LogoDIGINATION LOGO

Jagoan Aplikasi Indonesia Bakal Dibawa ke ASEAN

author Oleh Desy Yuliastuti Sabtu, 26 Mei 2018 | 10:42 WIB
Share
Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar ajang pencarian produk dan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karya anak bangsa
Share

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar ajang pencarian produk dan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karya anak bangsa.

Ajang pencarian bertajuk Indonesia Up (Id.UP) 2018 ini mencari karya terbaik anak bangsa yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia dalam ASEAN ICT Awards (AICTA) 2018.

AICTA merupakan program bergengsi yang digagas oleh para menteri bidang telekomunikasi se-ASEAN, sebagai implementasi salah satu dari enam langkah strategi ASEAN dalam ASEAN ICT Masterplan (AIM), yaitu promosi, inovasi dan kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan lembaga lainnya. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan melalui seleksi nasional Indonesia UP 2018 tak hanya mencari karya terbaik, tapi berharap memunculkan agen pendorong pencapaian visi Indonesia sebagai negara ekonomi digital.

“Indonesia UP 2018 diharapkan dapat mendorong minat peserta untuk mengembangkan aplikasi berskala internasional. Pada akhirnya dapat mengambil peran sebagai agen pendorong pencapaian visi Indonesia menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara,” katanya dalam Konferensi Pers Seleksi Nasional Indonesia UP 2018 di Ruang Serbaguna, Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat (24/5/2018).

Baca juga: Pekerja Digital Kreatif Memiliki Masa Depan Cerah, Ini Faktanya

Lebih jauh, Semuel mengatakan Indonesia UP 2018 menjadi kesempatan emas bagi anak muda Indonesia untuk menunjukkan karya terbaiknya kepada dunia.

"Mari kita tunjukkan Indonesia lewat Karya! Sudah pasti harimu tidak akan sama lagi pada saat kamu fokus untuk menciptakan Karya. Pikirkan pada saat Karyamu akan dilihat dunia. Rasakan pada saat Karyamu didukung penuh oleh Indonesia. Ciptakan Karya hari ini juga. Karena Dunia akan mengenal Indonesia lebih baik melalui Karyamu,” ajaknya.

Sesuai dengan kategorisasi dalam AICTA, Indonesia UP 2018 melombakan enam kategori, yaitu Public Sector, Private Sector, Corporate and Social Resposibility, Digital Content, Startup Company, dan Research and Development.

Pendaftaran Indonesia UP 2018 telah dibuka sejak 24 Mei 2018 hingga 6 Juli 2018 bagi para peserta dari seluruh Indonesia. Program ini juga terbuka bagi karya TIK anak bangsa yang memiliki layanan di luar Indonesia.

Penentuan finalis akan dilaksanakan pada 9-13 Juli 2018. Selanjutnya, penetapan pemenang akan dilakukan pada 16 Juli 2018 di Jakarta. Informasi selengkapnya mengenai Indonesia UP 2018 dapat dilihat di website idup.hub.id. Selamat berkompetisi!

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB