LogoDIGINATION LOGO

Mau Pensiun Dini? Ini Dia Tips Ala Raditya Dika

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Rabu, 13 September 2023 | 11:00 WIB
Share
Share

Siapa yang tak kenal Raditya Dika? dikenal sebagai penulis, influencer, youtuber, sekaligus sutradara dan aktor di Indonesia. Di tahun 2005, Raditya Dika berhasil mendapatkan royalti dari karya pertamanya yakni buku berjudul Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh. Mulai saat itu Radit mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang penulis dan menjadikan aktifitas menulisnya sebagai sumber utama penghasilannya tersebut. 

Akan tetapi, dia menyadari menjadi seorang seniman sangat rentan dengan masa tua yang tidak pasti, disatu sisi dia mempunyai keinginan untuk pensiun di umur 40 tahun. Karena hal tersebut, dia mulai mempelajari tentang financial freedom dengan cara berinvestasi di Reksadana Saham.

Menurutnya, ada 7 tips untuk mengelola keuangan yang baik berdasarkan pengalamannya. Yuk kita bahas!

1. Menyimpan Uang atau Berinvestasi

Menyimpan atau menginvestasi uang adalah kunci utama untuk kehidupan yang nyaman di masa sekarang dan kehidupan masa depan. Investasi juga menjadi salah satu kunci bagaimana seseorang dapat mengalokasikan uang yang dimilki agar bisa dinikmati hasilnya di masa yang akan datang atau untuk keperluan tertentu.

Baca juga: Simak Ini, Agar Untung Dalam Berinvestasi

2. Pahami Tujuan Investasi

Tujuan investasi yang benar akan lebih baik jika punya mindset banyak uang atau kaya pelan-pelan jangan kaya cepat-cepat, karena semuanya akan berproses dan menghasilkan.

3. Pahami Compounding Returns

Segala hal baik datang dari compounding returns yang mana hasilnya datang menghasilkan kembali. Contohnya kita investasi uang Rp 1 juta dengan return 10% (per tahun). Tahun pertama 10% dari Rp 1 juta itu Rp 100 ribu, tapi tahun kedua ngga cuma 100 ribu, tapi nambah jadi Rp 110 ribu.

4. Fokus Investment Rate

Banyak orang semakin banyak uang, semakin banyak juga pengeluarannya, tapi yang disimpan sama aja. Padahal seharusnya kenaikan penghasilan  dibarengi dengan kenaikan investasi. 

5. Pentingnya Dana Darurat Sebelum Investasi

Ini digunakan sebagai cara untuk mengelola risiko ketidakpastian. Ini bisa dilakukan dari mempelajari dana yang dibutuhkan di masa depan.

6. Mencatat Pengeluaran

Catatan pengeluaran juga penting untuk memperbaiki 'dosa-dosa' pengeluaran setiap bulannya. Maka penghasilan beda dengan gaji. Jangan hanya terpaku dengan besar kecilnya gaji, tapi cobalah memperbesar penghasilan dari berbagai revenue stream.

 

Baca juga: Open Banking untuk Perubahan Perilaku Finansial di Indonesia

7. Membangun Hubungan yang Sehat dengan Uang

Jika kamu memiliki hubungan yang sehat dengan uang (healthy relationship with money), maka kamu dapat menggunakan uang untuk menjaga gaya hidup, mengurangi stres (akibat masalah uang), dan investasi untuk tujuan jangka panjang.

Hubungan yang sehat dengan uang juga akan membuat kamu menjadi lebih sejahtera dan bebas finansial (financial freedom).

Itulah 7 Tips dari Raditya Dika yang membuatnya bisa pensiun dini dan menikmati hasil dari kerja kerasnya selama ini karena uangnya dikelola dengan baik. Next, apakah kamu akan menjadi yang selanjutnya untuk pensiun dini?

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE