LogoDIGINATION LOGO

Elon Musk Ada di Clubhouse, Apa Itu Aplikasi Clubhouse?

author Oleh Deriz Syarief, Nur Shinta Dewi Rabu, 3 Februari 2021 | 20:30 WIB
Share
Share

Sebagai salah satu influencer yang berdampak besar bagi dunia maya. Baru-baru ini Elon Musk kembali membuat penasaran fansnya. Setelah berhasil membuat salah satu produk kripto naik hingga berkali-kali lipat hanya karena men-tweet gambar doggy, pengguna dunia maya kembali dibuat bingung, apa itu Clubhouse?

Setelah Elon Musk men-tweet keberadaannya di Twitter, banyak orang yang mencari apa itu Club House di aplikasi Android. Tapi banyak pengguna Android yang ternyata ‘salah kamar.’ Ini karena ada aplikasi dengan merek yang sama di Android sehingga harus ditutup sementara.

 

Lalu apa itu Clubhouse?

Clubhouse adalah aplikasi media sosial tempat kamu bisa membagikan audio seperti memposting teks. Perusahaan menggambarkan dirinya sebagai jenis baru proyek sosial media berdasarkan suara, di mana orang di mana pun dapat berbicara, bercerita, mengembangkan ide, memperdalam persahabatan, dan bertemu orang baru yang menarik, melalui pesan suara.

Pada dasarnya, kamu dapat keluar masuk dari obrolan yang berbeda sesuai topik yang ingin kamu ikuti. Kamu bisa langsung mendengarkan atau memilih untuk mencurahkan pikiran melalui layanannya. 

Di aplikasi pesan suara ini kamu akan merasakan hal yang sama, seperti aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, yang selalu ada sesuatu untuk semua orang, tapi atmosfer yang berbeda karena ‘branding’ yang berbeda. Platform Clubhouse ini bisa disebut ruang konferensi dalam aplikasi.

 

Apa yang membedakan Clubhouse dengan platform media sosial lain?

Hal utama yang membedakan Clubhouse dengan situs media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, tentu dari formatnya yang berbasis audio. Di platform ini kamu tidak perlu khawatir tentang kontak mata, pakaian yang kamu kenakan atau dimana kamu berada.

"Intonasi, infleksi, dan emosi yang disampaikan melalui suara memungkinkan Anda memahami nuansa dan membentuk koneksi unik manusia dengan orang lain. Anda masih dapat saling menantang dan melakukan percakapan yang sulit - tetapi dengan suara sering kali ada kemampuan untuk membangun lebih banyak empati. Ini itulah yang menarik kami ke medium," tulis Club House di situs web mereka.

Dikembangkan oleh Paul Davison dan Rohan Seth. CNBC melaporkan bahwa perusahaan tersebut bernilai sekitar $ 100 juta pada Mei 2020.

Satu yang membuat aplikasi ini berbeda dengan yang lain, platform media sosial ini membangun reputasinya, sebagai aplikasi yang eksklusif. Di aplikasi Clubhouse, kamu harus diundang, sebelum masuk ke ruang obrolan audio untuk dihubungkan ke kamu lainya.

Setelah bergabung, orang dapat bergabung dengan ruang yang berbeda kapan saja, atau membuatnya sendiri. Di situs ini, Clubhouse mengatakan bahwa orang telah menggunakan aplikasi bebas berkomunikasi tentang hal-hal seperti masalah politik, kehidupan sehari-hari, dan hiburan.

 

Pengguna Clubhouse

Aplikasi yang memiliki 600.000 pengguna pada Desember 2020 menurut New York Times.

Clubhouse besar dengan selebriti. Menjadi bagian dari aplikasi ini kamu mungkin mendengar orang-orang seperti Oprah, Kevin Hart, Drake, Chris Rock, atau Ashton Kutcher, termasuk Elon Musk berbicara.

Vogue menggambarkan pengalaman aplikasi ini seperti penyatuan percakapan langsung bergaya podcast, diskusi panel, peluang berjejaring yang memusingkan karena beberapa orang cerdas saling bertukar pikiran.

Kamu dapat kesempatan untuk mendengar, dan bahkan berpartisipasi dalam, percakapan tanpa cela dengan orang-orang terkenal dan berkuasa. Itulah mengapa Clubhouse memiliki daya tarik tersendiri.

 

Clubhouse di Indonesia

Di Tanah Air, pengguna aplikasi Clubhouse mulai bermunculan. Umumnya mereka berasal dari sektor teknologi, digital dan kalangan perusahaan start-up. Perbincangan yang terjadi di dalam Room-pun lebih banyak tentang teknologi, terutama seputar mata uang kripto (cryptocurrency). Beberapa pengguna memposting tangkapan layar Clubhouse di akun Twitter dan Instagram.

Selain tentang uang kripto, para pengguna Clubhouse juga membicarakan tentang berbagai skenario pemanfaatan platform ini. Di antaranya adalah, Clubhouse memiliki potensi untuk dijadikan sebagai platform audio podcast dan sebagai platform mendistribusikan konten kepada audience seperti halnya TikTok.  

Salah satu yang dinilai menjadi kelebihan Clubhouse dibandingkan Spotify, Instagram dan YouTube adalah platform tersebut membantu content creator mencari audience. Di platform lain, content creator perlu upaya ekstra untuk membangun basis audience-nya, diantaranya melalui promosi organik maupun berbayar. 

 

Bagaimana  Cara untuk bergabung di Clubhouse?

Saat ini, Clubhouse bangga akan eksklusivitasnya, kamu harus diundang untuk bergabung dengan platform oleh kamu yang sudah ada.

Pengguna iPhone dapat mengunduh aplikasi dan memesan nama kamu tanpa undangan. Namun, mereka tetap tidak dapat mengakses aplikasi atau ruang obrolan tanpa di undang oleh pengguna lainnya.

Sementara situs web mereka menawarkan harapan bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dengan menggunakan IoS.

Web saja dioper ke IoS bagaimana dengan Android? Yups, aplikasi ini juga belum tersedia di Android.

Clubhouse yang tersedia di Android dan web teratas hari ini adalah alat manajemen proyek yang sudah ada sejak Juni 2019.

Pengembang Clubhouse Software - yang memiliki dan menggunakan akun @Clubhouse di Twitter - telah menangani ulasan 1 bintang sejak Desember dan, awal bulan lalu. Hingga kemarin malam, hanya dalam waktu dua jam sebelum penampilan Elon Musk di Clubhouse, CEO aplikasi produktif ini menarik platform mereka dari Google Play.

"Karena semua orang mendaftar dan kemudian marah kepada kami karena bukan aplikasi obrolan." Tweet tersebut menyertakan permintaan maaf dan menyatakan aplikasi kembali dibuka besok pagi.

Jangan sampai salah download ya. Jadi bagaimana? Apa DigiFriends sudah ada yang mencoba aplikasi eksklusif ini? Share pengalaman mu ya!

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION

Apa Arti Kesuksesan Bagi Elon Musk?

Terdapat banyak perusahaan yang sukses di luaran sana, tak terkecuali perusahaan Tesla yang mendulang kesuksesan dari kendaraan listrik yang menjadi fokus utamanya

Senin, 25 Juni 2018 | 05:46 WIB
LATEST ARTICLE