LogoDIGINATION LOGO

Kenalan dengan Data Science, Ilmu Penting dalam Dunia Digital

author Oleh DQLab Jumat, 11 Desember 2020 | 09:48 WIB
Share
Share

Data Science adalah gabungan irisan ilmu yang memadukan statistik, programming dan pemahaman bisnis. Data Science juga bisa diartikan sebagai salah satu ilmu yang secara khusus mempelajari soal data, terutama data kuantitatif atau data numerik.

Lewat ilmu ini, banyak profesi-profesi yang dilahirkan seperti Data Scientist dan Data Analyst. Menariknya, saat ini banyak dari berbagai lini bisnis yang sedang mencari talenta data untuk kemajuan industri mereka.

Namun sebelum lebih jauh, kita harus mengerti apa pengertian dari data itu sendiri.

Data adalah segala sesuatu yang berisi kumpulan fakta dan dapat diolah agar dapat menghasilkan informasi. Pada era Big Data, data memiliki banyak bentuk; ada yang terstruktur, semi terstruktur, atau tidak terstruktur sama sekali.

Kemudian data-data tersebut akan diolah dengan menggunakan ilmu Data Science agar dapat menghasilkan informasi.

Itulah mengapa diperlukan proses pengolahan data menjadi tampilan dalam bentuk dashboard ataupun insight yang dapat dimengerti oleh semua orang.

Selain itu, kabar baiknya adalah Data Science sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin mempelajarinya, meskipun tidak memiliki background pendidikan khusus untuk Data Science. Namun, sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kamu ketahui 3 ilmu dasar untuk memulai karir di bidang Data Science!

Statistika
Diantara kedua ilmu dasar lainnya, Statistika adalah ilmu yang bersinggungan langsung dengan data. Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data.

Selain itu statistika juga berguna untuk menentukan suatu algoritma yang akan diimplementasikan. Ilmu Statistika juga dibutuhkan dalam pengembangan software Machine Learning.

Dalam workflow Data Science secara garis umum terdiri dari importing data - exploratory data analysis - modelling - interpretation. Statistika itu sendiri berperan pada tahap exploratory data analysis dan modelling.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

Programming
Kemudian, untuk bisa menguasai Data Science kamu juga perlu memiliki skill dalam bidang Programming. Jika kamu baru mulai belajar pemahaman data, kamu bisa memulainya dengan memahami Excel sebagai salah satu tools untuk proses pengolahan data.

Secara sederhana, di dalam Programming itu sendiri terdapat bahasa pemrograman yang paling sering digunakan, yaitu R dan Python. R digunakan saat kita melakukan exploratory data analysis, melakukan visualisasi data, serta membuat report. Sedangkan, Python digunakan ketika model kita sudah jadi dan kita ingin memasukan model Machine Learning tersebut ke dalam aplikasi atau ke dalam website.

Pemahaman Bisnis
Ilmu dasar terakhir yang perlu dipelajari untuk menguasai Data Science adalah tentang pemahaman bisnis. Pemahaman bisnis sangat penting dalam Data Science, karena tentu setelah kita mengetahui data-data perusahaan yang telah diolah secara Data Science, kita harus menyesuaikan dengan perusahaan melalui pemahaman bisnis yang dimiliki.

Pemahaman bisnis ini berperan ketika kita ingin mengambil keputusan bagaimana kita menentukan apa masalah bisnis kita, membuat model, dan menginterpretasikan hasilnya dari model yang kita dapatkan tersebut.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Mulai Terapkan Ilmunya dengan Pahami Data untuk Hadapi Industri!
Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science':

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  • Akses module Introduction to Data Science
  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab
  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!
  • Editor: DQLab
TAGS
LATEST ARTICLE