LogoDIGINATION LOGO

Nih, Trik Pemasaran Low Budget

Oleh Ana Fauziyah Senin, 29 Oktober 2018 | 11:15 WIB
Share
ilustrasi pemasaran di paltform digital (shutterstock)
Share

Mendirikan startup bagi pemula memiliki  tantangan tersendiri, salah satunya pendanaan. Karena bujet terbatas, promosi dan iklan pun tersendat. Jangan menyerah dulu! Dana yang terbatas seharusnya mendorongmu lebih kreatif menyusun strategi pemasaran.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis dengan trik pemasaran low budget karena pemasaran yang efektif mestinya, sih, tidak menghambur-hamburkan uang. Gunakan prinsip modal seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Berikut 5 trik pemasaran hemat bagi startup yang Digination.id rangkum untukmu.

Baca juga: Inilah Empat Tips Sukses Berbisnis Start Up

  1. Manfaatkan koneksi

Trik pertama pemasaran hemat adalah memanfaatkan koneksi yang kamu punya dengan sebaik-baiknya. Orang-orang yang kamu kenal merupakan target utama pemasaran bisnismu. Mulailah dengan mengenalkan bisnismu di lingkaran pergaulanmu, baik itu koneksi dari jaringan pertemanan pribadi mauupun profesional.

Membangun networking merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif. Untuk mendapatkan jaringan yang lebih luas, kamu harus berusaha untuk dikenal oleh para pelaku bisnis, pengusaha sukses dan influencer di bidang yang kamu geluti. Follow akun media sosial mereka dan berikan komentar di status atau post mereka. Datangi acara-acara meet up dan berinteraksilah dengan mereka, dan, yap! perkenalkan bisnismu. Lambat laun kamu akan dikenal dan mendapat tempat di "lingkaran" mereka.

  1. Manfaatkan media sosial

Di zaman now ini, media sosial telah menjadi kendaraan utama perusahaan dalam mengenalkan bisnis mereka pada konsumen. Media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, atau YouTube telah memiliki jutaan pengguna loyal. Karenanya, kamu juga harus memanfaatkan kekuatan itu untuk merangkul sebanyak mungkin pelanggan.

Pelajari cara-cara beriklan di media sosial sesuai karakter masing-masing. Pemasaran melalui media sosial mempunyai dua kunci utama yaitu, pertama, ketahui siapa yang ingin kamu jangkau, dan kedua, buatlah konten menarik yang sesuai dengan audiensmu.

Baca juga: Trik Pemasaran eFishery, Tak Cukup Ngiklan di Facebook

ilustrasi tips dan trik bisnis (shutterstock)

  1. Pekerjakan mahasiswa magang

Di masa awal mendirikan startup, tentunya jangan hanya fokus pada pemasaran saja karena ada tugas operasional dan manajerial lainnya. Pada sisi lain, dana yang terbatas tidak memungkinkan untuk menambah personil baru.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memperkerjakan mahasiswa sebagai pekerja magang. Tentu saja gaji untuk mahasiswa magang jauh lebih rendah daripada pekerja penuh waktu. Win win solution-nya, kamu bisa menghemat biaya pekerja sementara si mahasiswa bisa belajar mengaplikasikan ilmunya plus menambah uang saku.

  1. Menyebarkan siaran pers

Wartawan butuh berita dan kamu butuh pemberitaan, jadi manfaatkan prinsip ini sebagai bagian dari pemasaran startupmu. Orang-orang butuh membaca berita secara teratur. Jika kamu punya sesuatu yang memiliki value untuk diberitakan, media dengan senang hati akan melaporkannya.

Siaran pers adalah cara paling hemat untuk membuat bisnis, merek dan produkmu dikenal. Mulailah dengan membuat jaringan di antara para wartawan. Saat kamu sudah dikenal dan mempunyai kontak mereka, hubungilah dan kirimkan e-mail siaran pers kepada mereka. Jika siaran persmu dimuat di media mereka, maka kamu sudah mendapatkan promosi gratis.

Baca juga: Trik Sederhana Uji Coba Pasar Secara Gratis

  1. Gunakan referral

Trik selanjutnya untuk pemasaran hemat biaya adalah dengan menggunakan referral, sistem di mana kita akan membawa (refer) pengunjung, pembeli atau orang baru ke situs atau aplikasi tertentu. Jika orang baru tersebut berminat menjadi anggota, maka akan ada komisi yang diterima oleh si pembawa. Strategi ini dinilai sangat efektif karena menurut suatu penelitian, orang 4x lebih mungkin membeli produk ketika mendapat rujukan dari temannya.

Kamu mau coba?

Baca juga: Nih, 5 Tips Sukses Jualan Online

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Neil Patel, Startup Nation
TAGS
RECOMMENDATION

3 Tips Ubah Masalah Pelanggan Jadi Sukses

Menggunakan poin permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan bisa menjadi sebuah kesuksesan bisnis, namun kita harus menyentuh bagian terdalam dari konsumen, yang sebagian besar adalah kebutuhan khusus

Selasa, 24 April 2018 | 16:37 WIB

Pikat Milenials dengan Trik Ini

Di era di mana kita bisa berbelanja tanpa meninggalkan rumah,  generasi milenial adalah menjadi rajanya

Rabu, 8 Agustus 2018 | 03:31 WIB
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB