LogoDIGINATION LOGO

Apa Sih Strategi Jitu Marvel di Content Marketing?

Oleh Alfhatin Pratama Jumat, 16 November 2018 | 17:10 WIB
Share
Ilustrasi Marvel (Shutterstock)
Share

Berdasarkan data dari Statista tahun 2018, Content Marketing menjadi strategi yang paling efektif di dunia untuk melakukan pemasaran di era digital. Hal ini menunjukkan bahwa Content Marketing menjadi strategi pemasaran yang ampuh dan harus diperhitungkan untuk mendekatkan diri kepada konsumen. 

Marvel, sebuah perusahaan yang awalnya hanya memproduksi komik, sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan raksasa. Perusahaan ini memiliki strategi content marketing yang kuat, mulai dari peralihan media yang digunakan hingga iklan yang mereka buat untuk menarik masyarakat menonton film layar lebar yang diproduksinya. Dari Marvel, setiap orang juga bisa mencari dan mendapatkan inspirasi tentang content marketing. Digination.id telah merangkumnya menjadi poin-poin berikut ini.

Bangun merek melalui konten

Marvel tidak seperti sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu. Mereka telah mengambil kesempatan untuk membangun dan mengembangkan merek mereka dalam beberapa dekade. Ketika memasuki dunia content marketing, Marvel sulit terkalahkan dengan strateginya. Cara utama mereka bertahan hidup adalah menciptakan konten yang sangat baik. Contohnya, superhero Marvel yang ditampilkan dalam komik memiliki unsur-unsur karakter dan kisah yang berbeda ketika ditampilkan dalam layar kaca TV Series atau layar lebar.

Dengan produksi konten yang sangat kuat secara terus-menerus, mereka membangun mereknya menjadi luar biasa kuat. Membangun merek melalui konten seperti  Marvel memang tidak mudah. Tetapi, mulailah coba untuk mengaplikasikannya dalam web, blog, media sosial atau media lainnya. Dengan konten yang kuat, bisnis juga akan dipercaya oleh masyarakat luas.

Baca juga: 10 Tips Branding Bisnis Lokal dengan Budget Minimal

Ilustrasi Content Marketing (Shutterstock)

Jangan itu-itu saja

Marvel menyediakan banyak bentuk konten untuk para penggemarnya. Mereka tidak hanya membatasi diri pada konten berbasis cerita. Jika kamu bukan penggemar komik, tidak perlu khawatir karena film-film Marvel yang hadir dalam TV Series atau  layar lebar juga tidak kalah seru. Mereka menyediakan akses ke berbagai media untuk tetap menarik hati para penggemarnya.

Menyediakan berbagai bentuk konten adalah cara yang baik untuk tidak hanya membuat  konsumen tetap setia tapi juga dapat menjangkau basis konsumen yang lebih luas. Dengan demikian, konsumen baru akan berdatangan dan pendapatan akan meningkat secara signifikan. Jangan pernah membatasi diri untuk membuat konten, jadilah seperti Marvel!

Rencana jauh ke depan

Ketika memasuki dunia perfilman layar lebar, Marvel memilki visi yang luar biasa untuk  menampilkan timeline tentang waktu rilis film-film layar lebarnya. Walaupun belum disebutkan judulnya, hingga 29 Juli 2022 mereka sudah merencanakan akan menerbitkan film-film tersebut. Marvel selalu merilis berita tentang film yang akan datang dalam berbagai fase, mungkin kita juga akan mengetahuinya dalam waktu dekat.

Apa yang ditunjukkan oleh Marvel adalah contoh yang baik untuk mempersiapkan hal yang diingini konsumen dan merencanakan sebuah bisnis, khususnya strategi content marketing, jauh ke depan. Langkah seperti ini memang terlihat konyol tapi masyarakat akan menandai kalender mereka dan menunggu produk yang akan datang.

Baca juga: 10 Langkah Bikin Bisnis Sejak Mahasiswa

Ciptakan simbol yang dapat melekat di pikiran dan hati

Dalam memproduksi kontennya, Marvel membuat simbol yang unik agar selalu hadir dalam pikiran dan hati penggemarnya. Contohnya, simbol yang diciptakan membantu mengatur bagaimana perbedaan superhero dan penjahat agar mudah dikenali untuk para penggemar. Simbol ini membantu mendorong hubungan pribadi antara penggemar dan karakter yang diciptakan.

Strategi content marketing seperti itu dapat membantu memromosikan merek. Ketika mereka sudah dikenal dengan bantuan simbol, penjualan akan meningkat  tanpa harus menciptakan konten yang banyak. Ciptakanlah sesuatu yang unik untuk bisnis agar dapat dikenal masyarakat. Menjadi dikenal adalah cara untuk mendatangkan pelanggan baru.

Baca juga: 6 Keuntungan Social Media Marketing Bagi Bisnismu

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Express Writers, Marvel
TAGS
RECOMMENDATION

Belajar dari Disney, Kekuatan Storytelling dalam Content Marketing

Gelaran Social Media Week (SMW) Jakarta 2017 hari ini, Jumat (15/9/2017) menghadirkan Matt Briant, Head of Social Media, Southeast Asia Disney, dalam konferensi bertajuk “Disney Reveal: The Forces of Storytelling, Fanbase Building And Content Market

Jumat, 15 September 2017 | 11:45 WIB
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB