LogoDIGINATION LOGO

8 Fakta Seru di Balik Ulang Tahun Google ke-20

Oleh Alfhatin Pratama Minggu, 30 September 2018 | 12:25 WIB
Share
Doodle Ulang Tahun Google (Google)
Share

Siapa yang menyangka sebelumnya bahwa Larry Page dan Sergey Brin memulai perusahaannya dari sebuah garasi rumah. Bulan september ini, Google genap berumur 20 tahun. Selama dua dekade, perusahaan asal California, Amerika Serikat itu telah berkembang dan bertransformasi secara total. Baik dalam ukuran kantor, profit, maupun ambisinya.

Berikut ini adalah delapan hal, dilansir CNBC, yang harus kamu ketahui tentang Google yang sudah berumur dua dekade:

Pertama, Google memiliki delapan produk dengan satu miliar pengguna. Mesin pencarian Google, tentu saja. Produk lainnya adalah Gmail, Google Chrome, YouTube, Google Maps, Android, Play Store. Selain itu, produk Google Drive dua bulan yang lalu telah mencapai satu miliar pengguna. Padahal produk yang memiliki layanan penyimpanan dokumen ini baru diluncurkan tahun 2012.

Baca juga: Google: Ekonomi Digital Asia Tenggara Tumbuh Lebih Cepat dari Prediksi

Kedua, berdasarkan data StatCounter GlobalStat, bulan Agustus 2018 mesin pencari Google menguasai pangsa pasar sebanyak 90,91% di dunia. Disusul oleh bing dengan 3,18%, Yahoo! dengan 2,46%, Baidu dengan 1,37%, dan mesin pencari asal Rusia, Yandex dengan 0,58%.

Ketiga, sistem operasi ponsel Android-nya, berdasarkan data StatCounter GlobalStat bulan Agustus 2018, menguasai 76,82% pangsa pasar di seluruh dunia. Disusul oleh iOS dengan 20,45%, Windows dengan 0,4%, dan Samsung dengan 0,28%.

Keempatbrowser atau peramban Google Chrome, juga berdasarkan data StatCounter GlobalStat bulan Agustus 2018, menguasi 59,67% pangsa pasar di seluruh dunia. Disusul oleh Safari dengan 14,51%, UC Browser dengan 6,28%, Mozilla Firefox dengan 4,93%, dan Opera di posis terakhir dengan 3,5%.

Kelima, berdasarkan kajian eMarketer yang dipublikasi bulan Februari 2018, layanan video YouTube mencapai 90% dari penonton video digital di seluruh dunia. Angka ini tidak termasuk warga Tiongkok. Dalam hasil penelitian ini juga dinyatakan bahwa 1,58 miliar orang menonton video di YouTube setidaknya satu bulan sekali. Tahun ini, jumlah pengguna YouTube di seluruh dunia akan meningkat 7,5%.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu

Keenam, menurut eMarketer, secara keseluruhan, Google akan menyumbang 37,1% dari seluruh pendapatan iklan digital Amerika Serikat tahun ini.

Ketujuh, sulit untuk menghindari sebuah produk yang berkaitan dengan Google karena Google juga melayani iklan pada lebih dari 2 juta situs web pihak ketiga, menjangkau lebih dari 90% orang di internet.

Kedelapansecara finansial, perusahaan induk Alphabet yang membawahi Google terus mendekati USD 1 triliun kapitalisasi pasar. Tahun lalu, pendapatannya USD 110,9 miliar, dengan 99% penghasilan berasal dari Google.

Baca juga: 4 Perusahaan Ini Kuasai Hampir Semua Unicorn di China

Selamat ulang tahun buat Google!   

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: CNBC
TAGS
RECOMMENDATION

Komitmen Google Kembangkan Startup Lokal

Google membantu mengembangkan ekosistem startup di Indonesia melalui program Google Developers Launchpad dan investasi pada startup potensial.

Sabtu, 8 September 2018 | 17:25 WIB
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB