LogoDIGINATION LOGO

Bekraf Akan Salurkan Rp6 Miliar untuk Startup

Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 4 Mei 2018 | 08:03 WIB
Share
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menyalurkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2018 sebesar Rp 6 miliar untuk pelaku ekraf dan startup subsektor kuliner, fesyen, kriya, serta aplikasi digital, dan pengembangan permainan (game)
Share

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menyalurkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2018 sebesar Rp 6 miliar untuk pelaku ekraf dan startup subsektor kuliner, fesyen, kriya, serta aplikasi digital, dan pengembangan permainan (game).

Kasubdit Dana Masyarakat Bekraf, Hanifah, mengatakan BIP ditujukan untuk pelaku ekraf dan startup yang memiliki usaha yang sudah berjalan.

Baca juga: Indonesia Perlu Banyak Pakar Industri Startup

“Kita ingin membantu usahanya supaya lebih sukses. Yang kami bantu adalah usahanya yang masih berjalan,” tegas Hanifah saat menghadiri menghadiri sosialisasi BIP yang digelar Bekraf di Ballroom Hotel JW Marriot, Jakarta beberapa waktu lalu.

Deputi Akses Jaringan & Permodalan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno, menyampaikan tiga hal mengapa proposal miliknya mendapatkan BIP 2017, yaitu kenaikan nilai usaha, penyerapan tenaga kerja, dan ekspor. Namun, Wakil Ketua  II AMVESINDO, Donald Surjana Wihardja menjelaskan revenue sebagai track record lebih berperan daripada ekspor.

-

Tahun 2017, Bekraf menerima 1700 proposal. 34 pelaku ekraf dan startup berbadan hukum subsektor kuliner dan AGD menerima bantuan insentif berjumlah Rp 5.265.169.366.

Pelaku ekraf dan startup berkesempatan mendapatkan BIP maksimal Rp 200juta. Pendaftaran online dibuka 30 April hingga 20 Mei 2018. Kurator akan menentukan penerima BIP dari proposal yang lolos seleksi administrasi.

Baca juga: Bekraf Jelaskan Program untuk Food Startup

Sosialisasi BIP ini dibuka oleh Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo. Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah, menjelaskan BIP dan  Direktur Riset dan Pengembangan Ekraf, Wawan Rusiawan, menginformasikan Bekraf Information System on Mobile Application (BISMA).

Baca juga: Jiwa Startup Harus Dirintis Sejak Muda

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

Mencapai pendanaan Series A untuk sebuah startup butuh waktu yang tidak cepat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan yakin kan selalu diri agar bisnismu dilirik investor.

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:15 WIB

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB