LogoDIGINATION LOGO

Paylater? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 25 Mei 2023 | 16:29 WIB
Share
Share

 

Siapa yang tidak kenal paylater? Saat ini paylater menjadi salahsatu fitur transaksi yang belakangan banyak digemari masyarakat karena dianggap lebih mudah dan cepat. 

Secara umum, paylater adalah sebuah layanan keuangan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian sekarang dan membayar nanti dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, paylater memberikan opsi bagi pengguna untuk melakukan pembayaran dalam beberapa cicilan atau dalam satu pembayaran pada tanggal jatuh tempo tertentu.

Dibalik kemudahan tentu paylater memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan layanan paylater :

Kelebihan Paylater:

Kemudahan dan kenyamanan 

Paylater memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian tanpa harus membayar tunai atau menggunakan kartu kredit. Ini sangat berguna jika kamu ingin melakukan pembelian yang mendesak tetapi tidak memiliki cukup dana saat ini.

Tidak perlu kartu

Paylater memungkinkan kamu untuk melakukan pembelian tanpa harus memiliki kartu kredit. Hal ini menguntungkan bagi kamu yang tidak memiliki akses ke kartu kredit atau tidak ingin menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

Baca juga : 5 Penyebab Utama Keuanganmu Berantakan

Fleksibilitas pembayaran

Layanan paylater sering kali memberikan opsi pembayaran yang fleksibel, seperti pembayaran dalam bentuk cicilan atau dalam satu pembayaran pada tanggal jatuh tempo tertentu. Ini memberikan kemudahan kamu untuk mengatur pembayaran sesuai dengan kemampuanmu.

Potongan atau promosi

Beberapa layanan paylater seringkali menawarkan potongan harga atau promosi khusus kepada pengguna yang menggunakan layanan mereka. Ini bisa menjadi keuntungan tambahan bagi kamu yang ingin mendapatkan harga lebih murah atau keuntungan lainnya.

Kekurangan Paylater

Risiko utang

Pengguna paylater harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam utang yang sulit dibayar. Jika kamu tidak mampu membayar tagihan paylater pada waktu yang ditentukan, kamu dapat terkena denda atau bunga yang tinggi.

Potensi kecanduan berbelanja

Penggunaan paylater dapat memicu pengeluaran berlebihan karena kemudahan untuk melakukan pembelian tanpa harus memiliki uang tunai saat itu juga. Hal ini dapat menyebabkan kamu menghabiskan uang lebih dari itu dan kecanduan berbelanja. Kamu bisa jadi lebih impulsif dan melupakan tabungan yang harusnya kamu miliki.

Baca juga : Segini Idealnya Gaji UMR Bisa Nonton Konser Coldplay

Bunga dan biaya tambahan 

Layanan paylater biasanya dikenakan bunga atau biaya administrasi tertentu sebagai imbalan atas kemudahan yang diberikan. Kamu perlu memperhatikan jumlah bunga dan biaya tambahan ini, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang bijaksana sebelum menggunakan layanan paylater.

Dampak terhadap skor kredit 

Penggunaan paylater dapat berdampak pada skor kredit seseorang. Jika kamu tidak dapat membayar tagihan paylater dengan tepat waktu, hal ini dapat mempengaruhi skor kredit kamu di layanan Sistem Layananan Informasi Keuangan (SLIK)/  BI Checking. Ini akan menghambat kamu untuk mendapatkan kredit di masa depan.

Diluar kelebihan dan kekurangan Paylater, yang harus kamu tanamkan di diri kamu adalah bijak dalam memanfaatkan kemudahan pinjaman ini. Pastikan kamu membaca betul persyaratannya sebelum menggunakan paylater. Jika memang harus menggunakan paylater, pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu agar tidak menimbulkan masalah dikemudian harinya.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB