LogoDIGINATION LOGO

Ngasih Makan Ikan Lewat Smartphone? Bisa!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Minggu, 16 Desember 2018 | 10:00 WIB
Share
Ilustrasi memacing (Shutterstock)
Share

Menyongsong revolusi industri 4.0, Indonesia mulai berbenah. Roadmap (peta jalan) Making Indonesia 4.0 diluncurkan sebagai strategi mempercepat pengembangan manufaktur nasional agar mampu bersaing di pasar global di tengah era digital saat ini. Penguasaan teknologi menjadi kunci penentu. Salah satu teknologi utama penopang pembangunan industri 4.0 adalah Internet of Things atau IoT

"IoT menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung roadmap pemerintah Indonesia, Making Indonesia 4.0," ujar Andi Kristianti, Vice President Corporate Planning Telkomsel dalam rilis yang diterima Digination.id.

Berkolaborasi dengan eFishery, Japfa dan pemerintah provinsi Jawa Barat, Telkomsel berusaha mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia dengan mewujudkan Digital Innovation Village. Desa digital ini merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses dan pelayanan informasi.

Baca juga: Gini Lho, Cara IoT Merevolusi Industri Logistik

Penggunaan IoT dalam industri perikanan (Telkomsel)
Dalam program desa digital di Desa Puntang, Kecamatan Losarang, Indramayu, Jawa Barat, teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) dan mesin automatic fish feeder dimanfaatkan dalam pembudidayaan perikanan. Penerapan teknologi ini mampu mensimplifikasi proses pemberian makan ikan hingga dapat dipantau secara mudah melalui aplikasi smartphone.

"Melalui kolaborasi antara Telkomsel, eFishery dan Japfa membuktikan bahwa teknologi IoT kini sudah memasuki seluruh sendi-sendi kehidupan, tidak hanya di industri besar tetapi juga dapat diterapkan ke industri kecil termasuk sektor perikanan, " lanjut Andi.

NB-IoT sendiri merupakan teknologi telekomunikasi yang dirancang khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif dan coverage jaringan telekomunikasi semakin luas. Teknologi radio akses NB-IOT dikenal juga sebagai salah satu jenis jaringan Low Power Wide Area (LPWA), yang memungkinkan perangkat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa pengisian ulang daya baterai.

Baca juga: Akselerasi Industri 4.0, Telkomsel Luncurkan Pusat Inovasi IoT Lab Pertama di Indonesia

Persemian Kampung Perikanan Digital di Desa Puntang Losarang Indramayu (Telkomsel)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan program desa digital ini adalah bagian dari skenario pemerintah Jawa Barat dalam mendukung terwujudnya revolusi 4.0 di Indonesia. Menurutnya, lewat program ini masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi digital untuk meningkatkan pendapatan serta mengembangkan potensi desa.

"Tak hanya urusan wifi-wifi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem," katanya.

Baca juga: Sebagai Investasi Bisnis, IoT Butuh Aspek Data Waktu

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Kemajuan dunia media tidak bisa lepas dari peran teknologi di dalamnya. Teknologi canggih ini membantu meningkatkan mutu perawatan kesehatan untuk lebih baik lagi. Lalu apa saja teknologi yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan? Berikut 10 daftarnya.

Sabtu, 3 November 2018 | 16:00 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB