LogoDIGINATION LOGO

User Generated Content untuk Bisnis?

author Oleh DQLab Kamis, 16 November 2023 | 17:29 WIB
Share
Share

 

Melakukan postingan review pada suatu produk tertentu berupa foto maupun video sudah sering kita jumpai di media sosial. Baik review tersebut dilakukan secara disadari maupun tidak disadari, contoh tersebut dinamakan User Generated Content atau UGC.

User Generated Content (UGC) atau konten yang dihasilkan oleh pengguna, telah menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi digital marketing modern. Melalui UGC ini dapat membantu mempengaruhi keterlibatan secara langsung dan mampu meningkatkan konversi bisnis melalui konten social media. Bagaimana UGC dapat diintegrasikan ke dalam bisnis strategi? dan bagaimana cara memanfaatkannya dengan efektif? Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Mengenal User Generated Content

User Generated Content merujuk pada segala jenis konten yang dibuat oleh pengguna, bukan oleh pihak bisnis itu sendiri dan dipublikasikan di media sosial. UGC hadir dalam berbagai bentuknya yaitu dapat berupa ulasan produk, foto, video, testimonial atau komentar yang dibagikan oleh pelanggan atau pengguna produk/layanan tertentu.

Manfaat utama dari menggunakan User Generated Content adalah kemampuannya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Ulasan dan testimoni dari sesama konsumen sering dianggap lebih autentik dan dapat memberikan gambaran yang lebih jujur tentang pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan.

Baca juga: Ini Pentingnya Data Science untuk Efisiensi Bisnis

Tidak hanya itu, UGC juga mampu membantu dalam membangun sebuah komunitas online dan social proof terutama di media sosial. Pada komunitas online, pelanggan akan merasa bahwa mereka telah berkontribusi, diakui dan diapresiasi karena mereka cenderung sudah terikat dengan merek tersebut dan sesama pengguna lainnya. Hal ini akan menciptakan sebuah lingkungan yang dapat berbagi ide, pengalaman, serta dukungan satu sama lain.

Sedangkan pada social proof atau bukti sosial, menjadi konsep orang atau calon konsumen’ akan mengikuti tindakan orang lain jika mereka yakin tindakan itu benar dan sesuai. Dengan menunjukkan UGC yang positif, bisnis dapat meningkatkan social proof mereka misalnya seperti foto pelanggan yang senang dengan produk atau layanan dan bisa meyakinkan calon pelanggan potensial untuk mencoba membeli produk atau menggunakan layanan tersebut.

Cara Memanfaatkan UGC dengan Efektif

Saat ini, hampir semua merek yang terjual akan berjual agar bisnis mereka dapat dilihat secara kasat mata oleh pelanggan dan menjadikan persaingan menjadi ketat untuk mendapat perhatian audiens. 

Penting agar keotentikan serta kualitas konten tetap terjaga, karena hal tersebut merupakan elemen yang sama pentingnya dari konten yang sukses, berikut beberapa cara memanfaatkan UGC secara efektif dan bisa mendatangkan calon konsumen maupun loyalitas pada pelanggan:

  • Gunakan Hastag Brand: membuat hastag khusus yang terkait dengan merek dapat membantu dalam melacak dan mengumpulkan konten UGC secara maksimal
  • Aktif Mengajak Kontribusi: mengajak pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka terhadap suatu produk atau layanan merek dan memberikan sebuah apresiasi berupa penghargaan akan memberikan kontribusi yang terbaik dan secara win-win bagi kedua belah pihak.
  • Konsistensi dalam moderasi: Pastikan Anda untuk mengelola dan memoderasi User Generated Content dengan hati-hati, serta memastikan bahwa konten yang dibagikan atau diunggah sudah sesuai dengan nilai dan citra merek bisnis Anda.
  • Re-share postingan UGC: menampilkan UGC di berbagai platform bisnis Anda, baik itu pada situs web, media sosial, atau campaign marketing dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada kontributor dan memperluas jangkauan konten.

Dalam era dimana interaksi digital memainkan peran kunci dalam keberhasilan bisnis, mengadopsi strategi pemasaran yang memanfaatkan User Generated COntent bukanlah sekedar opsi melainkan kebutuhan. 

Penting untuk para stakeholders atau pemangku kepentingan bisnis membangun dan merawat hubungan dengan pelanggan melalui UGC memiliki peluang besar untuk menyukseskan dalam membangun merek yang kuat dan terhubungnya dengan pelanggan mereka.

Baca juga: 3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Adapun satu elemen yang tak kalah besar peluangnya jika diimplementasikan pada bisnis serta mampu memberikan kontribusi yang signifikan yaitu Data Science. Meskipun secara langsung UGC tidak memerlukan Data Science, namun Data Science membantu untuk mengelola, menganalisis dan memahami UGC lebih baik. Ingin coba belajar Data Science gratis? Ikuti pembelajaran data secara terstruktur di DQLab.id, lebih detailnya dapat kunjungi tautan ini https://dqlab.id/free-class-data-science-fundamentals 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE