LogoDIGINATION LOGO

Punya Rumah Nggak di Huni? Bikin Usaha Kos-kosanan Aja di Jamin Cuan

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 4 Januari 2023 | 13:34 WIB
Share
Share

 

Sudah cicil rumah tapi belum punya rencana untuk menempatinya dalam jangka waktu dekat? Bikin kos-kosan saja!

Dibandingkan rumahmu tidak dihuni tapi angsuran jalan terus lebih baik sewa saja rumahmu menjadi kos-kosan. Bisnis kos-kosan dianggap lebih menguntungkan. karena kamu bisa memberi harga sewa untuk satu kamar bukan satu rumah. 

Misalnya kamu menyewakan rumahmu sekitar 20 Juta/ tahun belum dengan biaya perawatan dan sebagainya. Jika kamu jadikan rumahmu menjadi kos-kosan akan begini perhitungannya, yuk coba kita kalkulasi kan :

Simulasi 

  • 3 kamar tidur
  • Harga Rp1.000.000/ kamar
  • Satu tahun sama dengan 12 bulan

Total >> Rp3 juta x 12 = Rp36 juta/ tahun

Jadi, diperkirakan kamu bisa menghasilkan Rp 36 juta dalam satu tahun. Anggap saja biaya perawatan sebanyak Rp6 juta, kamu bisa lebih untung Rp10 Juta dibandingkan menyewa rumahmu dalam satu tahun.

Apa saja sih yang harus disiapkan untuk sewa kos-kosan? Berikut tips agar kos-kosan kamu makin cuan :

Baca juga : Nggak Usah Beli Mom, Kiddy.Id Solusi Sewa Perlengkapan Bayi Terlengkap

Manjakan dengan Fasilitas

Anak kos biasa datang dari perantauan. Otomatis, kamu perlu menyediakan kebutuhan mereka seperti, Kasur, Lemari, Meja, Kursi dan Beberapa peralatan makan di kamar mereka. 

Agar kosanmu makin di lirik, kamu juga harus pertimbangkan kamar yang dilengkapi pendingin ruangan (air conditioner), kamar mandi dalam, akses internet tanpa kabel (wifi), parkir luas, dan layanan keamanan 24 jam seperti keamanan dan CCTV. Karena pada umumnya anak kos saat ini sangat memperhatikan keamanan dan juga kebutuhan jaringan internet mereka.

Buat Kamar yang Estetik

Selain fasilitas yang pertama kali mereka lihat adalah bentuk kamar. Semakin rapi, bersih dan estetik suatu kamar kos, maka semakin tertarik juga si calon penyewa. 

Jangan lupa renovasi rumah mu dulu sebelum di pasarkan. Setidaknya rapikan bagian kamar karena kos-kosan yang bagus akan memberikan kesan nyaman dan aman. Berbeda jika kondisi fisik kos kosan sudah kusam dan terkesan usang. Tentu akan memberikan kesan horor dan menyeramkan.

Baca juga : Tips Membuat Bisnis Undangan Digital

Sesuaikan Biaya Sewa dengan Harga Pasaran

Kos kosan dengan fasilitas yang biasa saja juga akan terisi jika harga sewa yang ditawarkan lebih terjangkau dan sesuai dengan market sekitar lokasi kos kosan.

Pastikan harga sewa kamar kos yang kamu tawarkan sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos pada suatu daerah milik kompetitor kamu. Jangan mematok harga lebih tinggi karena kemungkinan penyewa akan beralih ke rumah kos lain. Akan tetapi, jangan menawarkan dengan harga terlalu murah juga karena bisa-bisa kamu merusak harga pasar.

Iklankan Kos-Kosan Via Online

Jika kamarmu sudah siap, pastikan kamu juga mengiklankan bisnis kos-kosan kamu di media online. Di zaman era teknologi ini, masyarakat melakukan jual beli di media online. Saat seseorang ingin mencari sesuatu, maka orang tersebut pasti melakukan browsing terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan kamu menayangkan kos-kosanmu via online.

Itu dia beberapa tips membangun kos-kosan, dibanding bayar angsuran dengan jerih payah sendiri, lebih baik rumah kamu ikut bantu kamu bayar cicilan deh. Yuk usaha kos-kosan!



 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB