LogoDIGINATION LOGO

Italia Punya Energi Listrik yang Bisa Pasok Energi Selamanya

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 23 Agustus 2023 | 18:34 WIB
Share
The demodulation basin is divided into interconnected caverns connected by metal platforms.
Share

 

Negara yang identik dengan menara Pizza, Italia menyimpan harta karun tersembunyi yang dapat membantu menghasilkan energi selamanya tanpa merusak alam dan habitat satwa liar.

Harta karun ini berada di tengah pegunungan Alpen yang mengelilingi kota Bolzano, Italia, yakni Pembangkit listrik tenaga air Sant'Antonio.

Pembangkit listrik ini telah dibangun lebih dari 60 tahun yang lalu dan telah membantu masyarakat Italia mendapat pasokan listrik. Namun inovasi ini, baru saja rampung tahun 2019 dengan pembangkit listrik tenaga air dengan teknik bawah tanah.

Pembangkit listrik tenaga air Sant'Antonio memiliki keajaiban teknik bawah tanah yang memanfaatkan kekuatan sungai Talvera untuk menghasilkan energi berkelanjutan.

Science Focus mengabarkan, setelah dilakukan pembaruan, output daya tahunan energi terbarukan ini meningkat menjadi 300GWh per tahun. Sehingga dapat mendistribusikan daya hingga sekitar 100.000 rumah.

Baca juga: Microchip Implant, Akselerasi Teknologi Chip Tanam pada Tubuh Manusia

Pembangkit listrik tenaga air Sant'Antonio, berbentuk terowongan yang memiliki tangki besar di bawah tanah, yang disebut cekungan demodulasi. Sistem terowongan bawah tanah, tersembunyi ini berada di bawah gunung Monte Tondo dan memiliki panjang sekitar 2 km. 

Terowongan di sini adalah bagian penting dari pembangkit listrik tenaga air, ia mengontrol aliran air dan mengelola pelepasan energi dalam sistem turbin.

The turbine hall of the underground hydroelectric plant. The turbines generate a power of 90MW and a

Cara kerja inovasi ini adalah mengontrol aliran air dan mengelola pelepasan energi dalam sistem turbin. Aula turbin ini menjadi tempat air lalu diubah menjadi listrik. Turbin menghasilkan daya 90MW, menghasilkan 300GW/jam per tahun.

Sistem turbin ini bekerja dengan memperlambat aliran air, menghilangkan kelebihan energi, mencegah lonjakan tekanan yang dapat merusak turbin atau peralatan lainnya. Proses ini memungkinkan sistem untuk mengkompensasi aliran air yang disebabkan oleh perubahan permintaan daya, dan pasokan.

Baca juga: Sempat di Juluki Pulau Sampah, Yuk Belajar Kelola Sampah Elektronik Dari Taiwan

Selain itu, Italia juga memiliki bendungan Val d'Auna, Soprabolzano, Italia, yang memasok pembangkit listrik Sant'Antonio. Bendungan ini dapat menyimpan 400.000 meter kubik air, yang dibawa ke pembangkit listrik melalui pipa bawah tanah sepanjang 1500 meter.

Inovasi ini menjadi inovasi energi terbarukan pertama di dunia, yang membantu mengurangi dampak negatif pada satwa liar lokal secara signifikan.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB