LogoDIGINATION LOGO

Hasilkan Visualisasi Data dengan Excel

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 22 Januari 2021 | 22:25 WIB
Share
Share

 

Selain harus memiliki skill dalam bahasa pemrograman dan mampu berpikir kritis dalam menangani suatu permasalahan yang terjadi di perusahaan, tugas lain dari seorang Data Analyst adalah melakukan visualisasi data. Sederhananya, visualisasi data adalah proses mengubah data  yang telah diolah ke dalam bentuk gambar, salah satunya berupa grafik.

Visualisasi data menjadi hal yang penting dalam merepresentasikan hasil data. Data yang telah melalui proses visualisasi akan menjadi lebih mudah untuk dimengerti oleh rekan kerja dan klien yang awam dengan data. Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mempelajari visualisasi data? Ternyata hanya dengan bantuan Excel kamu sudah bisa lho melakukan visualisasi data. Yuk, kita simak dulu informasi selengkapnya!

 

 

  • Alasan di Balik Pentingnya Visualisasi Data

 

Di dalam suatu perusahaan tidak semua orang memiliki kemampuan dalam memahami data, terlebih jika data tersebut disajikan secara mentah. Oleh sebab itulah visualisasi data dianggap penting, karena diharapkan mampu menyajikan data secara menarik dan lebih mudah dipahami orang banyak. Dengan begitu, pengambilan keputusan pun akan lebih efisien melalui proses ini. 

 

Baca juga : Mengenal Excel : Modal Dasar Seorang Data Scientist, Profesi Populer Masa Kini

 

 

  • Software yang Digunakan dalam Visualisasi Data

 

Seiring berjalannya waktu semakin bertambah banyak pula software yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan dalam melakukan visualisasi data. Seperti yang sudah disebutkan salah satu yang paling sederhana adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Selain itu kamu juga bisa gunakan Tableau, FineReport, Code Tools, D3.js, Plotly, ggplot2, Powermap, Piktochart, Vismo, Grafik Network, Keylines, Gephi dan masih banyak lainnya yang tentunya setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

 

  • Langkah-langkah Visualisasi Data Menggunakan Excel

 

Dari sejumlah software yang sudah disebutkan tadi, Excel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mulai mempelajari visualisasi data. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat visualisasi data menggunakan Excel secara khusus visualisasi dalam bentuk grafik.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Input data yang akan divisualisasikan ke dalam Excel
  2. Pilih/sorot data yang akan digunakan 
  3. Klik ‘insert’
  4. Pilih jenis grafik sesuai dengan yang kita inginkan
  5. Kustomisasi judul grafik atau tampilan lainnya apabila dirasa perlu

Baca juga : Kelola Keuangan dan Investasimu Hanya dengan Excel, Yuk Intip Caranya!

 

  1. Belajar Visualisasi Data Lebih Lanjut Bersama DQLab

Pada dasarnya visualisai data merupakan salah satu ilmu yang ada di dalam dunia Data Science. Lalu, apakah semua orang bisa mempelajari Data Science meski tidak memiliki background pendidikan tertentu? Jawabannya iya. Bersama DQLab kamu siap berkarir di revolusi industri 4.0! Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Akses module Introduction to Data Science
  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab
  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis :  Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE