LogoDIGINATION LOGO

ASEAN Data Science Explorers 2018 Resmi Digelar

author Oleh Sukindar Selasa, 3 April 2018 | 17:25 WIB
Share
Data telah menjadi kekuatan baru di dalam revolusi industri keempat
Share

Data telah menjadi kekuatan baru di dalam revolusi industri keempat. Didukung kekuatan baru ini, berbagai macam permasalahan bisa saja teratasi.

Namun perlu ditegaskan, hal ini tentunya butuh upaya agar hal tersebut terlaksana, terutama dari generasi muda dengan ide-ide yang biasanya lebih baru dan segar.

Bertujuan untuk menginspirasi generasi muda, ASEAN Foundation berkolaborasi dengan SAP SE mengumumkan penyelenggaraan ASEAN Data Science Explorers 2018.

Selain untuk menginspirasi, ASEAN Data Science Explorers diharapkan dapat menjadi wadah kegiatan positif generasi muda.

ASEAN Data Science Explorer (ADSE) adalah kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara generasi muda melalui intervensi literasi digital.

Baca Juga:
Gandeng ASEAN, SAP Genjot Akselerasi Ekonomi Digital

Program ini telah berjalan untuk kedua kalinya, dengan menargetkan mahasiswa dan dosen dari universitas lokal yang tersebar di sepuluh negara ASEAN.

Dalam program ini, para mahasiswa dituntut untuk memanfaatkan kekuatan data melalui peningkatan wawasan dengan menggunakan SAP Analytics Cloud.

Dengan menggunakan kekuatan tersebut, para mahasiswa diharapkan mampu menyumbangkan gagasan kepada lembaga-lembaga terkait di ASEAN.

Gagasan yang dimaksud adalah wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu mengenai enam tujuan perkembangan berkelanjutan PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa).

Adapun tujuan tersebut diantaranya adalah kesehatan dan kesejahteraan yang baik, kualitas pendidikan, dan kesetaraan gender.

Selain itu termasuk juga di dalamnya lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang baik, komunitas serta kota yang berkelanjutan, serta industri, inovasi, dan infrastruktur.

Baca Juga:
Jamkrindo Gelar Kompetisi Startup, Hadiah Rp 300 Juta

Program ini akan berlangsung selama bulan Maret hingga Oktober 2018. Calon peserta dapat membentuk tim, dengan jumlah anggota dua orang setiap tim yang akan didaftarkan.

Setiap negara akan dipilih satu tim finalis nasional, yang kemudian dapat mempresentasikan gagasannya kembali di ajang final regional.

Babak final regional akan diselenggarakan di pusat pemerintahan ASEAN 2018, yakni di negara Singapura, dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura sebagai host partner.

Menariknya, babak final regional akan diselenggarakan bersamaan dengan final Asosiasi Tenis Wanita (WTA), sehingga peserta ADSE juga berkesempatan menonton final WTA.

Informasi lebih lengkap mengenai program ASEAN Data Science Explorers 2018 dapat diakses melalui www.aseandse.org atau melalui email aseandse@sap.com.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB