LogoDIGINATION LOGO

18 Buku Seri Literasi Digital Diluncurkan

Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 1 Februari 2018 | 07:10 WIB
Share
Kebutuhan akan ketersediaan referensi atau rujukan terkait literasi digital di Indonesia kian terasa
Share

Kebutuhan akan ketersediaan referensi atau rujukan terkait literasi digital di Indonesia kian terasa. Hal ini seiring dengan pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna Internet Indonesia, yang berdasarkan data tahun lalu telah mencapai 132,7 juta orang dengan lebih kurang 50% total pengguna Internet Indonesia adalah digital native

Tak kurang dari International Telecommunication Union (ITU) pun menegaskan perlu adanya perhatian khusus terhadap generasi muda yang telah akrab dengan dunia digital sekaligus memahami cara generasi digital native belajar, bermain dan bahkan melibatkan diri mereka ke tengah masyarakat.

Untuk itulah maka para pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) berinisiatif melakukan kerja bersama dalam menyediakan sejumlah buku seri literasi digital. Buku-buku tersebut diharapkan dapat menjadi pemuicu, acuan dan pedoman bagi para pihak yang terkait yang ingin melakukan ataupun mengembangkan kegiatan edukasi serta literasi digital.

Sebanyak 18 buku yang diluncurkan pada Rabu (31/1) merupakan beragam terbitan dari Center for Digital Society (CFDS) – UGM, Ditjen Aplikasi Informatika – Kominfo, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik – Kominfo, ECPAT Indonesia, ICT Watch dan Pusat Kajian Komunikasi (Puskakom) – UI.

Buku-buku tersebut dapat diunduh dan digunakan secara bebas melalui situs www.literasidigital.id. Situs tersebut juga akan terus dilengkapi koleksinya dengan berbagai konten, baik berupa e-book, artikel, infografis maupun video yang semuanya dapat menunjang literasi digital di Indonesia. Tentu saja seluruh pihak yang memiliki konten-konten literasi digital dalam bentuk apapun, dapat turut memperkaya koleksi yang ada dan berbagi pengetahuan kepada masyarakat.

Koleksi buku yang ada juga akan memperkuat sejumlah inisiatif yang telah berjalan selama ini. Contohnya melalui program yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo bernama Festival Literasi Digital #FIRAL. Melalui #FIRAL, kerja-kerja lintas satuan kerja dalam menjalankan kegiatan aktivasi literasi digital kepada masyarakat dilakukan secara strategis dan sinergis untuk untuk masyarakat. Aktivasi tersebut semisal Internet Cakap, Indonesia Baik, Tata Kelola Internet, Sosialisasi UU ITE, KIDI dan Gen Posting.

Selain itu, yang kini tengah terus digiatkan bersama oleh para pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) di Indonesia adalah Gerakan Nasional Literasi Digital #Siberkreasi. #Siberkreasi kini telah memililki jejaring hingga 46 institusi baik dari unsur pemerintah, swasta, organisasi masyarakat sipil, kampus, operator telekomunikasi dan organisasi profesi.  Sejumlah kegiatan sosialiasi dan edukasi terus berjalan berkesinambungan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Adapun 18 judul buku Seri Literasi Digital antara lain:

 

  1. Bikin Keren Karaktermu
  2. Cerdas Bermedia Sosial
  3. Internet Sehat
  4. Isu-Isu Masyarakat Digital Kontemporer
  5. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial bagi Anak dan Remaja
  6. Keamanan Siber untuk e-Commerce
  7. Kebijakan Cybersecurity Perspektif Multistakeholder
  8. Kerangka Literasi Digital Indonesia
  9. Kiat Infografis Keren
  10. Kumpulan Ulasan Politik, Ekonomi, dan Gaya Hidup Era Digital
  11. Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orang Tua terhadap Anak dalam Berinternet
  12. Media Sosial untuk Advokasi Publik
  13. Modul Pencegahan Eksploitasi Seksual Anak Online untuk CSO dan Komunitas
  14. Pencegahan Eksploitasi Seksual Anak Online
  15. Strategi Kewirausahaan Digital: Sebuah Panduan untuk UMKM, Startup, dan Ecommerce
  16. Tata Kelola Internet
  17. Yuk, Temani Anak Berinternet
  18. Web We Want
  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB