LogoDIGINATION LOGO

Hadapi Serbuan Produk Impor, Genjot Local Makers

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Kamis, 30 Agustus 2018 | 11:45 WIB
Share
ilustrasi (Shutterstock)
Share

Indonesia memiliki kekayaan budaya lokal yang sangat beragam. Di setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Hal ini turut berpengaruh pada seni kriya atau kerajinan tangan yang dihasilkan.

Mewarisi budaya yang bernilai tinggi, seni kriya di Indonesia sudah terkenal di dunia internasional. Bahkan Indonesia menduduki posisi ke 3, industri kreatif terbesar di dunia.

Di sisi lain, pelaku kerajinan lokal ini juga harus menghadapi transformasi ekonomi dari tradisional ke digital. Apalagi dibarengi dengan barang impor yang terus membanjiri pasar, produk lokal harus siap bersaing.

Benny Fajarai, founder Qlapa, mengatakan kerajinan lokal Indonesia tidak kalah dengan produk impor, karena keunikan dan kualitasnya. Selain itu kreativitas dan inovasi harus terus digenjot agar tidak tertinggal dengan brand luar negeri.

Semangat itu yang diterapkan olehnya di Qlapa. Marketplace produk buatan tangan asli Indonesia itu menjunjung tinggi prinsip transparansi, kualitas dan kebersamaan. Setiap produk yang dijual di marketplace ini harus diseleksi terlebih dahulu untuk menjamin mutunya.

Benny Fajarai, CEO & co-founder Qlapa (dok. Qlapa)

Baca juga: 10 Tips Branding Bisnis Lokal dengan Budget Minimal

"Kita seleksi, interview (pembuatnya) dan (periksa) akurasi produknya. Kita pastikan bahwa produk tersebut handmade, benar-benar produk sendiri tidak dropship. Makers harus mengerti cara membuatnya untuk menjaga kualitasnya," tegasnya.

Qlapa secara resmi dibuka pada November 2005, Benny mendirikannya bersama Fransiskus Xaverius sebagai CTO. Untuk memulai ini, Benny mengaku harus bergerilya demi menghidupkan usahanya itu. Dimulai dengan berkeliling daerah-daerah potensi kriya di Indonesia seperti Jogja dan Bali menggunakan motor, melihat dan mengajak secara langsung pengrajin.

"Di awal-awalnya untuk mencari seller saya keliling, muter-muter ke daerah-daerah seperti Jogja naik motor ke daerah-daerah melihat secara langsung pengrajin, mengajak pengrajin untuk bergabung dari mereka yang gagap teknologi, " jelas Benny, CEO dan Co-Founder Qlapa.

Tentu pada awalnya tidak semuanya mau bergabung di Qlapa. Namun ia terus melakukan itu hingga mampu mengumpulkan 300 pengrajin sebagai pengguna awal. 

Berawal dari jumlah itu, sekarang Qlapa telah memiliki lebih dari 4.000 pengrajin, ratusan ribu produk yang ditawarkan dan miliaran rupiah transaksi setiap bulannya. Di Qlapa berbagai produk buatan tangan tersedia, seperti kemeja batik, tenun, tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan, dekorasi rumah, dan produk buatan tangan lainnya.  

Baca juga: 3 Tantangan Utama Pebisnis Lokal

Homepage Qlapa

 

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Brand Lokal Pun Berpotensi Luar Biasa

Produk-produk lokal sebenarnya tidak kalah dengan produk besutan luar negeri, bahkan banyak potensi yang luar biasa yang tersimpan di dalamnya

Rabu, 11 Juli 2018 | 16:19 WIB

9 Cara Jadi Jagoan di Pasar Lokal

Kamu sedang berpikir untuk ekspansi ke mancanegara? Padahal, produk kamu belum jadi jagoan di negeri sendiri? Yuk, coba local marketing dulu

Minggu, 12 Agustus 2018 | 06:51 WIB

3 Tantangan Utama Pebisnis Lokal

Ekonomi akan terus tumbuh dan menguat. Hal ini tentu saja akan berdampak pada bisnis lokal. Apa saja yang akan berubah?

Kamis, 23 Agustus 2018 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB