LogoDIGINATION LOGO

3 Tips Instagram Stories untuk Dongkrak Penjualan

Oleh Ana Fauziyah Jumat, 3 Agustus 2018 | 00:02 WIB
Share
Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler saat ini
Share

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler saat ini. Dengan jumlah pengguna aktif hariannya mencapai 1 miliar dari seluruh dunia, Instagram merupakan platform yang potensial untuk memasarkan produk. Salah satu fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan penjualan produk kamu adalah Instagram Stories.

Fitur yang mulai diluncurkan sejak Agustus 2016 ini bisa menampilkan gambar dan gabungan beberapa gambar atau video dalam satu postingan. Ditambah dengan tambahan fitur stiker yang lucu-lucu, geolokasi, dan augmented reality (AR), Instagram Stories bisa menjadi alat promosi yang ampuh mendongkrak bisnis kamu.
Salah satu kelebihan Instagram Stories adalah tidak muncul di koleksi post Instagram dan akan hilang dalam waktu 24 jam. Ini berarti kamu bisa membagikan sebanyak mungkin gambar dan video tanpa mengganggu follower karena membombardir timeline mereka dengan postinganmu. Namun karena gambar di Instagram Stories ini hanya bisa dilihat dalam jangka 24 jam, pastikan kamu memposting sebanyak mungkin agar terus berada di bagian teratas feed Instagram.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan fitur Instagram Stories ini untuk membantu promosi bisnismu dan mendogkrak penjualan? Berikut tips dari Digination.id disarikan dari berbagai sumber:

1. Berikan bonus, giveaway atau diskon

Siapa yang tidak suka bonus, giveaway dan diskon? Hampir semua orang menyukainya. Karena itulah umumkan program bonus, giveaway atau diskon untuk pelanggan kamu di Instagram Stories. Kamu bisa memberikan bonus, giveaway atau diskon tersebut dengan mengumumkan bahwa penawaran tersebut akan berakhir jika story tersebut menghilang dengan sendirinya dalam 24 jam.

Waktu yang terbatas membuat pelanggan berpikir untuk segera mendapatkan produkmu sehingga akan menarik calon pembelimu yang potensial. Hal ini juga membuat mereka menunggu-nunggu bonus, giveaway, atau diskon dari toko online-mu yang selanjutnya.

2. Perlihatkan proses kreatif

Agar bisnismu lebih dekat di hati pelanggan, cobalah ceritakan sedikit tentang behind the scene bisnis kamu. Misalnya jika kamu berjualan tas rajut, kamu bisa menampilkan proses merajut tas di Instagram Stories. Jika bisnismu adalah desain dan percetakan undangan pernikahan, tampilkan proses pencetakan undangan pernikahan. Atau jika kamu mempunyai bisnis rental dekorasi, tampilkan proses pembuatan pernik-pernik untuk dekorasi.

Dengan memperlihatkan proses kreatifmu, pelanggan akan memberikan kesan dan impresi yang bagus di pikiran pelanggan. Proses kreatifmu bisa jadi akan menggugah pikiran pelanggan tentang kemampuan dan keahlianmu. Dengan begitu merka akan yakin bahwa kamu memang benar-benar ahli di bisnis yang sedang kamu tekuni.

3. Pamerkan ‘dapurmu’ 

Kamu juga bisa menampilkan dapur bisnis online-mu. Perlihatkan kepada follower seperti apa tempat kamu memproduksi barang-barang dagangan, tampilkan toko fisikmu jika ada berikut barang-barang yang dipajang di sana, atau pamerkan bahan-bahan mentah untuk memproduksi barang dagangan. 

Tapi berhati-hatilah saat memamerkan isi dapurmu. Menampilkan apa di belakang layar bisnismu memang bisa mendongkrak imej brand-mu, namun juga bisa menjadi bumerang jika kamu menampilkan konten negatif. Maka pastikan untuk selalu memposting konten yang baik, bermanfaat dan inspiratif. 

Instagram telah menjadi kekuatan yang kuat dalam hal pemasaran dan penjualan online. Investasikan waktu, tenaga, dan uang untuk memanfaatkan setiap fiturnya agar lebih banyak pelanggan loyal. Dengan begitu, bisnismu akan semakin berkembang dan menghasilkan keuntungan yang konsisten.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB

Aplikasi yang Bikin ODHA Tak Terkucilkan

Data tahun 2017 menunjukkan bahwa ada 36,9 juta orang hidup dengan HIV/AIDS. Stigma, diskriminasi dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini semakin memperparah keadaan

Rabu, 5 Desember 2018 | 12:19 WIB

Hidup Tanpa Digital? Mungkin, Gitu?

Hidup kita perlahan-lahan telah diambil alih oleh teknologi di semua sisi. Teknologi dan digitalisasi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan bersosialisasi

Selasa, 4 Desember 2018 | 16:15 WIB

5 Aplikasi Wajib Bagi Pengusaha, Sudah Install?

Kegiatan yang padat ditambah dengan segudang urusan bisnis biasanya membuat seorang pengusaha harus sering berpindah tempat, sehingga pemantauan bisnis harus dilakuan secara mobile. Ketahui aplikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha demi ke

Selasa, 4 Desember 2018 | 11:15 WIB

Pastikan Miliki 5 Hal Ini Untuk Jadi Mompreneur

Memang tidak mudah menjadi mompreneur. Tentunya membutuhkan trik dan strategi tersendiri agar keduanya bisa berjalan seimbang dan lancar. Berikut adalah 5 tips yang perlu kamu ketahui untuk memulai karir menjadi mompreneur.

Senin, 3 Desember 2018 | 11:15 WIB

Asisten Google Tiru Stiker Angkot

Anda sopan kami segan. Anda asyik, kami santai. Anda usik, kami Bantai! Filosofi supir angkot itu kini muncul di Google Assistant.

Minggu, 2 Desember 2018 | 12:30 WIB

Masih Gagal Bangun Pagi? Coba 3 Kiat Ini!

Karena bangun pagi adalah salah satu kunci keberhasilan! Simak kiat-kiat untuk mengatasi kegagalan bangun pagi yang masih kamu alami.

Sabtu, 1 Desember 2018 | 11:30 WIB