LogoDIGINATION LOGO

Nih, 5 Tips Sukses Jualan Online

author Oleh Alfhatin Pratama Rabu, 19 September 2018 | 08:30 WIB
Share
Ilustrasi Mendapatkan Uang (Shutterstock)
Share

Di era digital, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah berjualan online. Siapapun bisa memulainya, baik modalnya cekak atau berkantong tebal, bahkan perusahaan yang sudah mapan dan belum berjualan online. Cara ini juga bisa kamu jadikan penghasilan utama ataupun sampingan saja.

Media yang digunakan untuk berjualan online cukup banyak. Kalau kamu ingin berjualan, bisa memilih sesuai apa keinginanmu atau yang kamu anggap paling menguntungkan. Bisa melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook Page. Bisa juga melalui marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

Di sisi lain, kita harus menyadari bahwa berjualan online terkadang tidak mudah seperti yang dibayangkan banyak orang. Berbagai tantangan harus kamu lalui untuk meningkatkan penjualan toko onlinemu. Salah satunya adalah persaingan harga. Tidak sedikit toko online yang menawarkan harga murah dengan kualitas barang yang bagus. Tetapi, tidak sedikit pula yang menawarkan harga murah dengan kualitas barang yang juga 'murahan'.

Baca juga: Belajar Jago Jualan Online Bersama Kelas Ngelapak

Tantangan yang lain yang dihadapi oleh seorang yang ingin memulai bisnis online adalah jenis produk. Kamu harus memiliki produk yang kreatif dan inovatif. Jika itu sulit, kamu bisa gunakan alternatif lain yaitu memanfaatkan tren penjualan yang ada. Contohnya, seperti  dilansir Koin Works, tren produk yang populer di marketplace Indonesia tahun 2018 ada 8 macam. Antara lain shapewear, aksesoris smartphone, bulu mata serum, jam tangan minimalis, ransel/ backpack, proyektor/ LED Portable, masker wajah, dan alat makeup.

Berikut beberapa tips dari Dimas Pradana, pemilik toko online yang menjual replika peralatan militer selain menjual sarung tangan dansepatu. Lewat toko online-nya yang bernama Army Kingdom, Dimas memanfaatkan peluang tersebut karena tren penjualan ransel yang ramai di Indonesia. Berikut beberapa tips darinya...

ilustrasi kolaborasi (Shutterstock)

1. Ikuti Komunitas Penjual

Komunitas penjual dijadikan tempat untuk saling berbagi ilmu pengetahuan. Dengan mengikuti komunitas penjual, kamu bisa belajar dengan siapa saja, seperti penjual yang jauh lebih mahir daripada kamu. Kamu bisa juga belajar mengenai apa saja, seperti cara melakukan promosi yang baik supaya produk yang kamu jual bisa laku di marketplace. Belajar terus dan jangan lupa sambil dipraktekkan.

2. Kuatkan Branding Toko

Buatlah konsumen percaya dengan toko online-mu. Kamu bisa menampilkan gambar produk-produk yang kamu jual dengan kualitas foto yang bagus. Jangan gunakan foto yang diambil dari toko sebelah, ya!

Baca juga: Bingung Mau Jualan Online? Titipin.id Aja

3. Pelayanan dengan Respon Cepat

Respon semua pelangganmu, tanpa terkecuali, dengan cepat. Walaupun kamu akan menemukan beberapa pelanggan yang tidak sabar untuk menunggu balasan pertanyaan mereka, kamu harus lebih sabar untuk setia melayani mereka. Dengan demikian, pelanggan akan setiap terhadapmu.

iliustrasi mengejar target (Shutterstock)

4. Jangan Menunda Pengiriman

Ketika pelanggan sudah melakukan pembayaran, jangan coba untuk menunda pengirimannya karena di marketplace, segala proses jual-beli terekam. Jika kamu menundanya, kamu akan mendapatkan rating yang jelek dan akan mempengaruhi pelanggan lain untuk membeli di toko online-mu. Pelanggan lamamu juga akan kabur.

5. Meminta Review dari Pelanggan

Setelah produkmu sampai di tangan pelanggan, jangan lupa untuk minta review yang baik dari pelangganmu. Review sangat berguna untuk mempengaruhi kepercayaan pelanggan  baru yang ingin berbelanja di toko online-mu. Cari lah review sebanyak-banyaknya.

Dimas saja sudah memulainya, kamu kapan?

Baca juga: Saat Belanja Online, Kamu Pilih Kurir Apa?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

40 Istilah Dalam Cryptocurrency

Bicara aset, cryptocurrency, dan pom-pom, sebenarnya apa sih itu? Ini dia pengertian cryptocurrency dan istilah lainnya.

Kamis, 4 Maret 2021 | 07:17 WIB