LogoDIGINATION LOGO

Mengapa Networking Penting Bagi Startups?

author Oleh DQLab Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:49 WIB
Share
Share

 

Sebagai seorang entrepreneur, sangat penting untuk bisa membangun relasi atau melakukan networking. Manfaat yang akan didapatkannya pun berguna pertumbuhan pribadi terutama dalam melakukan komunikasi serta pertumbuhan bisnis.

Berjalannya bisnis tidak semata-mata hanya dijalankan saja, butuhnya usaha untuk lebih aktif networking kepada sesama rekan kerja, pakar yang ada di industri, investor, atau calon partner bisnis yang dapat membantumu mewujudkan bisnis yang sukses.

Startup adalah tempat dimana suasana yang penuh tekanan, namun menariknya dari adanya tekanan (pressure) menjadi sebuah motivasi entrepreneur dapat berhasil mencapai goals dari perusahaan tersebut. Dengan adanya networking, yaitu cara tepat secara profesional menghasilkan sebuah pendapatan awal serta peran penting dalam pencapaian goals tersebut.

Semakin besar networking kamu, maka akan semakin banyak akses yang kamu miliki seperti mitra kerja, pelanggan, atau bahkan konsultan bisnis. Berikut ini adalah penjelasan lebih dalam mengapa penting melakukan networking untuk startups yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara.

  1. Peluang Emas bagi Entrepreneur

Sangatlah wajar jika networking dapat membuahkan hasil yaitu peluang akan mendapatkan pengetahuan dan beberapa pengalaman dari rekan-rekan entrepreneur lainnya. Dengan melakukan networking juga, kamu akan terbantu mengetahui relasi seperti apa yang bisa membantu perusahaan untuk berkompetisi secara sehat dengan kompetitor di industri. 

Baca juga: Penerapan Algoritma Data Science untuk Bisnis Kamu

Tentu terdapat berbagai cara untuk mendapatkan pengetahuannya misalkan melalui diskusi, dari diskusi nantinya akan membantu kamu memahami strategi tepat yang dapat kamu implementasikan.

  1. Koneksi dan Reputasi 

Dari networking bisa membantu kamu mendapatkan akses pada hal-hal atau orang-orang yang jauh dari jangkauan/ lingkup perusahaanmu. Banyak entrepreneurs menjalin kontak mereka dengan bekerja sama dengan orang lain pada sebuah proyek atau komunitas yang secara sungguh-sungguh bisa mencapai visi dan misi.

Memberikan kartu bisnis misalnya, kartu bisnis menjadi senjata dan sangat powerful dalam networking. Buatlah business card atau kartu bisnis seminimalis namun masih terdapat aksen khas perusahaanmu. Sehingga, ini juga menjadi cara agar perusahaan atau bisnismu terlihat di antara entrepreneur atau ‘soon to be’ mitra kerja.

Memiliki reputasi yang bagus tentu harus dimiliki dan berdampak pada peningkatan profil perusahaanmu. Memberikan kepuasan pelanggan dan menawarkan pelayanan dengan value yang ada, maka akan semakin banyak mitra kerja yang ingin bekerja sama lebih lanjut serta berkontribusi meningkatkan perusahaan Anda.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Tunjukkan kepribadian atau persona mu secara riil, karena dalam networking kamu akan bertemu dengan banyaknya kepribadian yang unik dan berbeda. Menjadi diri sendiri, percaya diri  dan menunjukan antusiasme secara tulus akan sangat terlihat dan memberikan kesan positif serta terbangun rasa kepercayaan antar bisnis lainnya.

Baca juga: 3 Keuntungan Mengikuti Pelatihan Data Science

Memiliki networking yang kuat akan memberikan lebih banyak cara untuk bisa meningkatkan dan mendukung startup yang sedang kamu jalani. Di era digital, tidak hanya networking saja kini penggunaan Big Data dan kompetensi data science juga cara membantu mencapai goals startup. 

Ingin mengenal dan belajar data science lebih dalam? DQLab bisa menjadi pilihanmu dan cocok bagi pemula sekalipun. Informasi seputar Data Science dan pembelajarannya dapat kunjungi https://dqlab.id/.



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB