LogoDIGINATION LOGO

Rekomendasi 7 Profesi Digital, Cocok untuk Gen-Z

author Oleh DQLab Jumat, 2 Desember 2022 | 13:16 WIB
Share
Share

 

Generasi Z atau Gen-Z sering dikenal sebagai generasi yang bergantung pada teknologi, khususnya internet dan media sosial. Dalam mencari pekerjaan, Gen-Z umumnya lebih tertarik pada kriteria yang sesuai dengan minat dan tentunya berhubungan dengan dunia digital. 

Berdasarkan studi karakteristik Deloitte pada  Jobstreet, ada beberapa tipe pekerjaan yang disukai oleh Gen-Z, yaitu work from anywhere dengan waktu yang fleksibel, bisa menjadi wadah untuk eksplorasi kreativitas dan memiliki gaji yang menjanjikan. Kabar baiknya, sekarang ada banyak pekerjaan yang cocok untuk para Gen-Z geluti.

DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum 7 profesi digital yang cocok untuk Gen-Z. Yuk, simak penjelasan berikut :

 

  • Digital Marketer

 

Profesi ini tengah menjadi tren di era digital seperti sekarang. Digital marketer merupakan orang yang memanfaatkan media digital dengan beragam tujuan, seperti marketing, sales, meningkatkan brand awareness, dan mendapatkan pelanggan. Bidang yang digeluti oleh seorang Digital Marketer adalah Digital Marketing.

Digital Marketing sendiri memiliki banyak turunan pekerjaan. Kamu bisa menjadi Content Creator, SEO Specialist, Social Media Specialist dan sebagainya. Gaji seorang digital marketer rata-rata Rp 6 juta dan tentunya bisa terus bertambah sesuai dengan tingkat serta pengalaman.

 

  • Data Scientist

 

Data Scientist menjadi profesi yang masuk dalam 10 besar pekerjaan paling dibutuhkan di dunia berdasarkan World Economic Forum (WEF). Profesi ini memiliki tugas yang berhubungan dengan mengumpulkan, mengolah, dan menjadikan data bermakna bagi pertumbuhan bisnis.

Jenjang karir tersebut tentu perlu didukung dengan kompetensi dan skill yang mumpuni. Kemampuan akan menganalisa dan statistika, pengetahuan akan machine learning serta bahasa pemrograman menjadi beberapa skill yang diperlukan oleh seorang Data Scientist. Gaji Data Scientist dimulai dari Rp 7-8 juta dan akan lebih tinggi sesuai dengan levelnya.

Baca juga : Data Scientist Masih Menjadi Top Profesi 2022

 

  • Writer

 

Pekerjaan writer memiliki beragam jenis seperti, UX writer yang berfokus pada website dan aplikasi, Content Writer yang berfokus untuk media atau website, Copywriter yang berfokus untuk iklan atau produk tertentu hingga Technical Writer.

Era teknologi yang kerap memanfaatkan media digital membuat variasi profesi writer semakin dibutuhkan. Gaji writer rata-rata dimulai dari 5 juta, namun kliennya bisa lebih dari satu loh!

 

  • UI/UX Designer

 

UI dan UX Designer merupakan profesi yang berbeda, namun saling berkaitan. UI Designer menentukan desain/interface aplikasi atau situs, sedangkan UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs tersebut bisa beroperasi dengan mudah.

Pertumbuhan akan profesi ini sangatlah cepat dan masuk dalam daftar pekerjaan yang paling besar pertumbuhan pembukaan kerjanya versi indeks CJOF (Cognizant Jobs of the Future).

 

  • Mobile & Web Developer

 

Profesi Mobile & Web Developer ini berhubungan dengan bagaimana sistem atau website berjalan. Nantinya, kamu akan memiliki tugas untuk membangun sistem, aplikasi atau situs web yang berjalan di komputer, ponsel, maupun perangkat lain.

Seorang Mobile & Web Developer juga wajib melakukan analisa terkait kebutuhan pengguna, merancang, dan mengembangkan solusi software maupun situs web. Gajinya dimulai dari Rp 8-10 juta karena memerlukan skill coding yang mumpuni.

Baca juga : Intip Manfaat Coding Data Science bagi NON IT Sekalipun!

 

  • Graphic Designer & Videographer

 

Buat kamu yang suka hal kreatif, terutama visualisasi ide, cocok banget dengan profesi ini. Gak harus jadi pekerjaan utama, kamu bisa menjadi seorang Graphic Designer atau Videographer secara freelance maupun side hustle! Tapi tentunya, profesi ini menarik dan memiliki peluang yang besar di era digital seperti sekarang.

Kamu bisa mendapatkan gaji dimulai dari Rp 5-7 juta, sesuai dengan pengalaman dan portfolio!

 

  • Entrepreneur

 

Bagi teman-teman Gen-Z yang nggak suka kerja kantoran dan tertarik membangun bisnis sendiri, Entrepreneur pastinya jadi profesi yang tepat untuk kalian. Meski tidak mudah, tapi di zaman sekarang, jadi entrepreneur sudah didukung beragam teknologi yang membantu mengembangkan bisnis.

Itu dia 7 profesi digital yang cocok untuk Gen-Z. Gimana? Dari semua pekerjaan diatas, ada yang cocok buat kamu nggak?

Banyak dari pekerjaan diatas yang ternyata membutuhkan ilmu data science sepert Data Scientist, Web & Mobile Developer, UI/UX Designer, bahkan Entreprenur juga perlu pengetahuan data science loh!

Tenang aja Gen-Z! Kamu bisa mulai belajar data science secara fleksibel dengan join kursus online bersama DQLab. DQLab merupakan kursus belajar Data Science berbahasa Indonesia dan saat ini sedang memberikan kesempatan untuk kamu belajar di bidang data secara gratis. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/giveaway-alert!-belajar-data-science-gratis-di-dqlab 

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB