LogoDIGINATION LOGO

Ini yang perlu kamu siapkan buat buka usaha rental mobil

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 30 Januari 2023 | 17:04 WIB
Share
Share

“Punya kenalan rental mobil nggak bro? Gua mau ajak jalan cewek nih”

Wah.. wah.. Anak sekarang itu gede gengsi ya, kalau nggak jalan naik mobil rasanya hambar gitu lho. Tapi kebayang nggak sih kalau hal kecil kaya gini tuh bisa jadi peluang usaha buat kamu yang lagi bingung mau buka bisnis apa di tahun ini. Yupss rental mobil jawabannya!

Target pasar dari bisnis mobil rental terbilang luas. Dari mahasiswa, orang tua, dan bukan hanya untuk disewakan ke perorangan saja bisnis sewa mobil ini juga bisa ditawarkan ke perusahaan-perusahaan. 

Melihat prospek yang besar tentu hal berikut menjadi alasan kenapa bisnis rental mobil sangat menguntungkan! Emang biasanya berapa sih omset dari rental mobil? Yuk! kita hitung :

Simulasi pendapatan usaha rental mobil

- Biaya sewa 1 unit mobil per harinya: Rp350.000,- 

- Pendapatan dalam sebulan: 30 x Rp350.000,- = Rp10.500.000,- 

Misalnya mobil kamu jalan setiap hari dalam sebulan kamu sudah mendapat keuntungan Rp10.500.000/ satu mobil

Baca juga : Punya Rumah Nggak di Huni? Bikin Usaha Kos-kosanan Aja di Jamin Cuan

Itu simulasi cantiknya, bagaimana jika mobil hanya jalan di hari libur (weekend) ?  

Mari kita hitung lagi :

- Biaya sewa 1 unit mobil per harinya: Rp350.000,- 

- Pendapatan dalam sebulan (Jum’at, Sabtu, Minggu) : 12 x Rp350.000,- = Rp4.200.000,- 

Pahitnya jika mobil kamu jalan weekend saja berarti keuntungan yang kamu dapat yaitu Rp4.200.000/ satu mobil

Sekarang coba kali-kan, misalnya kamu punya 5 mobil yang disewakan, tentu kamu bisa mendapat keuntungan kasar sebanyak Rp21.000.000/ bulan. Berarti jika dikalikan satu tahun kamu bisa meraup keuntungan kasar Rp252.000.000/ tahun. 

Untuk menemukan keuntungan bersihnya, keuntungan kasar selama satu tahun di atas kurangi biaya service, cicilan mobil (misalnya mobil yang kamu rental masih dalam proses kredit) dan pajak. Biar aman pastikan pengeluaran kamu tidak lebih dari 30% untuk pengeluaran kamu.

Nah jika kamu sudah khatam dan yakin dengan prospek usaha rental mobil. Ini yang perlu kamu siapkan untuk membuka usaha rental :

Cek prospek di wilayah kamu

Strategi pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis rental mobil adalah mengenali prospek dan target. Kamu harus mengetahui apakah orang-orang di wilayah kamu memang membutuhkan mobil atau malah tidak. Jika yakin akan ada banyak orang yang membutuhkan mobil itu berarti usahamu di lokasi tersebut terbilang berprospek bagus. 

Jangan salah pilih lokasi!

Setelah menetapkan target pasar, maka strategi berikutnya adalah memilih lokasi usaha yang baik. Lokasi usaha yang baik untuk bisnis rental mobil adalah lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati banyak orang. Dengan kondisi lokasi yang demikian, maka peluang untuk mengenalkan usahamu dan juga mendapatkan pelanggan lebih besar.

Baca juga : Begini Cara Agar Usaha Kos-kosan Makin Cuan

Tentukan harga sesuai pasaran

Untuk bisa menggaet banyak konsumen, maka kamu tak boleh sembarangan menentukan harga. Lebih dari itu kamu harus melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang sedang berlaku di tempatmu. Agar konsumen lebih tertarik menggunakan jasamu, boleh sesekali kamu memberikan harga promo dan diskon. Tapi ingat jangan menaruh harga dibawah atau diatas pasaran karena itu bisa merusak harga dan bisnis rental mu sendiri.

Promosi lewat digital marketing

Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak kamu perlu melakukan promosi atau pemasaran. Kamu bisa lakukan proses pemasaran lewat media sosial. Proses digital marketing akan membantu kamu menemukan target yang lebih luas tidak hanya di sekitar wilayahmu saja.

Pelajari risiko dan cara antisipasi tindak kriminal 

Usaha rental mobil salahsatu usaha yang memiliki resiko besar. Sebelum mulai, kita harus tahu risiko-risikonya. Tindak kriminal yang seringkali terjadi adalah pegadaian atau jual beli mobil rental. Oknum ini biasanya menyerahkan dokumen palsu kepada pemilik rental dan dengan leluasa melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut. Untuk menghindari hal-hal seperti ini kamu harus lebih jeli dan tegas kepada penyewa rental jika sulit dimintai dokumen asli.

Baca juga : Tips Membuat Bisnis Undangan Digital

Bangun relasi dan jaringan

Untuk mendapatkan kepercayaan dan investor kamu harus mampu memperluas jaringan dan relasi. Semakin banyak jaringan dan relasi yang dimiliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak untuk bekerja sama mengembangkan usaha. Jangan lupa juga untuk bergabung dengan beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang ada di wilayahmu. Grup ini juga berperan aktif memberi kamu informasi tentang konsumen nakal, informasi pelanggan yang membutuhkan mobil, dan lainnya. 

Itu dia beberapa yang harus kamu siapkan sebelum membuka usaha bisnis rental. Sudah punya bayangan bukan? Yuk buka bisnis rental mobil!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB