LogoDIGINATION LOGO

Tren Desain Grafis 2021

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 2 Februari 2021 | 13:57 WIB
Share
Share

Sebagai seorang desain grafis kreator konten sudah tau belum tren desain yang bakal hadir menghiasi tahun 2021?

Tahun 2020 memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Tidak terlepas dari virus yang mengancam kesehatan, dampak pandemi Covid-19 pun berpengaruh pada ekonomi dan mental health manusia di seluruh negeri.

Sebagai harapan dan semangat pemulihan, beberapa tema desain muncul untuk menggambarkan   koneksi,kenyamanan hingga kesejahteraan.

Tentu, sebagai desain grafis dan kreator konten sejati, kamu tidak boleh melewatkan tren ini untuk ikut bersama memulihkan dunia melalui desain.

Berikut tema-tema desain yang bakal ngetrend di tahun 2021 :

1. Austere romanticism

Menurut Adobe, desain ini merupakan respons terhadap pandemi, seperti tren visual breath of fresh air. Desain ini memiliki sentuhan pada keindahan alam dengan sentuhan modern yang minimalis.

Baca juga : Garap Socmed, Untung Gede? Yuk Mulai Bentuk Tim Social Media Manager

Prediksi selanjutnya berkaitan dengan bentuk. Kotak, segitiga, dan lingkaran berujung lancip dan tegas. Berbeda dengan tren desain grafis tahun 2020 yang banyak menggunakan bentuk abstrak. Geometrik diharapkan menjadi desain yang menggambarkan lebih jelasnya kehidupan di tahun 2021.

3. Vintage vaporwave

Tren ini menggabungkan seni pop dan grafis stiker bergaris tepi, pastel cerah yang dipadukan dengan nada netral, dan elemen desain lo-fi. Desain ini menampilkan tema untuk kembali ke masa lampau. Bukan untuk menyesali kehidupan di masa kini, desain ini menunjukan kebahagiaan yang harus kita kenang selalu.

4. Duotone

Walau sudah sering diaplikasikan, pewarnaan duotone atau warna ganda juga masih bakal populer di tahun 2021. Duotone sejatinya merupakan teknik perpaduan dua warna kontras yang umum dilakukan di media cetak. Keindahan serta kemudahan pengaplikasiannya dalam berbagai medium membuat gaya duotone bakal tetap menghiasi berbagai elemen desain di tahun-tahun berikutnya.

5. Back to Bauhaus

Baca juga : Mau Uang Bulanan Kamu Bertambah? Bangun Karir di Bidang Fotografi Yuk

Desain Bauhaus berisi tata letak dan grafik seimbang yang menciptakan pesan langsung yang kuat. Tren ini juga kembali ke dasar desain, yang menampilkan bentuk geometris yang bersih, warna primer yang cerah, serta elemen yang kuat namun harmonis.

6. Cyberpunk

Tema desain ini penuh aroma futuristik yang diekspresikan dengan warna-warna cerah yang menarik pandangan mata. Cyberpunk sendiri adalah sebuah genre science-fiction yang menggambarkan kota-kota gelap dengan warna neon yang sangat futuristik.

7. Psychedelia

Jalur desain satu ini berakar pada musik dan aroma seni era tahun 1960-an. Abstrak psychedelia berkaitan erat dengan halusinogen serta eksperimen kreatif di bawah latar belakang huru-hara sosial. Di dalam pengaplikasiannya, desain ini banyak menggunakan warna berlebihan, dimana di dalamnya terkandung maksud bahwa ada cara untuk tetap membumi meski dalam keadaan yang tidak menentu.

 

Itu dia tema-tema desain yang bakal trend di tahun 2021, mana tema kesukaan mu?

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB