LogoDIGINATION LOGO

Pentingnya Memiliki Pemahaman Data Science di Era Saat Ini

author Oleh DQLab Jumat, 25 Juni 2021 | 19:09 WIB
Share
Share

Pengolahan data menjadi hal yang cukup vital di sejumlah perusahaan. Alasannya tak lain karena melalui datalah perusahaan bisa mendapatkan insight yang berguna untuk pengambil keputusan. Hasil olahan data yang tepat akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bisnis perusahaan. Oleh karenanya, untuk bisa mendapatkan hasil olahan terbaik perusahaan memerlukan tenaga ahli data dan infrastruktur yang memadai.

Data science menjadi kunci dalam menjawab kebutuhan perusahaan. Seseorang yang berbekal ilmu data science akan memberikan kemampuannya secara optimal.

Pada dasarnya data science adalah ilmu yang mempelajari mengolah data mentah dengan menggunakan multidisiplin ilmu, seperti matematika, statistika, dan komputer. Ilmu ini menjadi penting untuk dipelajari, terlebih di era transformasi digital seperti sekarang.

Menariknya, meskipun data science termasuk eksakta, data science dapat dipelajari oleh siapa pun dari beragam jenis latar belakang pendidikan. Kali ini DQLab akan mengulas 3 alasan kenapa kamu harus mulai belajar data science, baca sampai habis ya!

  • Siap Menghadapi Tren Mendatang

Di era sekarang teknologi informasi menjadi faktor penting dalam perkembangan berbagai industri. Sejumlah lini bisnis dan aktivitas sehari-hari manusia kini tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi. Oleh sebab itu, era untuk saat ini disebut dengan revolusi industri 4.0.

Untuk menghadapi tren di masa mendatang, belajar data science menjadi salah satu investasi yang bernilai cukup tinggi. Dengan kompetensi data science yang dimiliki, kita akan mampu menganalisis data dimanapun berada, memiliki kemampuan problem solving yang baik, serta keterampilan di berbagai bidang ilmu lainnya. Sebagai contoh, data scientist salah satu profesi yang bergerak di bidang data dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan tren yang terus berubah-ubah. Dengan bekal ilmu yang dimiliki, data scientist mampu untuk mengikuti arus perubahan.

Baca juga : 3 Bulan Belajar Data Science Otodidak, Imam Aris Munandar Berhasil Alih Profesi Sebagai Data Engineer.

 

  • Pedoman dalam Menerapkan Strategi Bisnis

Dengan perkembangan teknologi yang ada membuat semua orang bisa dengan mudah membangun bisnis, terlebih bisnis yang dijalankan secara online. Hal ini menyebabkan ketatnya persaingan bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Namun, dengan menerapkan data science pada bisnis, perusahaan atau pelaku usaha akan selangkah lebih maju karena dapat terus memperbarui strategi bisnisnya lebih cepat dari pesaingnya. 

Hal ini bisa dilihat berdasarkan berbagai aspek seperti preferensi konsumen terhadap suatu produk, tinggi atau rendahnya penjualan produk di cabang tertentu, kebiasaan konsumen dalam membeli barang tertentu bersamaan, dan sebagainya. Perusahaan juga mampu memprediksi tren atau kejadian yang memiliki kemungkinan membawa pengaruh pada bisnisnya. Berbekal dengan data science, kumpulan data yang sangat banyak dapat diolah secara efisien dan akurat. 

  • Profesi yang Menjanjikan

Ada ragam jenis profesi yang berada dalam rumpun data science, ada data scientist, data engineer, data analyst, dan yang lainnya. Pada abad ini, julukan “The Sexiest Job in The 21st Century” jatuh kepada data scientist. Bagaimana tidak, profesi ini menjanjikan di masa mendatang setidaknya dalam 5 tahun ke depan. Gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi yang mencapai diatas dua digit. Menurut hasil riset PHI-Integration menunjukkan gaji seorang data scientist (fresh graduate) memiliki gaji sekitar Rp 12-15 juta. Namun, sayangnya di Indonesia sendiri tenaga praktisi data masih belum mencukupi kebutuhan di sejumah perusahaan. 

Baca juga : Bermodal Kompetensi Data Cleansing, Rahmat Buktikan Dirinya Berhasil Berkarir sebagai Data Analyst di Era Pandemi

 

  • Mau Jadi Data Scientist? Yuk, Mulai Belajar Data Science di DQLab!

Menjadi seorang data scientist andal perlu memiliki kemampuan data science yang maksimal. Sebab dalam praktiknya, sering kali terjadi kendala dalam proses pengolahan data di perusahaan. Sehingga, diperlukan seorang data scientist yang memiliki kemampuan yang baik dalam menganalisa suatu permasalahan. Belajar data science dengan jalur kursus online bisa jadi solusi yang tepat untuk masa pandemi saat ini. Jadi, kamu bisa tetap kursus dan mendapatkan materi pembelajaran meski di rumah saja. Bersama DQLab, nantinya kamu akan mendapatkan arahan langsung dari para mentor yang merupakan senior pakar data. Ayo mulai belajar data science di sini!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB