LogoDIGINATION LOGO

Tips Membuat Bisnis Undangan Digital

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 2 Desember 2022 | 15:17 WIB
Share
Share

 

Di era serba digital saat ini, banyak usaha yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilanmu salah satunya dengan membuat undangan digital.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sekaligus mendukung pengurangan pemakaian kertas, undangan digital bisa kamu manfaatkan sebagai ladang cuan. 

Undangan digital yang dinilai lebih simpel, dan ramah lingkungan kini menjadi pilihan para calon pengantin. Bila diamati, undangan digital ini bisa menjadi peluang bisnis, mengingat pernikahan merupakan gelaran yang selalu ada pasarnya.

Berikut tips memulai bisnis undangan digital :

Riset Market

Sebelum kamu memasarkan undangan digital ada baiknya kamu riset terlebih dahulu. Dari segi harga, desain, dan aplikasi pihak ke tiga, kamu perlu kuasai semua hal tersebut lebih dahulu. 

Jika sudah kamu riset dan praktekan, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar harga. Daftar harga juga harus disesuaikan dengan tingkat kesulitas. Meski menurut kamu pembuatannya mudah namun jangan sampai kamu memberi harga terlalu murah karena itu dapat merusak pasar. Disisi lain jika menurut kamu pembuatannya lebih sulit, maka kamu pantas untuk memberi harga yang lebih mahal.

Baca juga : Siap-siap Sukses di Tahun Depan, Berikut Tren Digital Marketing 2023

Bangun Portofolio

Jika persiapanmu sudah siap, waktunya kamu membuat portofolio. Pengusaha undangan digital tidak dituntut untuk memiliki keahlian dalam desain. Sebab, kini banyak template undangan digital yang bisa dibeli. Jangan lupa, untuk menyesuaikan dan pilih template undangan yang terbaik.

Namun, apabila kamu lihai dalam mendesain, tidak ada salahnya untuk menciptakan template sendiri. Semakin bagus portofolio, maka semakin yakin calon klien terhadap jasa undangan digital milikmu.

Memaksimalkan Media Sosial

Setelah membuat portofolio waktunya kamu memiliki laman media sosial yang bisa dikunjungi oleh calon pelanggan. Untuk lebih dikenal, kamu bisa mulai dengan bergabung dengan berbagai grup komunitas yang berkaitan dengan pernikahan.

Selain itu, kamu bisa mengenalkan usaha dengan memasang hastag (#) disetiap postingan untuk mengenalkan jasa undangan digital. Dari media sosial, bisnis perlahan akan semakin dikenal secara mulut ke mulut apabila terus aktif melalui postingan di media sosial.

Baca juga : 5 Alasan Usaha Packaging Sangat Menjanjikan

Beri gratis untuk teman yang menikah

Jangan ragu untuk memberi undangan digital secara gratis ketemanmu yang ingin menikah. Selain untuk menambah portofolio memberi undangan gratis ketemanmu yang ingin menikah juga memberi jalan untuk kamu menunjukan bisnismu ke banyak orang lho. Karena tentu undangan akan di sebar kebanyak orang, dan orang akan segera tau merek undangan digital yang kamu bangun.

Kerja Sama dengan Wedding Organizer

Selain memasarkan jasa melalui media sosial dan penyebaran secara organik, langkah tepat yang perlu dilakukan adalah bekerjasama dengan penyelenggara pernikahan atau wedding organizer (WO).

WO yang sudah berkecimpung di dunia pernikahan tentu memiliki banyak relasi dan klien, hal ini bisa dimanfaatkan agar jasa undangan digital milikmu bisa ditawarkan. Bekerja sama dengan WO bisa membuka peluang meraih jangkauan klien yang lebih luas.

Itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika membangun undangan digital. Sudah punya gambaran membangun bisnis ini belum? Yuk manfaatkan peluangnya!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE