LogoDIGINATION LOGO

Kenapa UMKM Kini Butuh Machine Learning? Ini Alasannya!

author Oleh DQLab Jumat, 4 Juni 2021 | 16:03 WIB
Share
Share

 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah aktivitas usaha yang dijalankan perorangan maupun suatu badan usaha milik perorangan. Jika dibandingkan dengan usaha besar, tentu UMKM ini memiliki perbedaan dari segi jumlah karyawan, jumlah kekayaan bersih pelaku usaha, serta omset pertahun. 

Di Indonesia, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian negara. Sebab, sektor UMKM adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar, paling banyak menyerap lapangan kerja, dan bahkan relatif tahan terhadap krisis keuangan.

Dengan perubahan teknologi yang kian maju, kini para pelaku UMKM dapat mengembangkan dan memajukan usahanya dengan bantuan machine learning. Melalui teknologi ini, pelaku UMKM bisa mendapatkan maupun menganalisis feedback dari pelanggan, forecasting pasar, dan sebagainya. 

Machine learning itu sendiri merupakan bagian dari Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dimana komputer diberi input sejumlah data berukuran besar dan kemudian diolah menggunakan algoritma. Algoritma ini yang nantinya akan menemukan pola dan membuat prediksi yang akurat berdasarkan data yang telah diinput, tanpa adanya campur tangan manusia. Lalu, kenapa UMKM membutuhkan machine learning ya? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

 

  • Menciptakan Rekomendasi Produk

 

Dalam praktiknya, salah satu cara memaksimalkan machine learning dalam mengembangkan bisnis adalah dengan memanfaatkan sistem rekomendasi machine learning. Melalui cara ini konsumen akan mudah menemukan barang-barang yang kemungkinan hendak dibeli, berdasarkan kebiasaan konsumen saat mencari produk.

Dalam skala global, kita bisa melihat beberapa perusahaan besar yang sudah lebih dulu mengadopsi rekomendasi machine learning ini seperti Amazon dan Netflix. Sistem website Amazon telah menggunakan sistem rekomendasi machine learning untuk membantu konsumen. Dari berjuta-juta data konsumen, Amazon bisa memahami produk spesifik yang kemungkinan besar akan dibeli. Biasanya produk rekomendasi akan ada kolom ‘produk serupa yang mungkin anda suka’. Tak jauh berbeda, Netflix juga menggunakan sistem machine learning ini guna merekomendasikan film yang mungkin disukai oleh konsumen.

Kabar baiknya adalah sistem rekomendasi ini tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan layanan digital dan pemasaran online. Selamat mencoba!

Baca juga : Module Baru : Peran Pengolahan Data dalam Bidang UMKM

 

  • Filtering Data & Meminimalisir Aksi Penipuan

 

Dalam machine learning, algoritma klasifikasi dikenal dengan kemampuannya dalam mengelompokkan data. Data tersebut bisa berupa email masuk ke dalam kelompok email spam atau tidak dan mengelompokkan konten atau komentar yang diposting oleh user sesuai dengan usia, bertentangan dengan aturan platform, dan lain sebagainya.

Bukan hanya mengelompokkan data, algoritma klasifikasi ini juga ampuh untuk meminimalisir aksi penipuan. Algoritma ini dapat mendeteksi suatu transaksi keuangan termasuk ke dalam transaksi palsu atau tidak. Algoritma ini akan menganalisis pola transaksi yang terjadi, jika ada indikasi transaksi yang tidak normal, maka sistem akan memblokir transaksi tersebut secara otomatis. Canggih bukan?

 

  • Customer Service Online Otomatis

 

Selain fungsi-fungsi di atas, machine learning masih punya kegunaan lainnya, yakni dapat digunakan UMKM untuk mengotomatiskan layanan konsumen secara online. Hal ini rupanya merupakan salah satu penerapan artificial intelligence umum dalam bisnis. Sebagai contoh chatbot yang biasa kamu jumpai saat melakukan chatting dengan berbagai akun online shop. Dengan adanya customer service online, maka biaya untuk layanan konsumen lebih hemat biaya dan dapat dialokasikan untuk kegiatan lain. Chatbot ini dapat diintegrasikan ke email maupun nomor telepon konsumen. 

Baca juga : Belajar Data Science DQLab : Solusi Praktis Belajar #DiRumahAja

 

  • Belajar Data Science untuk Mulai Mengoperasikan Machine Learning

 

Tak heran jika kini banyak orang yang mulai tertarik untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan machine learning. Dengan memahami dan mengoperasikannya, tentu ini bisa menguntungkan bagi kamu yang melakoni peran sebagai pelaku UMKM. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengoperasikan machine learning adalah dengan mempelajari data science.

Dalam dunia data science, machine learning sudah jadi makanan sehari-hari. Oleh sebab itu, jika kamu memulainya dengan belajar data science, kamu pun juga akan bisa lebih dekat dengan machine learning. Bersama DQLab kamu bisa kok untuk mulai belajar data science secara praktis. Kursus online yang ditawarkan DQLab memungkinkan kamu untuk bisa belajar kapan saja dan dimanapun. Yuk, mulai sekarang!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE