LogoDIGINATION LOGO

Ngantuk Saat Jam Kerja? Nggak Salah Kok!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 1 Februari 2019 | 13:10 WIB
Share
Ilustrasi power nap di kantor (shutterstock)
Share

Pernahkah kamu merasa mengantuk di tengah jam kerja? Lesu, mata berat sampai ingin meletakkan kepala di atas meja untuk tidur sejenak?

Mungkin sebagian orang memilih meminum kopi untuk mengatasi rasa kantuknya. Namun para ahli menyarankan untuk menyempatkan tidur siang singkat di sela-sela jam kerja, atau istilah populernya power nap.

Baca juga: Lebih Produktif di Era Digital? Bisa!

Studi menujukkan bahwa power nap memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh dan pikiran. Dilansir melalui Incpower nap bermanfaat untuk meningkatkan kinerja kognitif antara lain:

1. Mampu meningkatkan kreativitas dan kemampuan penalaran logis

2. Meningkatkan kapasitas belajar

3. Memperbaiki mood dan mengurangi stress

4. Meningkatkan mental alertness

Gabungan dari beberapa manfaat ini adalah kunci meningkatkan produktivitas kerja asal jangan lama-lama ya power nap nya. The Mayo Clinic merekomendasikan untuk melakukan power nap selama 10 hingga 30 menit saja.

Baca juga: 3 Cara Jitu Liburan Produktif Bagi Enterpreneur

Ilustrasi power nap di kantor (shutterstock)

Bagaimana cara power nap di kantor?

Power nap nggak harus dilakukan di kasur atau sofa empuk, kamu bahkan bisa juga melakukannya di meja kerjamu. Namun sebelumnya ada beberapa hal perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan manfaat power nap secara maksimal. Berikut tipsnya

Pilih waktu dan durasi yang tepat

Sebagian besar para ahli merekomendasikan waktu ideal untuk melakukan power nap adalah antara pukul 13:00 hingga 15:00 atau setelah makan siang dengan durasi 10 hingga 30 menit saja. Lebih dari itu, kamu akan masuk ke tahap tidur lelap yang dapat membuat kepalamu terasa pening ketika terbangun nanti.

Temukan tempat terbaik 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, atur suasana tempat tidurmu. Pastikan ruangan sepi, redup dan sejuk. Riset menunjukkan bahwa lingkungan seperti ini adalah tempat paling kondusif untuk tidur. Agar tidak terganggu oleh suara-suara aktivitas karyawan lain gunakan earphone untuk meredam suara. Hal yang paling penting, pastikan kamu sudah mendapat izin dari atasan ya.

Baca juga: Kata Siapa Kerja Dari Rumah Nggak Produktif?

Ilustrasi power nap di kantor (shutterstock)

Minum kopi sebelum tidur

Biohackers adalah orang di balik ide "coffee nap", yaitu meminum secangkir kopi sebelum power nap selama 20 menit. Menurutnya kafein membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat diserap tubuh. Konsepnya, kafein akan masuk ke dalam tubuh saat tidur. Sehingga ketika bangun tubuh akan lebih segar.

Tenangkan pikiran

Jika sulit untuk memejamkan mata, coba tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan perlahan lewat mulut. Agar kamu rileks dan tenang.

Tidur siang bukan berarti malas. Nyatanya power nap memiliki manfaat positif bagi produktivitas kerjamu. 

Baca juga: Ternyata Bisa, Liburan Tapi Tetap Produktif!

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Business Insider, INC
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB