LogoDIGINATION LOGO

5 Cara Pakai Excel yang Sering Digunakan di Dunia Professional!

author Oleh DQLab Sabtu, 4 Mei 2024 | 10:15 WIB
Share
Share

 

Sedang mencari rumus mudah yang bisa kamu gunakan sehari-hari untuk daily reporting? atau rumus yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan agar lebih efektif? Mengingat banyaknya jumlah data yang setiap harinya yang dimiliki, Excel menjadi tools yang sangat ramah digunakan baik hingga untuk jumlah data yang banyak sekalipun.

Microsoft Excel atau singkatnya dikenal Excel, merupakan aplikasi pengolah angka yang termasuk ke dalam paket Microsoft Office. Pada dasarnya, Excel digunakan oleh orang-orang yang bekerja dengan data karena fungsinya sangat mempermudah pekerjaan mereka dalam mengolah data. Jika mengolah data menggunakan Excel, maka pengerjaannya akan menjadi rapi dan tersusun serta data dapat terlihat dengan baik dan jelas.

Sehingga, kini sudah mulai banyak pekerja profesional ataupun seseorang ditengah mempersiapkan karir di berbagai industri dalam mempelajari penggunaan tools analisis Excel ini. Adapun 5 cara yang paling sering digunakan di dunia profesional dan harus kamu ketahui, yuk simak selengkapnya berikut!

  1. Membuat Pivot Table untuk Analisis Data

Fitur yang paling kuat dan pasti akan digunakan adalah Pivot Table, ini memungkinkan para profesional membantu dalam merangkum, menganalisis, dan memvisualisasikan data dengan cepat dan efisien. Dengan penggunaan Pivot Table, para profesional dengan mudah mengubah format data yang kompleks menjadi sebuah ringkasan yang mudah dipahami serta membuat sebuah laporan berdasarkan analisis data yang terstruktur dan informatif. Kegunaan ini akan sangat memudahkan bagi tim departemen di berbagai lini industri guna membuat sebuah keputusan yang tepat.

Baca juga: Manfaat Mengikuti Pelatihan Excel Bagi Pemula

  1. Rumus dan Fungsi Perhitungan

Tentunya, kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan rumus serta fungsi yang ada di Excel. Mulai dari SUM, MIN, AVERAGE, MAX, ataupun rumus yang lebih kompleks seperti VLOOKUP dan IF. Dengan menyediakan rumus dan fungsi matematika ini, para profesional dengan mudah melakukan perhitungan baik secara sederhana hingga tingkat yang cukup sulit menggunakan jumlah database yang banyak. Adanya rumus dan fungsi ini juga memberikan kecepatan para profesional di bidangnya, terutama tim manajemen bisnis yang harus melakukan pengambilan keputusan segera pada suatu strategi bisnis yang ingin dijalankan.

  1. Membuat Visualisasi Data dengan Grafik & Diagram

Excel memiliki berbagai jenis grafik dan diagram yang dapat digunakan untuk melakukan visualisasi data dengan mudah. Para profesional dapat menggunakan grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, dan berbagai jenis grafik lainnya. Dengan adanya penggunaan grafik & diagram ketika melakukan visualisasi data, ini akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pola dan trend dalam data yang dimiliki. Selain itu juga, visualisasi data dapat membantu menjembatani serta komunikasikan hasil analisis mereka kepada tim departemen lainnya dan juga jajaran pimpinan.

  1. Menggunakan Filter untuk Pengurutan Lebih Lanjut

Fitur filter dan pengurutan Excel memungkinkan para profesional untuk melakukan penyaringan data dan pengurutan berdasarkan kriteria tertentu dengan cepat dan mudah. Ini memungkinkan para profesional untuk menemukan data yang relevan dan juga melakukan analisis lebih lanjut pada subset data yang dipilih. Dengan penggunaan fitur filter ini dan mengurutkan data-data yang dimiliki, akan membantu mereka mengidentifikasi pola & tren yang tersembunyi serta strategi baru yang memungkinkan bisa mendongkrak bisnis secara analytical based on data.

Baca juga: Bootcamp Data Analyst untuk Persiapan Switch

  1. Laporan dan Dokumen Professional

Terakhir, Excel digunakan oleh para profesional untuk membuat laporan dan dokumen yang profesional. Terdapat fitur formatting dalam Excel yang sangat cocok untuk membuat laporan yang rapi dan menarik, serta dapat menyisipkan beberapa elemen lainnya seperti tabel, grafik, dan diagram guna mendukung temuan mereka. Ini akan memudahkan tim departemen lainnya dan pimpinan jajaran dalam memahami hasil analisis serta memberikan produktivitas bisnis secara keseluruhan.

Dengan kelima cara diatas, Excel memang merupakan alat yang sangat berguna dan penting didunia kerja. Ingin jago analisis data pakai tools Excel? DQLab, salah satu kursus online Data Science memberikan program belajar data dengan materi terstruktur dan membantu persiapan berkarir di industri. Ikuti belajar analisis data dengan tools Excel melalui program Bootcamp Data Analyst with Excel atau kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-excel 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB