LogoDIGINATION LOGO

Machine Learning,Kecerdasan Buatan untuk Dongkrak Performa Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 11 Juni 2021 | 17:06 WIB
Share
Share

Di balik pesatnya perkembangan laju bisnis suatu perusahaan, kemungkinan besar itu merupakan berkat adanya bantuan kinerja machine learning. 

Dalam dunia teknologi, machine learning dikenal sebagai bagian dari kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan sebutan Artificial Intelligence (AI). Nantinya komputer akan diberi input sejumlah data berukuran besar dan kemudian diolah menggunakan algoritma. 

Algoritma ini yang nantinya akan menemukan pola dan membuat prediksi yang akurat berdasarkan data yang telah diinput, tanpa adanya campur tangan manusia. 

“Machine Learning adalah mesin yang bisa belajar. Kita bisa membuat hal yang biasa dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan dengan cepat dan tepat oleh Machine Learning dan bertujuan untuk mendapatkan insight yang akurat,” ujar Rickent Putra Haki selaku Business Analytics Consultant Deloitte Indonesia.

Dalam praktiknya, machine learning tidak bekerja sendirian. Ia dibantu dengan Azure, salah satu software yang dapat menunjang kecerdasan buatan ini. Dengan bantuan Azure, machine learning dapat bereksperimen dengan mudah serta melatih pembelajaran lebih dalam. 

Lalu apa saja sih performa bisnis yang dapat didongkrak oleh bantuan machine learning? Kita bahas yuk di sini!

 

  • Analisis Data Keuangan

 

Dengan memanfaatkan machine learning, para pelaku industri keuangan dapat membuat dan mengembangkan model analisis berdasarkan data-data  yang tersedia sehingga dapat mengelola data keuangan secara keseluruhan dengan baik. Oleh sebab itu, kini lembaga keuangan semakin bergantung pada teknologi kecerdasan buatan yang satu ini untuk mendapatkan peluang bisnis yang baru.

Meski begitu, Rickent menambahkan jika segmentasi dari penggunaan machine learning untuk keperluan data keuangan lebih kepada perusahaan. “Segmentasinya lebih kepada perusahaan, karena Machine Learning memiliki peran penting dalam analisis data keuangan suatu perusahaan,” kata Rickent.

Baca juga : Alasan Machine Learning Populer di Tahun 2021

 

  • Memprediksi Suatu Tren

 

Kepintaran lainnya dari mesin yang satu ini adalah kemampuannya dalam memprediksi suatu pola. Pola yang dimaksud adalah pola dari berbagai data bisnis lainnya yang bisa didapatkan, diolah, dan kemudian dimanfaatkan untuk mencari tren bisnis atau perilaku pasar ke depan berdasarkan demografi, periode, musim, suhu dan cuaca, serta faktor lainnya. Kemampuan memprediksi untuk bisa mengambil keputusan yang tepat inilah disebut dengan predictive analytic.

 

  • Membantu Rekomendasi Produk

 

Hal lainnya kemampuan machine learning dalam mendongkrak pergerakan bisnis adalah menciptakan rekomendasi produk. Melalui cara ini konsumen akan mudah menemukan barang-barang yang kemungkinan hendak dibeli berdasarkan kebiasaan user atau konsumen saat mencari produk.

Dalam skala global, Amazon misalnya yang sudah lebih dulu mengadopsi rekomendasi machine learning ini. Dari berjuta-juta data konsumen, Amazon bisa memahami produk spesifik yang kemungkinan besar akan dibeli. Biasanya produk rekomendasi akan ada kolom ‘produk serupa yang mungkin anda suka’. Kini, pemanfaatan model seperti ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan, terutama mereka yang bergerak di bidang marketplace.

Baca juga : Module Baru : Peran Pengolahan Data dalam Bidang UMKM

 

  • Kenali Lebih Dekat Machine Learning dengan Belajar Data Science

 

Machine learning bisa kamu jumpai salah satunya dengan mempelajari data science. Meski begitu, ada tahapan dan juga beberapa kompetensi dasar yang perlu kamu pelajari dan pahami untuk bisa mengenal machine learning. Dengan belajar data science bersama DQLab, kamu bisa melatih kemampuanmu di bidang data science dengan mengerjakan sejumlah modul yang telah disediakan dan siap untuk kamu akses. Entah mulai dengan mempelajari Python, R, SQL, atau modul lainnya, semua tergantung dengan pilihanmu. Jadi, ayo mulai belajar data science bersama DQLab!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB