LogoDIGINATION LOGO

Elon Musk Ciptakan Robot Humanoid untuk Bantu Pekerjaan Manusia, Aman kah?

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 26 Agustus 2021 | 17:50 WIB
Share
Share

Elon Musk lagi-lagi membuat pernyataan yang menggegerkan dunia. CEO Tesla ini baru saja mengumumkan akan meluncurkan robot humanoid yang disebut Tesla Bot.

Penampilan robot itu muncul setelah presentasi  peningkatan kecerdasan buatan yang menggerakkan kendaraan listrik Tesla, termasuk superkomputer Dojo, yang membantu melatih mobil untuk menavigasi jalan-jalan kota tanpa bantuan manusia. 

"Masuk akal untuk memasukkannya ke dalam bentuk humanoid," kata CEO Tesla Elon Musk. 

Dalam presentasi Tesla AI Day, Musk masih belum menghadirkan wujud fisik dari robot itu. Ia justru menghadirkan seorang penari dengan kostum body fit bewarna hitam dan silver yang melakukan aksi breakdance ala robot sambil diiringi backsound EDM.

Musk memberikan beberapa detail tentang robot mirip Slenderma. Musk menjelaskan robot berukuran 5 kaki 8 inci atau 172 cm ini diperkirakan memiliki berat 125 pon atau setara 56,6 kg dan dibuat dari bahan yang ringan.

Baca juga : Elon Musk Ada di Clubhouse, Apa Itu Aplikasi Clubhouse?

Kepalanya akan dilengkapi dengan kamera autopilot yang digunakan oleh kendaraan Tesla untuk merasakan lingkungan dan akan berisi layar untuk menampilkan informasi. Secara internal, robot ini akan beroperasi melalui komputer Full Self-Driving Tesla. 

"Ini dimaksudkan untuk ramah dan menavigasi melalui dunia yang dibangun untuk manusia," canda Musk.

Elon Musk mengungkap tentang masa depan di mana pekerjaan fisik akan menjadi pilihan. Tesla Bot didesain sebagai robot humanoid untuk mengerjakan tugas-tugas berbahaya, repetitif/berulang, atau tugas yang membosankan.

“Pergi ke toko dan mendapatkan bahan makanan berikut. Bukannya tugas seperti itu sangat berbahaya, tetapi Anda mungkin menganggapnya berulang dan membosankan," katanya.

Musk juga mengatakan, robot ini bisa memiliki implikasi besar bagi perekonomian dengan menutup kesenjangan dalam angkatan kerja, yang diciptakan oleh kekurangan tenaga kerja. "Dalam jangka panjang saya pikir perlu ada pendapatan dasar universal," kata Musk. 

Robot ini berbekal teknologi AI yang sama dengan teknologi yang diterapkan pada armada kendaraan otonom Tesla. Dalam pembuatannya, komponen Tesla Bot akan memanfaatkan teknologi mesin otomatisasi di pabrik mobil Tesla, termasuk software dan hardware di sistem autopilot mobil Tesla.

"Apa yang kami coba lakukan di sini di Tesla adalah membuat AI berguna yang disukai orang dan ... benar-benar bagus," tegas Musk.

Baca juga : Menjadi Orang Terkaya ke-5, Ini Perjuangan dan Kunci Keberhasilan Elon Musk

Dalam sesi tanya jawab setelah presentasi, Musk menjawab pertanyaan mengenai apakah robot itu nantinya akan berbalik melawan manusia, seperti yang terjadi dalam film-film fiksi ilmiah populer, misalnya Terminator.

Musk mengatakan, robot-robot itu dirancang untuk tidak sekuat manusia, dan jika sampai robot-robot itu berbalik menyerang, maka manusia masih bisa dengan mudah mengalahkan mereka.

“Kami mengaturnya sedemikian rupa pada tingkat mekanis, tingkat fisik, sehingga Anda dapat melarikan diri darinya dan kemungkinan besar dapat mengalahkannya,” kata Musk.

Sulit untuk membayangkan seberapa jauh masa depan seperti itu dan menghadirkan robot humanoid sungguhan bekerja. Yang pasti Musk mengatakan, prototipe Tesla Bot rencananya akan diluncurkan pada sekitar tahun 2022 mendatang.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB