan dalam dunia data science. Selain matematika, statistika juga penting dalam data science. 

Jika kamu memahami kedua ilmu ini secara mendalam, maka kamu juga akan lebih mudah dalam menjalani peranmu kelak sebagai praktisi data. Semangat, Sobat Data!

Baca juga : Belajar Data Science Anti Ribet Tanpa Install Software bersama DQLab

Bahasa Pemrograman

 

Selanjutnya yang perlu kamu pahami dan kuasai adalah bahasa pemrograman yang berkaitan dengan pengolahan data, setidaknya memahami pada tingkat dasar. 

Proses programming ini akan digunakan untuk memberi instruksi atau perintah ke dalam komputer untuk dapat menjalankan proses pengolahan data, mulai dari proses analisis sampai dengan proses visualisasi data. 

Beberapa bahasa pemrograman yang populer digunakan di kalangan praktisi data antara lain seperti Python, R, dan SQL. ketiganya memiliki kriteria dan kegunaannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, biasanya seorang praktisi data memiliki kemampuan dalam mengoperasikan beberapa bahasa pemrograman, tidak hanya satu.

Machine Learning

 

Machine learning merupakan salah satu cabang teknologi dari kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI). 

Teknologi ini merupakan sebuah mesin pembelajar yang dapat mempelajari data dan melakukan tugas-tugas tertentu. Umumnya, machine learning memiliki tiga algoritma yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan deep learning. Algoritma machine learning ini nantinya akan memudahkan proses pemecahan solusi bagi data yang akan dianalisis sesuai dengan tujuan perusahaan.

Baca juga : Apa itu Machine Learning dan Mengapa Machine Learning Penting?

Pengetahuan Bisnis dan Visualisasi Data

 

Pemahaman bisnis juga menjadi salah ilmu dasar yang dibutuhkan dalam data science, karena penggunaan data science kini dibutuhkan oleh pebisnis atau perusahaan tertentu.  

Dengan memiliki pemahaman yang baik seputar bisnis, seorang praktisi data akan mudah dalam mengimplementasikannya di proses analisis. Yang tak kalah pentingnya untuk dipelajari calon praktisi data adalah ilmu visualisasi data.

Nantinya, visualisasi data akan berguna setelah proses analisis data selesai, tepatnya pada saat penyampaian hasil analisis agar dapat mudah dipahami oleh rekan kerja yang awam dengan data.

Pelajari Dasar Ilmu Data Science untuk Hadari Era Digital

 

Tidak ada salahnya untuk terus mencari ilmu. Apalagi, data science kini tengah menjadi ilmu primadona bagi sebagian besar orang. Sebab dengan ilmu inilah seseorang bisa memahami dan memanfaatkan data, yang mana pengolahan data dianggap vital bagi sejumlah perusahaan.  

Sayangnya, tenaga ahli di Indonesia saat ini belum mencukupi kebutuhan di perusahaan. Oleh sebab itu, ini adalah kesempatan emas bagi kamu untuk terjun ke industri data. Kamu bisa belajar data science dari sumber manapun, baik dari artikel, video maupun pembelajaran online sekalipun salah satunya bersama DQLab. Tunggu apa lagi? Yuk, ambil peluang ini untuk meningkatkan skill data science kamu agar siap menghadapi industri data yang sebenarnya. 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB