LogoDIGINATION LOGO

5 Penyebab Utama Keuanganmu Berantakan

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 19 Mei 2023 | 16:47 WIB
Share
Share

 

Pernah merasa uang gaji kamu selalu kurang? Jangan-jangan kamu sendiri penyebab keuanganmu berantakan. 

Semakin dewasa, masalah keuangan menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memahami apakah kondisi keuangannya sudah baik atau belum. Berikut adalah lima penyebab utama mengapa keuangan kamu dapat menjadi berantakan:

Gaya hidup konsumtif

Gaya hidup konsumtif memang menjadi masalah besar dalam kesehatan keuanganmu. Jika kamu masih suka berbelanja barang-barang yang kamu suka bukan yang kamu butuhkan tentu akan membuat keuanganmu berantakan. Maka fokuskanlah uangmu untuk kebutuhan yang penting. Jika kamu ingin foya-foya maka setidaknya sisihkanlah 10-20% dari penghasilanmu untuk dana hiburan.

Baca juga : Ini Dia Dana Darurat yang Perlu Disiapkan sesuai Status

Sering mengandalkan utang

Seringkali mengandalkan paylater, kartu kredit atau semacamnya dapat membuatmu keuanganmu berantakan. Sistem tersebut biasanya berbunga, jika kamu belanja mengandalkan utang, maka secara tidak langsung kamu pun harus membayar bunga belanjaanmu itu. Resiko lainnya, seperti utang kartu kredit yang tinggi atau pinjaman yang tidak dapat dibayar, dapat memperburuk situasi keuangan dan mentalmu.

Kurangnya dana darurat

Jika kamu tidak memiliki dana darurat, kamu akan sulit menghadapi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau kebutuhan mendesak. Kurangnya tabungan juga membuat sulit untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Dikutip dari Kementerian Keuangan setidaknya kamu sudah harus menyiapkan dana darurat 6-12 bulan dari pengeluaranmu sebulan.

Ketidakmampuan mengelola pengeluaran 

Kebiasaan buruk dalam mengelola pengeluaran dapat menyebabkan keuangan berantakan. Membuat anggaran belanja dan menentukan budget tentu saja bukan hal yang mudah. Apalagi jika kamu tidak terbiasa membuat anggaran belanja. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Kamu bisa mencoba membuat budget pengeluaran bulanan dengan jelas dan rinci. Termasuk budget dan rencana pengeluaran jangka panjang maupun jangka pendek.

Baca juga : Enam Kebiasaan yang Membuat Kamu Susah Kaya

Tidak memiliki tujuan keuangan

Hal lain yang menjadi penyebab keuangan adalah karena kamu tidak memiliki tujuan keuangan. Kamu mungkin telah terbiasa menabung, akan tetapi karena kamu tidak memiliki tujuan keuangan, kamu juga jadi lebih mudah menggunakan tabungan kamu.

Cobalah untuk membuat rancangan dan tujuan keuangan kamu. Lalu prioritaskan apa saja yang menjadi kebutuhan utama. Dengan begitu, akan lebih mudah juga bagi kamu mengendalikan pengeluaran.

Itu dia beberapa penyebab utama keuanganmu berantakan, kamu dapat mengatasi masalah keuangan yang berantakan dengan meningkatkan pengelolaan keuangan, mengurangi utang, meningkatkan tabungan, dan mengubah kebiasaan pengeluaran. Yuk mulai ubah kebiasaanmu!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE