LogoDIGINATION LOGO

Nggak mudik? Berikut Destinasi IPTEK yang Bisa Kamu Kunjungi di JABODETABEK

author Oleh Bianca Swasono Jumat, 12 April 2024 | 19:09 WIB
Share
Share

Bosan dengan nuansa pegunungan dan pantai? Bagi kamu yang tidak mudik dan sedang mencari tempat wisata di Jabodetabek kamu bisa banget lho, untuk ajak keluargamu mengunjungi tempat wisata museum IPTEK yang ada di daerah Jabodetabek! 

IPTEK adalah singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Di museum IPTEK kamu bisa  meningkatkan pengetahuan dibidang teknologi kepada adik atau anak kamu, sekaligus flashback ke alat komunikasi terdahulu.

Berikut beberapa rekomendasi museum yang bisa dikunjungi mumpung sedang libur lebaran. 

 

  • Museum Pusat Peragaan IPTEK di Jakarta Timur

 

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Science Center) atau disingkat PP-IPTEK memiliki gedung yang bergaya arsitektur futuristik dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2. Gedung PP-IPTEK merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas kedua di TMII. Untuk jam Operasional TMII (Gate 3 Keong Emas) adalah dari hari Senin sampai Minggu pukul 06.00 - 17.00 WIB. 

Di PP-IPTEK, pengunjung dapat menikmati film-film ilmiah yang diputar di auditorium yang bisa menampung 130 orang. Melalui film yang diputar, pengunjung jadi mendapatkan pengetahuan yang informatif sekaligus menghibur, serta memahami sains dengan cara yang sederhana dan menyenangkan.

Harga tiket bisa kamu cek dan beli melalui tautan berikut: 

https://tamanmini.com/taman_jelajah_indonesia/en/tiket-jam-buka/

 

  • Museum Tanah dan Pertanian di Bogor

 

Museum Tanah dan Pertanian Bogor buka dari hari Selasa sampai Jumat pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu buka pukul 09.00-12.00. Khusus hari Senin, Minggu, dan libur nasional tutup. Tidak perlu khawatir karena gratis, tidak ada biaya masuk. 

Kamu bisa melakukan reservasi lewat whatsapp, kunjungi sosial media Instagram untuk mengetahui nomornya. Disebutkan bahwa kunjungan kelompok/rombongan wajib melakukan reservasi melalui whatsapp, paling lambat 3 hari sebelum berkunjung. Perlu menjadi catatan bahwa kunjungan kelompok/rombongan hanya pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. 

Di lantai 1, ada Galeri Pangan dan Peradaban Pertanian. Tersedia berbagai diorama sejarah komoditas pangan serta peradabannya. Untuk di lantai 2, ada Galeri Kebijakan dan Komoditas. Mencakup perkembangan pertanian sejak era kolonial, kemerdekaan, hingga masa kini. Tidak hanya itu, di sini kamu juga akan merasakan keistimewaan dari Galeri Pertanian Masa Depan dan Lumbung Pangan Dunia 2045 yang berlokasi di lantai 3. Di galeri ini, kamu akan diajak untuk menjelajahi perkembangan pertanian 4.0 secara menarik. Galeri keempat yang terdapat di Gedung D juga tidak kalah menarik, dengan memperlihatkan evolusi teknologi peternakan melalui video pendek, diorama, poster, dan berbagai artefak yang menarik perhatian.

Baca juga: OYO Bagi-bagi Diskon Menginap Hingga 80 Persen di Libur Lebaran

 

  • Museum Perjuangan di Bogor

 

Museum Perjuangan Bogor berlokasi di jalan Merdeka Nomor 56. Terletak di kelurahan Cibogor, kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor 16124. Umumnya buka dari pukul 08.00 hingga 16.00, tetapi selama lebaran jam operasional bisa berbeda. 

Di dalam gedung Museum Perjuangan Bogor, terdapat sejumlah koleksi yang menarik, seperti patung Kapten Muslihat yang dikerjakan dengan cermat dari batu monolith, foto-foto para tokoh pahlawan nasional asal Bogor yang pastinya akan menginspirasi, peta tematik yang menarik perhatian, mata uang lama yang dulu pernah beredar di Indonesia, dan diorama yang hidup di dalam lemari kaca.

Kamu juga bisa menemukan mesin ketik yang unik, pakaian khas para pejuang masa revolusi yang menghadirkan kembali suasana zaman tersebut, serta daftar nama-nama pahlawan yang rela gugur demi kemerdekaan. Tidak hanya itu, ada juga dekorasi menarik yang menceritakan sejarah heroik masyarakat Bogor saat berjuang melawan penjajah. 

Baca juga: Siap Mudik Lebaran, Manfaatkan Promo Transportasi Ini

 

  • Museum Digital Gedung Juang Bekasi

 

Museum Digital Gedung Juang Bekasi memiliki jam buka dari hari Selasa sampai hari Minggu, pukul 09.00 - 16.00 WIB. Untuk libur nasional tutup dan biaya masuknya tidak ada alias gratis. 

Dikenal juga dengan nama Gedung Juang Tambun merupakan museum yang mengagumkan. Bukan hanya karena ornamen orisinalnya yang masih utuh, tetapi juga karena ruangannya yang penuh dengan jejak sejarah. Setiap sudut dipenuhi dengan foto-foto masa lalu Bekasi, mulai dari zaman sebelum penjajahan hingga kemerdekaan. Di era digital ini, pengunjung dapat menjelajahi peran gedung ini dalam sejarah, sambil menelusuri kisahnya tahun demi tahun. 

Bagi yang suka tantangan, berbagai permainan edukasi berbentuk tiga dimensi juga tersedia untuk dinikmati. Tentu saja, jangan lupa mampir ke toko merchandise di museum ini, yang menjual produk-produk unik dari UMKM Bekasi sebagai kenang-kenangan.

Dengan mengunjungi museum IPTEK, kita bisa mendapatkan pengalaman belajar yang unik. Museum IPTEK menawarkan kesempatan untuk mengeksplorasi dunia sains dan teknologi secara menyenangkan. Yuk, pergi ke museum IPTEK untuk mendapatkan wawasan baru, inspirasi, dan pengetahuan yang berharga. Jadikan kunjungan ke museum sebagai momen berkualitas di libur lebaran ini bersama keluarga atau teman! 

Sumber:

https://tamanmini.com/taman_jelajah_indonesia/en/museum/pusat-peragaan-iptek/

https://www.traveloka.com/en-id/activities/article/museum-perjuangan-bogor

https://www.instagram.com/museum.tanahdanpertanian/?hl=en

https://indonesiabaik.id/infografis/yang-unik-di-museum-pertanian-indonesia

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/14/01150041/gedung-juang-bekasi--sejarah-isi-harga-tiket-dan-jam-buka

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE