LogoDIGINATION LOGO

Jangan Bingung, Baca Buku Ini Sebelum Mencari Kerja!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Selasa, 19 Februari 2019 | 09:30 WIB
Share
Ilustrasi baca buku (shutterstock)
Share

Setelah mendapatkan gelar sarjana, saatnya melangkah ke tahap selanjutnya yaitu mencari kerja. Masa-masa ini bisa dibilang masa-masa yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Tak jarang banyak fresh graduate dibuat galau memilih pekerjaan pertamanya.

Untuk membantumu mengatasi ini, kamu bisa mencari referensi buku yang berisi pengalaman atau tips awal karier agar makin siap menghadapi dunia kerja atau bahkan membantumu menemukan pekerjaan impianmu.

Digination.ID merangkum 4 buku khusus untukmu para fresh graduate agar semakin bersemangat menyongsong dunia kerja!

1. Life After College: The Complete Guide to Getting What You Want, Jenny Blake

Masa transisi dari ruang kelas ke kantor memang membingungkan. Menyebrang dari situasi nyaman ke situasi penuh ketidakpastian dan risiko di dunia kerja. Dalam buku ini,  Jenny Blake membahas cara-cara mengarungi perubahan-perubahan tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya.

Tak hanya itu, buku ini juga mendorong pembacanya untuk terus bermimpi dan berani menghadapi realitas kehidupan pasca kuliah sambil mencari pekerjaan pertamanya. Yap! buku ini cocok banget buat kamu yang masing bingung bagaimana menghadapi masa transisi kuliah ke kerja.

Baca juga: Mau Sukses? Coba Baca Buku Ini!

Ilustrasi kehidupan setelah kampus (shutterstock)

2. The New Rules of Work: The Modern Playbook for Navigating Your Career, Kathryn Minshew dan Alexandra Cavoulacos

Baru lulus dan masih bingug bagaimana cara mendapatkan pekerjaan? Mungkin buku ini bisa menolongmu. The New Rules of Work: The Modern Playbook for Navigating Your Career merupakan paket lengkap, berisi tips dan trik cara menavigasi karier, cara menulis resume hingga cover latter. Penulis buku ini juga merupakan co-founder situs pencarian kerja, The Muse lho. Dijamin banyak insight yang bisa kamu ambil dari buku ini !

3. The Startup of You: Adapt to the Future, Invest in Yourself and Transform Your Career, Reid Hoffman dan Ben Casnoscha

Mungkin tidak semua orang bercita-cita menjadi seorang founder perusahaan. Tapi dalam dunia kerja, memiliki pola pikir entrepreneur merupakan hal penting. Seperti yang dikatakan founder LinkedIn, Reid Hoffman "Bukan tanggung jawab perusahaan untuk menjaga kariermu, tapi tugasmu mencari tahu mengapa perusahaan masih memerlukanmu."

Perihal sulit memang untuk mengidentifikasi diri apa yang membuatmu unik dan berbeda dari orang lain di hadapan para calon pemberi kerja. Namun dengan kerangka kerja yang dijelaskan dalam buku ini, kamu bisa belajar mengidentifikasi keunggulanmu dan 'menjual'-nya selama proses pencarian kerja. 

Baca juga: 4 Buku Rahasia Kepemimpinan CEO Dropbox

Ilustrasi kehidupan setelah kampus (shutterstock)

4. The 2-Hour Job Search: Using Technology to Get the Right Job Faster, Steve Dalton

Mencari kerja memang tidak semudah yang dibayangkan. Dalam mencari kerjapun ada strateginya. Nah, buku ini menguraikan secara detail langkah demi langkah yang harus kamu ikuti dalam mencari kerja. Tak cuma perihal pencarian kerja, buku ini juga memberikan solusi menghilangkan stress dalam pencarian kerja.

Selagi menunggu panggilan wawancara, ada baiknya kamu memanfaatkam waktumu membaca buku-buku di atas agar semakin mantap menghadapi dunia kerja. Good luck!

Baca juga: Buku Wajib Baca Bagi Para Perempuan Pendiri Startup

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: CNBC, Fast Company
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB