LogoDIGINATION LOGO

5 Teknologi yang Perlu di Update di Tahun 2024

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 19 Desember 2023 | 15:57 WIB
Share
Share

 

Jika tahun 2023 kita sudah dikenalkan oleh inovasi-inovasi memukaunya, kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) akan terus menyebarkan kehidupan kita sepanjang tahun 2024. 

Meskipun demikian, developer AI lebih berhati-hati tentang bagaimana AI dikenalkan ke dalam masyarakat. Sebagai contoh, sebenarnya apakah kita benar-benar membutuhkan AI untuk kamera keamanan dalam ruangan? Mungkin tidak. Akan tetapi, AI akan berfungsi dengan baik pada asisten digital seperti, Siri dan Asisten Google.

Meskipun demikian, berikut adalah 5 tren teknologi teratas yang diharapkan dapat lebih maksimal di tahun 2024.

  1. Siri yang Lebih Cerdas, Asisten Google

Siri dan Google Assistant, bekerja dalam mengikuti perintah. Namun, kemampuan mereka menanggapi pertanyaan diharapkan dapat meningkat di tahun 2024.

Dengan AI yang lebih baik, lebih canggih dan pembelajaran mesin yang lebih terlatih akan mengurangi respon "Inilah yang saya temukan di web" dan "Maaf, saya tidak mengerti". Ditambah lagi, Siri dan Google Assistant terkadang memiliki pendengaran selektif. Diharapkan di tahun 2024, Apple dan Google akan meningkatkan teknologi assistant mereka agar lebih mudah digunakan pengguna.

Baca juga: Prediksi Tren AI pada Cloud Computing

  1. Interoperabilitas yang lebih baik antar perangkat

Interoperabilitas adalah kemampuan aplikasi dan sistem untuk secara aman dan otomatis bertukar data tanpa memandang batas-batas geografis, politik, atau organisasi. Langkah mengejutkan, pada akhir 2023, Apple mengumumkan bahwa nantinya Apple akan didukung oleh Rich Communication Services (RCS) yang akan memberikan interoperabilitas yang baik pada tahun 2024. Ini berarti pengguna Android dan iPhone tidak perlu lagi frustrasi untuk mengirimkan data mereka melalui antar device.

Dibawah payung RCS bukan hanya bisa mendapatkan keuntungan dari interoperabilitas, tapi, pengguna Android yang memiliki MacBook, akan lebih mudah untuk mentransfer data antara ponsel dan laptop mereka. Ini adalah pemikiran pie-in-the-sky yang membuat tren teknologi disambut baik di tahun 2024.

  1. Permainan yang lebih baik untuk macOS

Apple telah lebih fokus untuk membuat macOS dan iOS lebih ramah gamer akhir-akhir ini. Sebagai contoh, di acara Scary Fast MacBook, Apple mengungkapkan bahwa chip M3 baru dikemas dengan GPU yang memfasilitasi ray tracing yang dipercepat oleh hardware dan mesh shading. Dengan kata lain, permainan akan terlihat lebih realistis, termasuk refleksi yang lebih baik, bayangan, simulasi air, dan banyak lagi.

Tentu saja, pada tahun 2024, banyak orang berharap Apple terus fokus pada upayanya untuk membuat MacBook lebih ramah game, yang akan mendorong lebih banyak pengembangan game memanfaatkan macOS.

Baca juga: Lima Prediksi dan Tren Penting Industri Monitoring IT di Tahun 2024

  1. Perangkat Sleeker AR/VR

Kacamata Pintar Meta Ray-Ban menarik banyak perhatian, namun, beberapa konsumen kecewa karena tidak memiliki kemampuan mixed-reality. Dengan kata lain, itu tidak melapisi informasi virtual di atas lingkungan dunia nyata.

Apple Vision Pro dan Meta Quest 3 yang menawarkan realitas campuran, tetapi sepasang kacamata Google Glass-esque yang ramping dan memiliki kecakapan augmented reality (AR), diharapkan akan menjadi tren teknologi pada tahun 2024.

  1. Pembunuh Steam Deck

Meskipun Lenovo Legion Go dan Asus ROG Ally datang untuk mahkota Steam Deck, PC gaming genggam Valve terus berkuasa. Pada tahun 2024, banyak orang ingin melihat pengembang untuk meningkatkan dan merebut tahta untuk Steam Deck.

 

Sumber:

https://sea.mashable.com/tech/29926/5-tech-trends-we-want-to-see-in-2024

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE