LogoDIGINATION LOGO

5 Tren Data Science 2023 Ini Bantu Cara Kerja Bisnis Lebih Efektif

author Oleh DQLab Kamis, 12 Januari 2023 | 12:04 WIB
Share
Share

 

Data science menjadi tren dan ilmu yang kian banyak digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis. Forbes menyampaikan, ada beberapa tren data science yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan untuk membantu berbagai cara kerja bisnis agar lebih efektif. 

Hal ini tentu berhubungan erat dengan pertumbuhan dan penggunaan data bagi kelangsungan suatu bisnis. Berikut 5 tren data science 2023 yang dapat kamu terapkan untuk membantu bisnis bekerja secara lebih efektif dan efisien

 

  • Data Democratization

 

Salah satu tren terpenting ini mendukung setiap bagian dalam perusahaan maupun bisnis untuk menggunakan skill data. Pada tahun 2023, bisnis akan lebih mengetahui bahwa data adalah kunci untuk memahami pelanggan, mengembangkan produk dan layanan yang lebih baik, serta cara mengurangi biaya. 

Skill data tersebut bukan hanya digunakan oleh data analyst atau data engineer, namun setiap bagian termasuk frontliner hingga staf nonteknikal. Tujuan penerapan data democratization ini, yaitu membantu pekerjaan setiap posisi maupun divisi dalam bisnis agar lebih efektif dan efisien Hal ini didukung oleh penelitian McKinsey yaitu, perusahaan yang membuat data dapat diakses oleh seluruh tenaga kerja mereka, 40 kali lebih berdampak positif pada pendapatan.

Baca juga : Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

 

  • Artificial Intelligence

 

AI memiliki kekuatan besar untuk mempengaruhi bagaimana kita dan dunia bergerak kedepannya. Bisnis dapat memanfaatkan AI untuk melakukan prediksi yang lebih akurat, mengurangi tugas yang bersifat repetitif, dan mendukung pekerja untuk bergerak berdasarkan data.

Sederhananya, AI memungkinkan bisnis untuk menganalisis data dan menarik wawasan jauh lebih cepat daripada yang mungkin dilakukan secara manual. Selain itu, algoritma perangkat lunak lebih baik dikerjakan dengan AI ketika pekerja mendapatkan banyak data.

 

  • Cloud and Data-as-a-Service

 

Cloud and Data-as-a-Service memiliki pengertian, dimana perusahaan bisa mengakses data yang telah kumpulkan dan dikurator menggunakan layanan cloud. Jadi, perusahaan atau bisnis tidak perlu membangun cloud sendiri yang cenderung memiliki biaya lebih mahal dan memakan waktu.

 

  • Real-Time Data

 

Saat menggali data untuk mencari informasi atau insight baru, lebih baik mengetahui apa yang terjadi saat ini, dibandingkan kemarin, minggu lalu, atau bahkan bulan lalu. Inilah alasan mengapa real-time data semakin menjadi sumber informasi yang paling berharga untuk bisnis.

Bekerja dengan real-time data seringkali memerlukan infrastruktur data dan analisis yang lebih canggih. Hal ini berarti prosesnya membutuhkan lebih banyak biaya. Meski begitu, keuntungan yang dapat perusahaan atau bisnis terima adalah dapat langsung bertindak dan selangkah lebih depan berdasarkan informasi saat itu terjadi.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

 

  • Data Governance dan Regulation

 

Data Governance akan menjadi suatu hal yang sangat besar di tahun 2023 karena banyaknya negara yang meregulasi penggunaan data untuk melindungi privasi warga negaranya.  Ini berarti bahwa tata kelola akan menjadi tugas penting bagi bisnis selama 12 bulan ke depan, di mana pun mereka berada. Alasannya karena mereka bergerak untuk memastikan bahwa prosedur pemrosesan dan penanganan data internal didokumentasikan dan dipahami secara memadai.

Melihat pentingnya berbagai tren data science 2023 diatas, DQLab siap membantu kamu untuk memahami serta mempersiapkan karir di bidang data. DQLab merupakan pelatihan Data Science berbahasa Indonesia yang dapat kamu ikuti secara lebih mudah dan fleksibel. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB