LogoDIGINATION LOGO

Nih, Strategi Content Marketing Yahud!

Oleh Alfhatin Pratama Jumat, 26 Oktober 2018 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi Content Marketing (shutterstock)
Share

Dunia pemasaran terus berubah seiring bermunculannya alat dan teknologi baru. Berdasarkan data Technovio, industri content marketing global diprediksi akan mencapai angka valuasi USD400 Miliar tahun 2021.

Angka tersebut menunjukkan pentingnya Content Marketing di era digital sebagai salah satu strategi utama dalam pemasaran. Strategi ini sangat komprehensif karena mencakup seluruh konten yang diunggah di blog, situs resmi, dan media sosial, termasuk tim media dan humas sendiri, serta analisis mendalam lainnya tentang pemasaran. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan penjualan dan memaksimalkan daya tarik investor pada bisnismu. 

Di bawah ini, Digination.id telah merangkum tiga hal yang harus kamu ketahui tentang Content Marketing.

Baca juga: Sst, Ini Lho, Rahasia Marketing Apple!

1. Content Marketing mengambil alih dunia pemasaran

Content Marketing adalah fenomena yang relatif baru sekaligus mengubah cara pemasaran itu sendiri. Awalnya, pemasaran hanya diartikan sebagai percakapan satu arah, dari pebisnis ke konsumen. Ketika pebisnis sudah menjual produknya kepada konsumen dan konsumen menerimanya, maka selesailah hubungan antara kedua pihak itu. Seiring berjalannya waktu, makna pemasaran yang konvensional itu berubah. Pemasaran, dengan strategi Content Marketing, dimaknai sebagai percakapan dua arah antara pebisnis dan konsumen. 

Beberapa tahun yang lalu sebelum artikel ini dibuat, banyak pebisnis menggunakan content marketing sebagai strategi sampingan. Sekarang, Content Marketing telah mengambil alih dunia pemasaran dan menjadi salah satu cara terbaik yang harus dimiliki pebisnis.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan kepercayaan langeng dari konsumen, membangun citra merek, meningkatkan lalu lintas situs, dan prospek yang menguntungkan lainnya. Content Marketing dapat dikatakan sebagai pemasaran masa kini. Pemasaran dikatakan efektif ketika kamu dapat memahami konten untuk produkmu, melanggengkan hubungan bisnis dengan pelangganmu, dan meraih kesuksesan dari semua itu.

Baca juga: Yap! Nih Trik Marketing Crazy Rich Asians

Ilustrasi membuat strategi Content Marketing (shutterstock)

2. Content Marketing yang sukses butuh strategi yang mendasar

Content Marketing memang penting tapi kamu juga harus butuh strategi yang mendasar agar pemasaran jadi maksimal. Dengan tren penjualan yang selalu berubah, konten memainkan peran kunci dalam menarik pelanggan baru. Tetapi, satu strategi Content Marketing juga tidak bisa digunakan oleh model dan tujuan bisnis yang berbeda. Pastikan kamu tidak meniru strategi Content Marketing milik perusahaan lain. Kamu harus punya strategi sendiri untuk memenangkan pemasaran sesuai dengan model dan tujuan bisnismu.

Sebelum mengeksekusi strategimu, ada baiknya kamu melakukan pengujian terhadap strategi Content Marketing-mu, apakah sudah sesuai dengan model dan tujuan bisnismu atau belum. Contohnya, kamu bisa melakukan pengujian secara online di Influence&Co

Baca juga: Yakin, Strategi Beriklanmu Sudah Oke?

3. Jangan lupa distribusikan kontenmu

Dalam pemasaran sekarang ini, konten menjadi aspek yang penting. Pendistribusian konten akan tetap menjadi komponen paling penting dari setiap strategi Content Marketing yang kamu miliki. Konten terbaik sekalipun tidak akan berguna jika tidak ada yang melihatnya. 

Content Marketing sangat membantu bisnismu untuk sukses. Kamu juga harus kreatif supaya konten yang dibuat menjadi konten yang tepat bagi banyak pelanggan. Dengan sendirinya, strategi ini juga mendorong pelanggan melakukan pemasaran dari mulut ke mulut.

Siap membuat strategi content marketing-mu sendir?

Baca juga: Strategi Marketing Ala Lazada Bantu Branding Produk Mitra

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Forbes, Content Marketing Institute
TAGS
RECOMMENDATION

Belajar dari Disney, Kekuatan Storytelling dalam Content Marketing

Gelaran Social Media Week (SMW) Jakarta 2017 hari ini, Jumat (15/9/2017) menghadirkan Matt Briant, Head of Social Media, Southeast Asia Disney, dalam konferensi bertajuk “Disney Reveal: The Forces of Storytelling, Fanbase Building And Content Market

Jumat, 15 September 2017 | 11:45 WIB
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB