LogoDIGINATION LOGO

Asisten Google Tiru Stiker Angkot

Oleh Alfhatin Pratama Minggu, 2 Desember 2018 | 12:30 WIB
Share
Google Assistant beraksi (Google)
Share

Anda sopan kami segan. Anda asyik, kami santai. Anda usik, kami bantai!

Begitu bunyi stiker yang kerap tertera pada berbagai angkutan umum jenis angkot. Di balik stiker passive aggressive itu sebenarnya tersembunyi pelajaran yang berharga soal sopan santun. Hal yang sering dikeluhkan oleh generasi jaman old pada anak jaman now.

Rupanya, filosofi yang serupa juga sedang diterapkan oleh Google Assistant. Seperti dikabarkan lewat blog resminya, Google menghadirkan update untuk Assistant yang dimaksudkan untuk mendorong perilaku sopan dari penggunanya.

“Kami menambahkan fitur bernama Pretty Please. Ucapkan ‘please’ atau ‘thank you’ saat memakai Assistan dan Anda akan mendapatkan balasan yang menyenangkan,” tulis Lilian Rincon, Product Management Director, Google Assistant.

Stiker Anda Sopan, Kami Segan (Sticker Tangerang/Tokopedia)

Baca juga: Ini Pelajaran Bisnis dari SpongeBob SquarePants

Dalam tulisan itu, Rincon mencontohkan jika pengguna mengucapkan ‘Hey Google, please set a timer for 5 minutes.’ maka jawabannya akan ‘Thanks for asking so nicely. Alright, 5 minutes. Starting now.'

-

 

Update itu seakan mengatakan, selama ini perilaku konsumen pada asisten virtual mirip majikan yang menyuruh-nyuruh pembantu ala-ala film drama 1980-an. Tapi, sebenarnya, tidak sedikit juga kok pengguna yang cenderung bercanda atau curhat dengan Google.

Serial TV populer The Big Bang Theory, misalnya, pernah menjadikan asisten virtual sebagai target asmara salah satu tokohnya. Memang sih, yang ‘dipacari’ waktu itu adalah Siri bukan Google Assistant.

Atau, lihat saja berbagai meme yang kadang muncul soal Google Assistant di internet. 

Ketika Google Assistant jadi teman baikmu (me.me)

Baca juga: Belajar dari 5 Produk Gagal Google

Update yang menganut filosofi ala stiker angkot itu dihadirkan Google menjelang musim liburan akhir tahun. Selain soal sopan-santun itu, ada juga beberapa hal lain yang diperbarui.

Misalnya, ada fitur lirik tersinkronisasi untuk Smart Displays saat memainkan musik dari Google Play Musik. Ada juga fitur bertema Natal seperti berbincang dengan Santa.

Bagaimana, kalau ada yang seperti ini, apakah kamu mau berlaku lebih sopan pada aplikasi atau perangkat yang kamu pakai?

Baca juga: Google Blokir Ekstensi 'Nakal' di Chrome

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Google Blog
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB