LogoDIGINATION LOGO

Fintech dan 3 Tren Baru di Era Digital 2017

author Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 7 September 2017 | 05:45 WIB
Share
Perkembangan layanan keuangan berbasis teknologi atau fintech terbilang cepat
Share

Perkembangan layanan keuangan berbasis teknologi atau fintech terbilang cepat. Dalam beberapa dekade nanti fintech  akan mengubah seluruh aspek pembayaran. Pertumbuhan insustri fintech mulai terlihat dari tahun ke tahun.

Pada 2013 estimasi pertumbuhan investasi terhadap perusahaan fintech secara global diperkirakan menyentuh 3 miliar dollar AS. Nilai investasi kemudian naik pada 2014 hingga menyentuh angka 12 miliar dollar AS. Selanjutnya, pada 2015 terus meningkat menjadi lebih dari 20 miliar dollar AS.

Tak diragukan lagi, banyak organisasi dan pelopor fintech yang percaya kemajuan industri fintech menjadi pertanda adanya peluang dan tantangan besar di masa depan. Selain itu, berkembangnya ekosistem fintech ternyata memunculkan tren baru pada 2017.

 

Bank Berkolaborasi dengan Startup Fintech

Awalnya, fintech bersaing langsung dengan bank. Namun, pada 2016 akhirnya menjadi tahun di mana kedua kekuatan tersebut memilih untuk bekerja sama. Integrasi ini dinilai memberi pelayanan efektif bagi nasabah. Bank dapat meningkatkan pendapatan, sementara layanan teknologi keuangan menikmati legitimasi layanan pembayaran tradisional.

Tantangan utama selama beberapa tahun ke depan akan menentukan bagaimana bank dan teknologi dapat bergabung. Menawarkan transaksi yang cepat dan efisien dengan kombinasi yang lebih luas sangat penting untuk mengikuti keinginan klien perbankan dari hari ke hari.

 

Pembayaran Instan

Pembayaran tradisional yang biasanya memakan waktu beberapa hari, membuat pemegang kartu frustrasi saat mengintegrasikan transaksi ke banyak akun. Akan tetapi, tren FinTech 2017 akan memungkinkan pemberdayaan berkelanjutan, misalnya pembayaran real-time, dan itu tidak terbatas pada kliring e-commerce.

Melalui platform P2P klien dapat mentransfer uang dengan lancar ke akun yang berbeda, cepat, dan tanpa susah payah. Dalam waktu cepat, bank mungkin memiliki kapasitas untuk memenuhi syarat dan menyetujui permintaan tersebut sedikit demi sedikit secara progresif dan secara umum, mengubah keseluruhan struktur pembayaran.

 

Tidak Perlu Bawa Dompet

Seiring berkembangnya perilaku konsumen, smartphone akan lebih akrab di tangan daripada dompet. Dengan transaksi contactless yang diperkirakan mendunia pada 2021 nanti maka bersiaplah meninggalkan dompet Anda di rumah.

Teknologi keuangan akan membuat pembelian berjalan mudah dan sederhana. Kemudian toko retail mulai menerapkan sistem pembayaran langsung dari smartphone. Kebutuhan terhadap kartu dan uang cash nantinya akan berkurang karena transaksi cukup dengan sekali klik di smartphone saja. Teknologi pembayaran ini nantinya akan menjadi tren baru di dunia.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: iamwire
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB