LogoDIGINATION LOGO

7 Tips Membantu Kamu Membangun Networking

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 18 November 2022 | 16:15 WIB
Share
Share

 

Dalam dunia kerja penting sekali menjalin relasi atau networking. Hal ini memungkinkan kamu terhubung dengan profesional lain untuk belajar tentang tren industri atau peluang kerja baru yang berguna untuk karir kamu. Networking adalah komponen penting dalam mengembangkan karir yang sukses.

Dikutip dari Indeed, networking adalah sekelompok orang yang membangun hubungan berdasarkan pengalaman bisnis, minat yang sama, dan keahlian yang serupa. Para profesional juga dapat bekerja di industri yang sama sehingga terjalin yang dinamakan relasi atau networking.

Ada beberapa tempat kamu dapat bertemu orang untuk ditambahkan ke Networking kamu, misalnya saat business trip seminar, online class, workshop bahkan saat di kafe sekalipun. 

Untuk dapat membangun networking yang baik, berikut beberapa tips untuk mulai membangun networking profesional kamu :

  • Ubah mindset dan mulai percaya diri

Mungkin sulit untuk beberapa orang melakukan networking, entah malu atau minder, networking seringkali dianggap sebagai aktivitas yang sulit dilakukan. 

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengubah mindset atau pola pikir kamu untuk tampil percaya diri. Jika kamu beranggapan berkenalan dengan orang baru takut dianggap ‘aneh/ freak’ lebih baik jauhkan mindset kamu dari pikiran negatif seperti itu. Tahukah kamu orang yang profesional senang untuk membagikan pengalaman mereka. Jauhkan mindset negatif dan ubah mindset kamu jika kamu melakukan networking untuk kesuksesan kamu.

Baca juga : Mengapa Networking Penting Bagi Startups?

  • Mulai dari koneksi online

Jika kamu telah menggunakan media sosial untuk jangka waktu yang lama, kemungkinan besar kamu sudah memiliki orang-orang di networking kamu yang dapat kamu ajak membangun hubungan profesional. Memulai networking secara online juga memberi kamu akses ke lebih banyak orang dari berbagai daerah.

  • Dukung karir orang lain terlebih dahulu

Jika kamu tidak bisa melakukan networking dengan tangan kosong, cobalah mulai dari mendukung karir orang lain di Networking kamu. Semakin kamu membantu orang lain, semakin besar kemungkinan mereka membantu kamu saat kamu membutuhkannya. Kamu juga dapat memperdalam hubungan kamu dengan mereka.

  • Bangun networking bersama rekan kerjamu

Bangun networking kamu bersama teman satu kantor. Minta bantuan temanmu untuk mendapatkan kontak dari relasi yang mereka punya atau datang ke acara networking bersama teman kantormu. Kamu akan mendapat manfaat dari kenalan seseorang yang sudah mengenal kamu dan kemampuan profesional kamu.

  • Pergi ke acara Networking

Menghadiri acara Networking adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan membangun hubungan profesional yang berharga. Cari acara jejaring yang terkait dengan industri kamu atau jalur karir yang diinginkan.

Pertimbangkan untuk membagikan kartu nama yang mencantumkan nama, nomor telepon, dan alamat email kamu untuk memudahkan kenalan baru kamu menghubungi kamu setelah acara. Mulailah percakapan sehingga kamu dapat mendiskusikan aspirasi dan pengalaman karir kamu.

Baca juga : Jalanin Usaha atau Lengkapi Legalitas Usaha Dulu Ya ? Ini Alasan NIB Penting untuk Bisnis

  • Tetap perbarui tren di industri atau bidang kamu

Tetap ikuti perkembangan tren terbaru di industri atau bidang kamu dapat membantu kamu menambah nilai pada diri kamu di hadapan orang lain. Pantau teknologi atau tren baru di bidang kamu, dan pelajari hal-hal populer tersebut. Semakin banyak hal yang dapat kamu jadikan bahan pembicaraan, semakin besar kemungkinan kamu menarik individu berkualitas untuk menjadi bagian dari Networking kamu.

  • Cari orang yang berdampak untuk mu

Kunci untuk networking bukan tentang berapa banyak orang yang terhubung dengan kamu, tapi lebih pada kualitas orang yang akan berdampak pada diri kamu. Cari orang yang menurut kamu paling menginspirasi. Ulik tentang pengalamannya, cara dia mencapai semua yang telah ia raih, dan jalani sesuai versi kamu. Carilah networking yang dapat menciptakan perubahan dalam karir kamu.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB