LogoDIGINATION LOGO

Fasilitasi Startup, Bekraf Gelar 'Get Funded'

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 1 Maret 2018 | 06:54 WIB
Share
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan
Share

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan.

Get Funded merupakan pelatihan capacity building untuk demand side, yaitu startup dan pelaku usaha ekraf untuk meningkatkan kesiapan mereka mengakses permodalan dari sumber pembiayaan nonperbankan sesuai  fase usaha mereka.

Workshop tersebut diadakan di Batam hari ini (Kamis, 1/3) dan memfasilitasi lebih dari 150 startup maupun pelaku ekraf yang hadir untuk mengetahui sumber permodalan non perbankan sekaligus cara meraihnya.

Berdasarkan data BPS, 90% lebih startup maupun pelaku usaha ekraf menggunaan modal sendiri saat membangun usaha dan hanya 0,66 % modal dari venture capital yang mereka akses.

“Kontribusi ekraf pada PDB nasional naik dari tahun ke tahun. PDB ekraf tumbuh 4,95% tahun 2016. Di awal permasalahan usaha adalah modal sendiri. Pada pengembangan bisnis, permasalahannya adalah mengakses sumber pembiayaan,” ucap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah.

Dalam workshop tersebut, Bekraf menghadirkan Nalin Singh, pengarang buku Get Funded Now  sekaligus entrepreneur. Nalin menjelaskan hal apa saja yang perlu dipersiapkan startup maupun pelaku usaha ekraf untuk mendapatkan investasi.

Nalin menegaskan bahwa perilaku startup maupun pelaku usaha ekraf terhadap sumber pembiayaan permodalan nonperbankan, misalnya investor, sangat berpengaruh pada investasi. “Bagaimana anda mengharapkan investor mengambil resiko untuk menyalurkan pembiayaan kepada Anda? Anda harus menemukan jawabannya untuk mendapatkan investor,” ungkap Nalin.

  • Editor: Wicak Hidayat
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB