LogoDIGINATION LOGO

Yuk Benahi Keuangan Setelah Libur Lebaran

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 15 April 2024 | 16:17 WIB
Share
Share

 

Libur lebaran telah usai, waktunya kembali ke rutinitas sehari-hari. Namun sebelum memulai beraktivitas hal utama yang perlu dilakukan adalah membenahi keuangan. 

Hal yang sangat terasa setelah lebaran adalah kondisi keuangan yang semakin menipis. Ketika lebaran pengeluaran kita memang akan lebih besar dari biasanya. Hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan hari raya seperti membeli baju, hidangan untuk keluarga, kebutuhan dapur, mudik, hingga membagikan THR.

Agar keuanganmu cukup hingga akhir bulan, penting untuk membenahi keuangan kamu setelah lebaran dan mengelola ulang keuangan. Berikut cara mengatur keuangan setelah lebaran:

Periksa keuangan 

Setelah lebaran, hal yang harus kamu lakukan adalah mengecek dana yang masih tersimpan dan mengitung ulang pengeluaran. Setelah menghitung dan mencatat, jangan tergoda untuk menggunakan sisa uang untuk hal-hal yang konsumtif. Dengan menghitung dana, kamu bisa menentukan rencana anggaran selanjutnya.

Baca juga: Sulap Sisa THR Lebaran Jadi Aset Masa Depan

Atur ulang keuanganmu

Mengatur ulang anggaran merupakan langkah penting yang harus kamu lakukan setelah lebaran. Setelah mengetahui sisa uang kini saatnya kamu membuat anggaran belanja. Sesuaikan budget dengan sisa uangmu. Batasi pengeluaran yang tidak perlu. Buat anggaran sedetail mungkin. Setelah itu, sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu buat agar pengeluaran tetap terkendali.

Batasi pengeluaran harian

Pengeluaran tambahan membuat cash flow tidak lancar, untuk memperbaikinya kamu perlu berhemat. Buat anggaran kebutuhan pokok berdasarkan skala prioritas, sesuaikan dengan dana yang dimiliki dan hindari menambah utang. Kamu harus memastikan dana yang kamu miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan, terutama kebutuhan pokok, seperti makanan, air, listrik, dan lain-lain. 

Baca juga: Cara Hemat Ketika Liburan di High Seasons

Isi kembali tabungan dan dana darurat

Selain kebutuhan pokok, kamu juga harus memikirkan pos tabungan dan dana darurat. Jika kamu menggunakan kedua dana tersebut saat libur lebaran, usahakan untuk mengisinya kembali. Kamu tidak akan langsung merasakan manfaatnya, tetapi akan sangat berguna di masa depan. Jadi, jangan sampai tabungan dan dana darurat kamu kosong.

Lunasi utang

Apakah kamu menggunakan kartu kredit, utang, atau cicilan lainnya untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran? Jika demikian, segera lunasi semua utangmu. Utang yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi beban keuanganmu di bulan-bulan berikutnya.

Setelah satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadan, ayo mulai kebiasaan baik secara konsisten seperti mengelola keuangan dengan baik. Dengan memiliki kebiasaan mengelola keuangan yang baik, tentu dompet kamu akan terisi kembali. Tetap semangat kembali bekerja Digifriends!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE